7 Tips Kece untuk Memulai Channel YouTube Kamu

channel youtube
Sacha Stevenson, Ekspat Kanada yang Menjadi Bintang YouTube Indonesia. Sumber: Twitter Sacha Stevenson.

Siapa di sini yang belum punya channel YouTube?

Hampir seluruh pengguna Internet pasti pernah mengakses media sosial berbasis video yang satu ini. Untuk membuat channel YouTube kamu semakin eksis, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan.

Sebelum membuat channel kamu sendiri, yuk, simak dulu apa saja tips untuk bikin channel YouTube kamu lebih oke!

Tentukan Audience

YouTube memiliki lebih dari satu milyar pengguna. Jadi sebelum membuat channel YouTube, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu seperti apa penonton yang kamu harapkan. Jangan lupa, sesuaikan juga pilihan penonton dengan konten yang ingin kamu sebarkan.

Pilih Nama yang Unik dan Mudah Diingat

channel youtube
Bayu Skak, YouTuber Komedian Indonesia. Sumber: Twitter Bayu Skak

Untuk nama channel, kamu butuh nama yang berpotensi besar untuk mengundang penonton dan bisa memperkuat identitas channel kamu. Ambil contoh PewDiePie, Sacha Stevenson, dan Bayu Skak. Nama mereka yang unik dan mudah diingat tentunya sangat membantu menaikkan popularitas mereka di YouTube, terutama di Indonesia.

Branding

Unsur keunikan dalam channel kamu bisa diperkuat dengan dukungan branding yang tepat. Buat tampilan channel dan profile picture kamu terlihat profesional, juga deskripsi “about me” dan foto atau logo yang menggambarkan karakter channel kamu secara maksimal. Hal ini sangat membantu agar channel kamu mudah dikenali penonton, misalnya seperti PewDiePie.

channel youtube
Logo “BroFist” PewDiePie yang juga merupakan trademark-nya. Sumber: YouTube.

Posting Video Secara Teratur

Sangatlah penting untuk menunjukkan dedikasi ke penonton kamu. Kalau kamu terlihat tidak rutin meng-upload video ke channel YouTube kamu, kamu bisa mendapati kejadian seperti kehilangan apresiasi dari audience, atau bahkan kehilangan subscribers. Misalnya jika kamu berencana untuk meng-upload video satu video tiap pekan, pilihlah satu hari yang sama pula.


Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari dalam Meng-Upload Video di YouTube


Perencanaan Konten yang Sempurna

Kalau kamu punya konten yang berfokus pada teknik fotografi, tetaplah konsisten meng-upload konten yang berkaitan dengan tema tersebut sehingga kamu tidak kebingungan memikirkan tema apa yang bisa diangkat untuk video selanjutnya. Hal ini juga mencakup tools pembuatan video, seperti setting audio codec AAC-LC dan lighting yang tepat, kamera dengan resolusi minimum 720p, dan mikrofon dengan output XLR. Durasi video YouTube yang efektif adalah 4 menit, tapi bukan berarti kamu nggak bisa bervariasi dalam durasi video-video yang kamu upload. Silakan upload video dengan berbagai durasi untuk meningkatkan rank kamu dalam fitur search yang dimiliki YouTube. Tapi ingat, jaga juga konsistensi konten kamu.

SEO (Search Engine Optimization) Video

Perlu diingat kalau YouTube juga merupakan search engine layaknya Google. Jadi, buatlah judul, tag, kata kunci, dan deskripsi video kamu mudah dicari oleh penonton menggunakan SEO. Gunakan kata-kata yang menggambarkan video kamu di dalamnya secara optimal, misalnya pada bagian deskripsi. Penggunaan keyword dan metadata juga bisa membantu peningkatan traffic video kamu.

channel youtube
Kolom title dan tags dan halaman upload video YouTube. Sumber: PolyLearn Support.

Aktif di Media Sosial Lainnya

Membangun jumlah penonton dan subscribers adalah tujuan utama kamu. Karena itu, manfaatkan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk mempromosikan channel YouTube kamu. Selain itu, dengan menampilkan video kamu di media-media tersebut, kamu juga berpotensi untuk mendapatkan tambahan jumlah penonton. Tak hanya media sosial, kamu juga bisa melakukan promosi melalui Google Plus, grup Facebook, dan email marketing.

channel youtube
Sebarkan kontenmu menggunakan media sosial lainnya. Sumber: Pexels.

Ternyata cukup mudah, ya, untuk membuat channel kamu semakin eksis di YouTube. Ayo gabung di HAHO.CO.ID untuk membuktikan kalau kamu bisa menjadi YouTuber populer!


Baca Juga:

Tips Agar Video Kamu Viral di YouTube!

You might also like