Vlogging yang Trending: Gimana Bikinnya?

Oke, kamu udah punya channel Youtube. Permasalahan berikutnya adalah, mau ngisi dengan konten apa? Kamu bisa memulainya dengan vlogging kok, untuk memulai konten tanpa terlalu banyak treatment khusus.

Vlogging kayaknya menarik. Tapi gue musti vlogging apa ya?” Pertanyaan kayak gini yang pertama kali muncul waktu seorang vlogger pemula pengen coba-coba bikin video pertamanya.

Coba simak di bawah ini, checklist yang perlu kamu lakukan untuk memulai vlogging:

(image source: steamfeed.com)
(image source: steamfeed.com)

Kamera High Quality.

Entah pengen beli atau perlu meminjam dulu, carilah kamera yang bisa menghasilkan gambar dengan resolusi minimal 720p. Dengan kualitas HD (High Definition) yang kamu unggah dalam channel Youtube kamu, kamu akan mendapatkan lebih banyak subscriber.

Pencahayaan yang baik.

Hindari bayangan di belakangmu saat syuting, dan hal ini bisa diakali dengan menambah lighting/pencahayaan di belakangmu, dan satu lagi di salah satu sisi kiri atau kananmu. Tidak perlu lighting yang biasa digunakan di studio besar kok. Cahaya lampu dan dari jendela pun sudah cukup.

Kalo lagi gak nge-Vlog di area publik atau di luar ruang, kamu harus nyiapin satu set yang siap pakai.

Coba lihat background vlog Ray William Johnson atau Black Nerd Comedy untuk set yang sedikit heboh. Atau background dengan warna solid dan sederhana pada vlog iJustine. Yang penting, buatlah menarik dan enak dipandang mata viewers

vlogging
Channel Youtube Ray William Johnson (source: Youtube)

Jadilah ORIGINAL

Hindari nyolong ide yang populer di Youtube atau di mana pun. Have fun, dan pikirin dengan matang apa yang mau kamu tuangkan dalam vlog kamu.

 

(image source: dummies.com)
(image source: dummies.com)

Kalo lagi gak vlogging trus ngapain?

Pikirin ide berikutnya yang cukup menarik sehingga ketika on camera, kamu udah gak bingung mau ngomong apa saat nge-vlog.

 

Selesai vlogging, langsung edit!

Belilah software editing atau unduh software gratis yang banyak tersedia di internet. Akan lebih baik jika kamu yang mengedit video kamu agar lebih terlihat bagus sesuai dengan keinginanmu. Pelajari tutorialnya dulu, yah sebelum menggunakan.

 

Isilah kolom deskripsi!

Tulislah info siapa kamu dan videomu. Buatlah semenarik mungkin mulai dari judul video hingga kolom deskripsi sehingga menyenangkan untuk dibaca.

 


Coba yang ini: 7 Tips Kece Memulai Channel Youtube Kamu 


Gunakan fitur Enhancement setelah mengunggah video.

Jika kamu vlogging di area publik dan hasilnya gak stabil, pilih Stabilize. Jika pencahayaan kurang baik, pilihlah filter lighting.

Buatlah durasi yang singkat

Cukup lima menit jika kamu rutin nge-vlog. Kalau kamu jarang membuat vlog, maka kamu bisa membuat durasi sepanjang sepuluh menit.

Bagaimana menurut kamu, #DoGeneration? Udah siap nge-vlog kan? Kamu juga bisa share tautan vlog kamu di kolom komen di bawah artikel ini, dan bersiaplah untuk menjadi viral.

 


Baca juga:

Tips Bikin Youtube Kamu VIRAL!

 

 

You might also like