Suka Masak Dessert? Pelajari 9 Jenis Pastry Ini

Tutorial – HAHO Media. Membuat jenis pastry yang tepat untuk setiap kue dan dessert itu penting. Enggak semua kue dan makanan penutup cocok dengan satu jenis tertentu. Jika kamu hendak menjadi seorang koki pastry, kamu mesti tahu ragam dan jenisnya!

 

 

jenis pastry
Image Source: BBC.com

 

Ada sembilan jenis pastry yang bisa kamu mulai buat. Jika kamu ingin memulai kursus kilat membuat pastry, ada baiknya kamu baca dulu penjelasan di bawah ini untuk memulai pastry pertama kamu.

Shortcrust Pastry

Shortcrust Pastry adalah jenis pastry yang paling serba guna. Jenis pastry ini cocok untuk pai dengan rasa gurih, manis, tart bahkan flan. Ada beberapa cara yang bisa dipelajari untuk membuat Shortcrust Pastry; bisa dibuat secara manual dengan tangan atau pun dengan mesin pemroses makanan.

 

jenis pastry
Jenis Shortcrust Pastry. Mengingatkan kamu akan makanan apa? – Image source: www.glutafin.co.uk

 

Biasanya bahan utama shortcrust pastry terdiri dari tepung terigu serba guna dan lemak yang bisa dibuat dari mentega, lemak hewan, atau campuran dari keduanya. Bahan-bahan utama tersebut lalu dicampurkan dengan air dingin atau telur untuk jenis pastry yang lebih kaya rasa.

 

jenis pastry
Source: Taste.com.au

Puff Pastry

Puff Pastry termasuk dalam kategori pastry yang ‘rapuh’ (Flaky Pastry) karena karakteristik bahan utamanya yang terdiri dari lemak dan udara yang sengaja ‘dijebak’ di antara lapisan adonan pastry untuk memberikan tekstur ringan, tipis dan renyah.

 

jenis pastry
Puff Pastry hand-made – Image Source www.thekitchn.com

 

Sebagai salah satu teknik pastry yang membutuhkan keahlian profesional, jenis pastry ini membutuhkan waktu yang banyak dalam proses pembuatannya, namun patut kamu coba untuk merasakan pastry yang sesungguhnya.

 

jenis pastry
Contoh Puff Pastry – Image Source www.greatbritishchefs.com

 

Puff pastry cocok digunakan dalam membuat crust untuk pai dengan tekstur rasa gurih atau untuk lapisan pembungkus daging dan ayam, vol-au-vents, krim atau mille feuilles (pai dalam porsi kecil dengan isian selai dan krim).

 

jenis pastry
Voul Au Vent yang menggunakan Puff Pastry – Image Source: www.pratico-pratiques.com

Flaky Pastry

Flaky Pastry digunakan sebagai crust untuk pai yang memiliki tekstur rasa gurih, sausage rolls, eccles cakes dan puff selai.

 

jenis pastry
Image Source jamesbonfieldrecipes.wordpress.com

 

Flaky Pastry sangat baik dibuat dalam kondisi dingin dan harus kerap dimasukkan mesin pendingin dalam pembuatan atau sesudahnya untuk mencegah kandungan lemak meleleh saat dibuat.

 

jenis pastry
Eccles Cake – Image source: Wikipedia

Rough Puff Pastry

Jenis ini adalah gabungan antara Puff dan Flaky Pastry. Rough Puff Pastry cocok juga diaplikasikan untuk sausage rolls, crust pai gurih atau kue tart. Selain lebih mudah dari segi pembuatan dibandingkan Puff pastry, Rough Puff Pastry juga memiliki keringanan seperti halnya Flaky Pastry.

 

jenis pastry
Adonan Rough Puff Pastry – Image source: www.epicurious.com

 

Ketiga flaked pastry (Puff Pastry, Flaky Pastry dan Rough Puff Pastry) di atas butuh penanganan yang mirip:

  1. Dibuat dengan tingkat kehati-hatian dengan cara yang halus
  2. Kandungan lemak dan adonannya harus memiliki tingkat konsistensi dan temperatur yang sama.
  3. Pastry harus ‘diuleni’ secara proporsional tanpa proses pengenyalan dengan mengulurnya atau membuang kandungan udara di dalamnya.
  4. Sebelum dipanggang, adonannya harus diolesi dengan telur yang sudah dikocok.

 

Choux Pastry

Jenis pastry ini memiliki tekstur keringanan yang luar biasa dan cocok untuk digunakan dalam pembuatan eclair, profitelor dan kue sus.

 

jenis pastry
Eclair yang dibuat dengan Choux Pastry – Image source: cooking-chef.fr

 

Dengan kandungan sederhana seperti mentega, air, tepung dan telur dan tanpa zat pengembang makanan, Choux Pastry menggunakan kadar air yang tinggi untuk menciptakan uap selama memasak untuk mengembangkan pastry.

 

Filo Pastry

Jenis pastry ini dibuat dari lapisan yang sangat tipis dan digunakan sebagai pembungkus berbagai makanan dengan tekstur rasa gurih dan manis.

 

jenis pastry
Baklava adalah salah satu jenis Filo Pastry – Image Source: Wikipedia

 

Filo pastry dibuat dari tepung yang mengandung gula tinggi dan sulit dalam proses pembuatannya karena membutuhkan tingkat kehati-hatian sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh ketipisan dan kerapuhan lapisan yang cepat mengering. Sebagian orang lebih memilih untuk membeli lapisan Filo pastry yang sudah jadi. Lapisan Filo Pastry yang sudah jadi harus diolesi minyak atau mentega cair sebelum dibentuk atau dimasak. Jenis ini mirip dengan Strudel Pastry.

 

jenis pastry
Pai Cherry dengan Filo Pastry – Image source: www.theworktop.com

Suet Crust Pastry

Jenis pastry tradisional yang berasal dari Inggris ini digunakan untuk pudding kukus atau rebus, dumpling dan puding roly-poly. Perlu diketahui bahwa Suet yang dimaksud di sini adalah lemak putih daging, seperti ‘gajih’ atau tetelan.

 

jenis pastry
Steak dan Suet Crust Pastry ala Inggris – image source: excitingfoods.co.uk

Hot Water Crust Pastry

Diuleni dengan menggunakan tangan selagi hangat dan digunakan untuk daging ternak dan game pie (pai daging), pastry jenis ini memiliki karakteristik yang kaya rasa dan garing.

 

jenis pastry
Hot water crust pastry – Image source: thehappyfoodie.co.uk

 

Cara pembuatannya membutuhkan tepung terigu biasa, garam, putih telur dan lemak hewan yang direbus menjadi satu dengan air. Setelah bahan-bahan dicampur, diadon dan dibentuk, adonannya akan dapat digunakan untuk melapisi cetakan kue atau dicetak di atas toples tepung. Setelah selesai, adonan diisi, ditutupi, disegel dan dihias sebelum dipanggang.

 

jenis pastry
Hot Water Crust Pastry dalam pembuatannya – Image source: food52.com

Pate Sucree Pastry

Seperti namanya, pastry ini berasal dari Perancis. Ini adalah pastry manis yang dihasilkan campuran telur dan putih telur. Pastry ini akan meleleh di mulut melalui lapisan yang tipis dan ringan.

 

jenis pastry
Caramelized Apple Tart dalam Pate Sucree Pastry – Image Source: www.outsideofthebreadbox.com

 

Dari berbagai tipe pastry yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa tipe pastry dasar. Membuat pastry sendiri sebenarnya tidak sulit asalkan memperhatikan hal berikut ini:

  • Rasio yang tepat antara lemak dengan tepung adalah jumlah tepung setengah dari jumlah lemak.
  • Tambahkan air secara hati-hati dan perlahan, lebih baik menggunakan air dingin dari kulkas.
  • Pegang pastry sesedikit mungkin
  • Hindari menggunakan tepung terlalu banyak pada gilingan adonan maupun alas.
  • Selalu hangatkan terlebih dahulu oven sesuai suhu yang dianjurkan.

 

jenis pastry
Image source: www.bbcgoodfood.com

 

 


Siap menjadi Pastry Chef? Pastry apa yang akan kamu buat pertama kali? Jangan lupa upload hasil karyamu dalam portfolio profil HAHO-mu, siapa tahu kamu beruntung mendapatkan pekerjaan sebagai Pastry Chef. Tetap semangat ya, #DoGeneration!

 

You might also like