Gimmick atau Settingan? Beda, lho!

Editorial – HAHO Media. Punya keahlian dan karya nggak cukup untuk membuat popularitas seorang artis meroket. Seorang artis juga dituntut untuk kreatif dalam membangun imej agar orang terkesan dengan eksistensinya di dunia hiburan. Biasanya seorang artis menciptakan gimmick tertentu untuk membangun kesan unik pada dirinya.

Gimmick adalah sebuah trik atau cara untuk menarik perhatian dan publikasi. Pengertian ini nggak selalu negatif karena beberapa artis sukses membangun gimmick mereka.

Di Amerika artis yang terkenal punya gimmick nyentrik adalah Lady Gaga. Masih ingat waktu dia pakai baju dari daging mentah saat datang ke acara MTV Video Music Awards 2010? Saking “gilanya” Gaga, semua sorot kamera dan media selalu tertuju ke dia. Nggak heran selama kemunculan karirnya popularitasnya terus meranjak. Sementara di Indonesia kita juga punya artis yang nggak kalah popular karena gimmick-nya, yaitu Syahrini.

Gimmick adalah
Syahrini sebagai artis yang menggunakan banyak gimmick

 

Syahrini bisa dibilang salah satu artis yang selalu sukses menciptakan gimmick dan booming di masyarakat. Mulai dari jambul khatulistiwa, bulu mata badai, jargon “I feel free”, “maju mundur cantik”, “wanita manjah”, “hempas datang lagi hempas datang lagi” dan masih banyak lagi, sukses ditiru oleh penggemarnya. Karena keunikannya, artis yang menjuluki dirinya sendiri “princess” ini memiliki pengikut di Instagram sebanyak 15,4 juta. Angka ini mengalahkan pengikut Agnez Mo di Instagram yang hanya sebesar 10,3 juta.

 

Gimmick Gak Perlu di-setting, Kok!

Dalam sebuah wawancara media, Syahrini sempat mendeklarasikan bahwa gimmick yang ia ciptakan sifatnya spontan, tidak dibuat-buat atau pun bersifat settingan. “Gimmick nggak bisa dirancang semua spontan. Aku bukan seniman settingan atau gimmick tapi aku seniman spontan,” ujar Syahrini.

Sebenarnya ada dua hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan gimmick. Pertama adalah berani beda dan yang kedua keep it simple. Berani beda dari yang lain nggak melulu harus nyentrik tapi beri sentuhan satu hal yang mencerminkan kepribadianmu. Bisa dari cara berpakaian, atau jargon yang menjadi ciri khas kamu. Dan terkadang gimmick yang bagus adalah tidak terlihat itu sebuah gimmick, jadi kita memang menonjolkan apa kelebihan yang kita punya maka itu akan tercermin dari pembawaan atau perilaku kita.

gimmick adalah
Young Lex sebagai artis pendatang baru yang menggunakan gimmick dengan istilah-istilah khasnya (sumber foto: liputan6.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memakai gimmick di dunia hiburan ini sah-sah saja, asal tidak merugikan orang lain atau menimbulkan drama yang hanya membuat popularitas melejit lalu ditinggalkan penggemarnya.

Menurut kamu, siapa seniman yang sukses terkenal dengan gimmick yang digunakan? Share di kolom komen di bawah ini yaaa…


Baca juga:

Istilah-istilah di Instagram yang Kamu Perlu Tahu

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More