7 Tips Agar Kamu Lebih Jago dalam Public Speaking!

Public speaking memang bukan tugas yang enteng bagi sebagian orang lho.

Seringkali kita menemukan masalah-masalah dalam public speaking, kaya grogi, bicara terbata-bata, bahkan lupa sejenak topik apa yang sebenarnya harus disampaikan kepada audience.

Jangan khawatir, HAHO bakal kasih sejumlah tips yang bisa membantu kamu dalam public speaking!

Berlatih dan Persiapkan Materi dengan Matang

Mungkin ngerasa deg-degan dan tangan gemetar adalah masalah yang paling sering ditemukan oleh seorang public speaker. Tapi jangan kecil hati, karena tentunya kamu bisa mengatasi hal-hal tersebut. Caranya adalah dengan berlatih, berlatih, dan berlatih.

Pahami materi yang akan kamu sampaikan secara maksimal, kemudian lihat performa kamu sendiri baik dengan berbicara di depan cermin, merekamnya dengan video, atau minta teman-teman kamu memberikan kritik terhadap praktek public speaking kamu.

public speaking
Barack Obama, Salah Satu Public Speaker yang Jago Beraksi di Segala Situasi. Sumber CNBC.

Kenali Audience Kamu

Pemilihan bahasa dan cara berbicara di depan pekerja kantoran pasti berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu, pilihlah yang sesuai, dan jangan lupa untuk memahami karakter audience dan penyampaian informasi apa yang kira-kira bisa membuat mereka tetap menyimak. Pilihan kata-kata motivasional yang sesuai dengan audience juga sangat membantu peran kamu sebagai public speaker.

Jadilah Diri Sendiri Ketika Berbicara

Dalam public speaking, kamu sangat disarankan untuk menjadi diri sendiri dan menyampaikan informasi sesuai dengan karakter kamu ke audience. Dengan demikian, kamu bisa memberikan image pada audience bahwa kamu bukan menjadi public speaker bukan karena hanya tuntutan pekerjaan, juga kamu akan memiliki potensi peningkatan kepercayaan audience pada kamu.


Baca Juga: 5 Inspirasi dari Kisah Sukses Oprah Winfrey!


Jangan Anggap Remeh Kontak Mata

Setelah mengutarakan dua atau tiga kalimat sekaligus berfokus kepada satu audience, pindahkan kontak mata kepada audience lainnya. Kontak mata satu per satu sepanjang durasi bicara akan membuat kamu lebih dekat dengan audience dan membuat kamu menyampaikan pesan secara personal.

Adaptasi dengan Respons dari Audience

Selain berbicara di depan orang banyak, kamu juga harus bisa memahami dan memperhatikan lingkungan di mana kamu berada. Perhatikan feedback dari audience, atur pesan apa saja yang akan disampaikan, dan jadilah seorang public speaker yang fleksibel. Menyampaikan kesan bahwa kamu hanya menyampaikan informasi sesuai dengan instruksi atau hapalan saja bisa membingungkan mereka yang menyimak.

public speaking
Persiapan yang Matang akan Membantu Proses Public Speaking Kamu. Sumber: Study Breaks Magazine.

Hindari Membaca Skrip atau Slide yang Sudah Dibuat

Membaca outline dalam penyampaian kamu memang disarankan, tapi terlihat hanya sekedar membaca skrip atau slide yang sudah dipersiapkan dapat merusak ikatan personal antara seorang public speaker dan pendengarnya. Jaga koneksi kamu dengan audience, tetaplah fokus pada topik, dan berilah kesan seakan kamu adalah sumber dari segala informasi yang kamu sampaikan.

Jika Perlu, Tambahkan Unsur Humor dan Cerita

Tambahkan anekdot yang menghibur dan humoris untuk menjaga perhatian audience terhadap diri kamu sendiri dan presentasi yang kamu sampaikan. Biasanya, audience menyukai jika terdapat hal personal seorang public speaker dalam informasi yang didengar. Untuk menunjukkan hal tersebut, kamu bisa melakukannya dengan sedikit bercerita.

***

Mudah juga ‘kan caranya? Sekarang nggak takut lagi dong buat bicara di depan umum.

Kalau kamu adalah seorang public speaker yang ahli, ayo tunjukin kebolehan kamu dengan gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: Tips Menjadi Presenter yang Baik!


 

You might also like