Tips Mudah Bikin Video Life Hack Sederhana

Khusus membahas tutorial, tips, dan tricks soal makanan, akun Tasty punya 3,6 juta subscribers. Sumber: YouTube.

Siapa yang punya hobi nonton video life hack? Konten video yang satu ini memang punya banyak penggemar! Lewat video berdurasi pendek, kita bisa belajar banyak hal.

Salah satu akun yang rajin bikin video life hack adalah Tasty. Konten tutorial kuliner mereka yang informatif, menarik, dan unik berhasil disukai banyak orang. Bayangin aja, sekarang mereka sudah punya 3,6 juta subscribers di YouTube. Total viewers video mereka pun sudah mencapai 620 juta kali tayang!

Kamu bisa lho bikin video life hacks yang serupa namun tak sama. Nah, di artikel ini, HAHO bakal kasih tahu lima tips mudah untuk bikin video bergaya tutorial itu. Lihat yuk!

Cari ide unik yang sederhana

Semua dimulai dari ide yang sederhana.

Mau konten video life hack seperti apa yang ingin kamu buat? Kamu bisa mengambil topik apapun yang kamu suka dari mulai tips kesehatan, kuliner, berkebun, olahraga, sampai daily life. Nah, setelah punya topik, kamu bisa mulai eksplorasi deh bahas hal apa yang kamu mau.

SaraBeautyCorner, akun YouTube yang membahas life hack dengan topik kecantikan. Sumber: YouTube

Dengan menentukan topik, akun kamu akan punya karakter yang unik sehingga terus diingat oleh penonton. Kita lihat contohnya, ya! Akun SaraBeautyCorner di YouTube punya topik khusus membahas soal tips dan tricks soal kecantikan. Nah, dengan topik khusus ini, Sara berhasil punya enam juta subscribers yang menjadi penonton setia. Tentukan karakter videomu, ya!

Siapkan bahan yang kamu butuhkan

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan-bahan! Bahan-bahan ini berkaitan dengan topik yang kamu ingin bahas. Enggak harus mahal kok, kamu mesti memutar otak sekreatif mungkin untuk menyediakan bahan yang bagus namun tidak menguras isi kantongmu. Jika budget terbatas, manfatkan barang-barang bekas yang ada di sekitarmu, ya!

Kamu bisa lihat video di YouTube HAHO ini, lho! Salah satu video life hack yang HAHO buat ini berisi tentang cara-cara sederhana mengatasi masalah tata rias rambut sehari-hari. Enggak perlu waktu lama dan bahan yang rumit untuk melakukannya. Nah, kamu pun bisa melakukan hal yang sama dengan ide kreatif yang berbeda!

Waktunya syuting!

Jika ide sudah matang dan semua persiapan sudah lengkap, kini saatnya untuk syuting! Enggak susah kok untuk melakukannya. Akun-akun life hack seperti Tasty, BuzzFeed, dan 5-Minute Crafts enggak banyak membutuhkan banyak tenaga dan waktu lama dalam proses syuting. Terkadang, kamu hanya butuh smartphone dan pencahayaan yang baik dan semuanya bisa kamu lakukan sendiri!


Baca Juga: 7 Tips Kece untuk Memulai Channel YouTube Kamu


Edit, edit, dan edit

Kalau sudah kelar dengan kegiatan produksi, kini saatnya menyunting gambar! Selain menyunting secara cut-to-cut, kamu mesti melengkapi video life hack kamu dengan animasi, teks, dan musik. Ketiga hal ini adalah bagian-bagian yang mesti kamu perhatikan agar videomu lebih oke!

Akun 5-Minute Crafts menggunakan animasi, teks dan musik yang menarik dalam setiap videonya. Sumber: YouTube

Animasi atau grafik yang bergerak akan mempercantik video kamu. Jangan khawatir, kini banyak template animasi yang bisa kamu unduh secara gratis. Salah satu situs web tersebut adalah animaker.com. Soal teks, kamu mesti pintar-pintar memilih tipe font yang menarik dipandang.

Terakhir, pilih musik latar belakang yang ceria agar penonton enggak bosan nonton video kamu! Beberapa contoh audio dengan lisensi gratis bisa kamu dapatkan di audionautix.com atau marmosetmusic.com.

It’s time to share!

Habis selesai bikin, kini waktunya videomu ditonton banyak orang! Bagikan videomu lewat semua akun media sosial yang kamu punya. Cantumkan juga hashtag yang berkaitan dengan isi konten videomu agar semakin mudah ditemukan orang. Satu hal yang mesti kamu ingat adalah kamu mesti terbuka saran dan komentar dari orang lain. Dengan begitu, konten videomu akan semakin baik dari waktu ke waktu! Ayo, mulai berkarya, #DoGeneration!

***

Setelah tahu cara membuatnya, kini saatnya kamu para #DoGeneration mengaplikasikannya. Sebagai video creator, yuk gabung di HAHO.CO.ID untuk bertemu insan kreatif di dunia creativetainment lainnya!


Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Survive di YouTube!


 

Albizia Akbar: