Mengapa Gaya Bicara Presenter Berita Terdengar Sama?

Jika kamu sering menonton berita di televisi, pasti akrab dengan nama-nama presenter berita terkenal seperti Rosiana Silalahi, Desi Anwar, hingga Jeremy Teti.

Nah, kalau mendengar mereka membawakan berita, pernah enggak merasa cara bicara mereka memiliki banyak kemiripan?

Ternyata memang benar begitu kok, #DoGeneration! Mau tahu alasannya? Yuk, simak artikel ini!

HAHO - Presenter Berita Rosiana Silalahi
Rosiana Silalahi, salah satu presenter berita top Indonesia. Sumber: Kapanlagi

Tata bahasa yang ketat

Kamu mesti tahu nih, #DoGeneration, salah satu kesamaan seorang presenter berita adalah pada penggunaan tata bahasa! Yup, dalam bertugas, mereka harus jeli menyusun kalimat demi kalimat agar bisa menyampaikan informasi dengan tata bahasa yang baik. Singkatnya sih, mereka harus paham dengan struktur kalimat yang SPOK. Meski terdengar sedikit kaku, hal ini penting dilakukan lho, karena struktur kalimat yang baik akan membuat berita mudah dipahami. Mungkin hal inilah yang membuat mereka terdengar mirip ketika membawakan berita.

Pelafalan yang jelas

Dalam bertugas, presenter berita seringkali memberitakan hal yang penting. Nah, informasi yang disampaikan tuh enggak boleh salah ketika didengar oleh pemirsa! Maka, mereka harus melafalkan isi berita dengan jelas. Hal itu membuat artikulasi, nada, hingga intonasi bicara adalah beberapa bagian penting yang enggak boleh dilupakan!

Salah satu poin penting dalam menyampaikan berita adalah pelafalan yang jelas. Sumber: The Press Ball

Baca Juga: Ini Dia 7 Tips Jadi Presenter Yang Baik


Warna suara yang tegas

Sebagai seorang jurnalis, kredibilitas profesi harus dijunjung tinggi dong. Salah satunya adalah dengan menunjukan citra serius di layar kaca. Well, enggak berarti galak juga kok, tapi presenter berita harus bersungguh-sungguh dan terlihat profesional dalam bertugas. Nah, itulah yang membuat mereka terdengar tegas dan lugas dalam memberitakan sebuah kejadian.

Bercerita lewat berita

Berbeda dengan media cetak, bahasa pada berita televisi lebih mirip bahasa percakapan. Artinya, presenter berita dengan gaya bercerita yang mudah dipahami oleh pemirsa. Ini dilakukan supaya orang yang menonton merasa terlibat dalam isi berita tersebut. Di sisi lain, presenter pun tidak akan terdengar seperti robot jika membawakan berita dengan gaya bercerita.

***

Sekarang sudah paham kan kenapa para news presenter terdengar serupa ketika menyampaikan berita? Oh ya, buat kamu-kamu calon presenter berita, jangan lupa daftarkan diri kamu di HAHO.CO.ID ya!


Baca Juga:

5 Penyiar Radio yang Menjadi Selebritis!

You might also like