Perhatikan 3 Hal Ini Untuk Desain Mobile Apps!

Membuat mobile apps itu gampang! Meski demikian, membuatnya agar menarik dan disukai oleh para pengguna, itu baru menantang!

Salah satu cara menggaet perhatian pengguna internet adalah lewat tampilan desain mobile apps yang menarik dipandang. Lewat cara ini, pengguna aplikasi kamu akan betah berlama-lama menggunakannya.

Nah, untuk mendesain mobile apps yang cantik, kamu perlu memperhatikan 3 hal penting ini, #DoGeneration!

Atur navigasi apps sesederhana mungkin

Pengguna internet itu paling anti sama yang namanya ribet! Maka, kamu harus buat mobile apps kamu semudah mungkin dalam digunakan. Caranya adalah dengan bikin desain navigasi dalam aplikasi yang mudah dimengerti dan tidak sulit dipelajari. Si user mesti mudah paham kemana harus berpindah dari satu fitur ke fitur lainnya. Nah, sistem navigasi ini mesti dikemas dengan gaya simpel namun tetap sedap dipandang.

HAHO - Navigasi Mobile Apps Instagram
Navigasi adalah aspek yang enggak boleh kamu lupakan. Semakin sederhana dan mudah dimengerti, semakin baik. Sumber: GSM Arena

Kamu bisa ikuti pakem alur navigasi mobile apps yang sudah terkenal kok. Kita ambil contoh Instagram, ya! Di aplikasi media bagi tukang potret ini mengatur navigasi mereka lewat lima ikon di bagian bawah apps. Jadi, kita bisa dengan mudah menemukan cara mencari akun, menambahkan foto, hingga melihat feed kita sendiri lewat satu sentuhan. Terapkan cara kerja yang sama di aplikasimu, ya!


Baca Juga: 8 Tips Membuat Infografik untuk Para Desainer Grafis!


Gunakan typography yang menarik

Tipe font apa yang kamu gunakan untuk aplikasi kamu? Apakah bergaya font serif atau sans serif? Well, kamu harus tahu kegunaan masing-masing jenis font ya. Ada font serif sang font bertopi yang digunakan untuk bidang yang serius, namun ada pula font yang lebih santai, segar, dan terlihat kekinian seperti jenis sans serif. Semuanya itu tentu tanpa melupakan ukuran, peletakan, serta warna font yang kamu pilih.

HAHO - Typography mobile apps 2
Typography adalah aspek penting dari desain sebuah mobile apps. Sumber: PMG

Beberapa aplikasi besar seperti Google, Instagram, dan Facebook punya font yang mereka buat masing-masing. Nah, untuk aplikasi kamu, beberapa jenis font yang bersifat free license bisa kamu gunakan. Font-font modern seperti Bebas, Gotham, Helvetica serta Roboto bisa kamu jadikan pilihan!

Pilih skema warna yang kece

Hal yang tak kalah penting adalah soal warna! Di zaman sekarang, para developer untuk mobile apps suka menggunakan palet warna yang terkesan modern namun tetap simpel. Warna-warna yang kaku dan terlalu mencolok semakin ditinggalkan karena terkesan old-fashioned.

HAHO - Palet warna dengan gradasi untuk mobile apps
Salah satu palet warna yang sering digunakan dalam mobile apps adalah paduan warna yang bergradasi. Sumber: Dribbble

Ada banyak ide palet warna yang bisa kamu gunakan! Kamu bisa memilih warna-warna pastel, warna dengan kontras yang tinggi, gradasi warna, atau bahkan cukup dengan hitam dan putih saja! Well, tentu saja semua ini akan bergantung kepada jenis dan kegunaan aplikasi kamu, #DoGeneration! Jadi, silakan tentukan sesuai kebutuhan ya!

***

Sudah baca kan tipsnya? Sudah siap membuat mobile apps karyamu sendiri? Jangan lupa terapkan tipsnya di aplikasi yang kamu buat ya, #DoGeneration!


Baca Juga: Tips 3D Modeling yang Oke untuk Pemula