6 Tips Jadi Komika Handal Langsung dari Ahlinya!

Komika punya tugas yang cukup berat. Anggapan “lebih susah bikin orang nangis ketimbang tertawa” mungkin nggak sepenuhnya benar.

Karena bagi stand up comedian atau komika, membuat orang tertawa itu gampang-gampang susah. Beberapa materi yang mereka yakini lucu, saat dibawakan di atas panggung ternyata tidak mengundang gelak tawa penonton.

Banyak juga yang beranggapan, menjadi komika itu harus lucu, cerdas dan kreatif. Padahal semuanya itu bisa dilatih, sehingga siapa pun bisa menjadi komika. Mau ganteng, jelek, orang kreatif atau tidak kreatif, IQ tinggi sampai IQ rata-rata, semua bisa.

Buat kalian yang baru mencoba atau sedang berlatih, berikut 6 tips jadi komika handal versi HAHO!

1. Tulis materi dan asah kemampuanmu

Tulis materi yang dekat dengan lingkungan sekitar, setelah selesai bacakan. Lakukan proses ini secara berulang sampai di titik kamu bisa tertawa dengan leluconmu sendiri, berarti materi yang akan kamu bawakan sudah “lulus sensor”. Contohnya komika Ernest Prakasa di video berikut (sumber: Youtube Kompas TV) yang menjadikan kisah pribadinya sebagai materi stand up-nya.

2. Latihan

Latih terus kemampuan bicaramu dalam membawakan materi komedi. Tapi untuk di awal jangan lakukan depan orang-orang yang mungkin secara tidak sengaja akan mengkritikmu dan membuat down. Berlatihlah sendiri di depan cermin sambil membayangkan set up panggung, upayakan semua kemampuanmu sendiri. Setelah dirasa yakin, baru kemudian demonstrasikan hasil latihanmu kepada 4-5 orang temanmu. Sebagai contohnya coba lihat yang dilakukan komika asal Cirebon, Muhasta, dalam video youtube-nya di bawah ini saat ia sedang berlatih stand up di depan teman-temannya.

3. Berguru pada mentor

Coba unjuk gigi di hadapan mentor yang memang piawai di bidangnya. Kritik dan dukungan mentor bisa membuat dirimu lebih baik lagi. Langkah yang ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti berbagai macam audisi kompetisi stand up. Atau, hal ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti kelas-kelas latihan stand up yang sering digelar oleh komika senior lain, misalnya Raditya Dika (lihat video di akhir artikel ini -red).


Baca juga: Ini Tips Bikin Performance Kamu Cepet ‘Nempel’!


4. Hindari kafein, alkohol, gula dan makanan pedas sebelum tampilno-alcohol

Materi untuk stand up comedy sudah oke, stamina dan kesiapan tubuh juga harus prima. Hindari makanan dan minuman yang membuatmu gelisah dan terlalu bersemangat untuk menjaga fokusmu.

 

5. Undang orang-orang terdekat

Melihat teman, keluarga atau pacar saat perform dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Selain itu mereka juga bisa menjadi pemandu sorak saat materi stand up comedy yang kamu bawakan kurang mendapat antusias penonton.

6. Jadi diri sendiri dan lebih spontan

Saat kamu menjadi diri sendiri dan lebih spontan mengeksplor dirimu di atas panggung kamu akan menemukan “Aha!” moment ketika penonton bisa tertawa lepas dan berkesan dengan penampilan stand up comedy yang kamu bawakan. Kamu bisa lihat di video di atas sebagai salah satu penampilan pertama komika Raditya Dika, yang berhasil membawa dirinya sendiri ke atas panggung dengan segala kritik cerdasnya sehingga penonton dapat membuat korelasinya sendiri sesuai pengalaman mereka masing-masing. Menjadi diri sendiri memang menjadi cara paling ampuh untuk membawakan materi sebagai seorang komika.

***

Nah, gimana #DoGeneration? Sudah kebayang kan apa aja yang harus kamu lakukan untuk menjajal profesi kamu sebagai komika? Gak usah cari panggung besar untuk memulai karir kamu. Kamu bisa memulainya dari acara pesta ulang tahun teman, acara gathering kampus, dan lainnya. Setelah kepercayaan diri kamu meningkat seiring pengalaman kamu bertambah, yakin, deh, kamu akan siap menjajal panggung yang lebih besar dan menyambut karir barumu sebagai seorang komika profesional.

Buat kamu yang mau cari gig untuk jajal kemampuan? Selalu cek job post di HAHO, ya, karena siapa tau jalur karirmu terbentang luas di sana.

 

Buat nambah ilmu kamu, ayo klik video di bawah ini.

 

You might also like