Hal Menarik dan Unik di Film Dunkirk!

hal menarik dunkirk
(Dunkirk, film yang diangkat dari kisah bersejarah pada perang dunia ke-II. sumber foto: imdb)

Ketika menonton sebuah film selalu saja ada hal-hal yang mungkin terlewatkan dari pengamatan kita, sampai-sampai untuk sesuatu yang menjadi clue dalam film pun seringkali luput dari pandangan.

Hal seperti ini berlaku juga di film Dunkirk karya Christopher Nolan. Nggak hanya seru, menegangkan, dan sarat akan emosi saja, namun film ini juga memiliki beberapa hal menarik hingga unik yang akan gue jelaskan satu persatu. Apa saja? Biar nggak penasaran langsung dibaca sampai habis ya #DoGeneration!

  1. Minim Dialog. Film ini sangat tertutup kerahasiaannya sehingga hampir tidak ada orang yang terlibat di film ini diizinkan untuk membaca naskahnya. Nolan sendiri berkata “Saya awalnya tidak menginginkan naskah untuk film ini. Biarkan mereka melakukan improvisasi apa yang harus dilakukan”. Itulah kenapa film ini hanya berisi dialog-dialog ringan dan lebih banyak mengandalkan situasi, ekspresi, dan aksi reaksi dari para pemainnya. “Saya menghabiskan banyak waktu meninjau film-film bisu untuk adegan dengan menggunakan orang yang banyak, bagaimana seorang figuran bergerak, berkembang, bagaimana kamera menangkap sebuah ruang untuk kemudian ditampilkan, dan pandangan-pandangan yang digunakantegas Nolan. Dari total 600 orang yang terlibat untuk film ini, hanya 20 orang saja yang diizinkan untuk membaca naskahnya, yaitu para awak kapal, Director of Photography, Production Designer, First Assistant Director, dan tim properti seperti dilansir dari Indiewire dan Imdb.
  2. Film ketiga yang naskahnya ditulis sendiri oleh Nolan (setelah Following pada tahun 1998, dan Inception di tahun 2010 yang lalu) yang tidak lebih dari 73 halaman saja!
  3. Box Office. Hingga pekan ketiga di bulan agustus 2017, Dunkirk telah mendapatkan total pemasukan sebesar $392,708,079 secara global. (Sumber:Box Office Mojo)
  4. Kualitas audio di film yang cukup kencang ditambah SFX yang benar-benar seperti aslinya, menjadikan sensasi perang dalam film ini benar-benar nyata (walaupun Nolan merasa ‘Dunkirk bukanlah film perang’).

Baca di Sini: Rasakan Sensasi Perang yang Sesungguhnya di Film Dunkirk


Namun ada hal menarik lainnya yang terjadi ketika film ini diputar secara perdana di London. 30 orang veteran Battle of Dunkirk diundang untuk menonton film ini. Mereka berkata “Apa yang disajikan oleh Nolan sangat mirip dengan kejadian aslinya, hanya saja bunyi bom di film ini terlalu kencang”.

  1. Berdasarkan peristiwa bersejarah pada perang dunia ke-II di tahun 1940, yang dikenang dengan nama Operation Dynamo/Battle of Dunkirk dan merupakan film Nolan pertama yang diangkat dari kejadian sesungguhnya.
hal menarik dunkirk
(Ratusan ribu tentara yang menunggu di Dunkirk. Sumber foto: ww2today.com)
  1. Tempat asli kejadian yaitu kota Dunkirk di Perancis, dipilih oleh Nolan untuk dijadikan lokasi syuting film ini.
  2. 338.226 adalah jumlah tentara yang berhasil diselamatkan dari jumlah total 400.000 orang. Data ini diambil dari Operation Dynamo, The Evacuation from Dunkirk, 27 May–4 June 1940. oleh J. Rickard.
hal menarik dunkirk
(Foto asli yang jadi saksi sejarah Operation Dynamo/Battle of Dunkirk. Sumber: wikipedia)
  1. Winston Churchill adalah nama yang beberapa kali disebut dalam film ini. Beliau adalah perdana menteri Inggris yang baru saja dilantik pada saat itu. Churchill memerintahkan komandan BEF (British Expeditionary Force), Lord Gort, untuk mengevakuasi tentara ke Inggris sebanyak yang mereka bisa, dan juga menarik mundur seluruh pasukan aliansi ke daerah sekitar pelabuhan Dunkirk. Kejadian ini dapat kalian lihat sendiri pada set The Mole (tanggul) di filmnya.
  2. Durasi di film ini bisa dibilang sebagai yang terpendek kedua dalam karir Christopher Nolan. Film ini hanya berdurasi 1 jam 47 Menit.
  3.  Fionn Whitehead dan Harry Styles menjalani debut sebagai aktor di film ini. Khusus bagi Harry Styles, pentolan grup musik One Direction ini mendapatkan kesempatan dari Christopher Nolan untuk memerankan Alex. Dalam sebuah wawancara, Nolan bahkan membandingkan casting pemusik Harry Styles dengan casting Heath Ledger sebagai The Joker di The Dark Knight (2008), “Karena orang-orang juga meremehkannya dan kemudian terbukti pandangan mereka salah besar”, keduanya tampil dengan sangat baik.
  4.  Reuni dan Kolaborasi antara Christopher Nolan dengan Hans Zimmer (musik), Lee Smith (editor), Hoyte van Hoytema (fotografi), Nathan Crowley (desainer produksi), dan John Papsidera (casting). Sebagian besar kru telah bekerja sama dengan Nolan sejak Batman: The Dark Knight Trilogy, kecuali Hoyte van Hoytema yang pernah bekerja dengannya sejak Interstellar (2014). Film Dunkirk juga merupakan kolaborasi ketiga antara Christopher Nolan dan aktor Tom Hardy, serta yang kelima antara Christopher Nolan dan aktor Cillian Murphy.
hal menarik dunkirk
(Tiga kali berkolaborasi dengan aktor Tom Hardy. Sumber foto: www.independent.ie)

        Nah #DoGeneration, itu tadi beberapa hal-hal menarik dan unik versi gue dari film Dunkirk ini. Bagaimana dengan kalian? Di luar segala hal tersebut, Dunkirk adalah sebuah tontonan yang layak untuk kita ingat sebagai salah satu film terbaik di tahun 2017! Bagi teman-teman yang belum menonton, kalau film ini sudah tidak tayang di bioskop jangan sampai baper ya! Kalian bisa tunggu DVD orisinalnya keluar, jangan yang bajakan!


Baca Juga: Kenali Christopher Nolan, Maestro di Balik Film Dunkirk


 

You might also like