Branding: Hidupnya Startup Berawal Di Sini

enterpreneur

Menjamurnya perusahaan startup yang bermunculan belakangan ini, membuat banyak orang tertarik untuk turut serta.

Alasannya simple, perusahaan startup dapat meraih sukses dalam waktu relatif singkat. Akan tetapi banyak yang lupa, meskipun berbasis startup yang memulai dari nol, branding strategy dan fase incubation perusahaan adalah penting untuk dilakukan. Hal ini kerap dianggap sepele hingga tak sedikit perusahaan startup baru harus gulung tikar tak lama setelah didirikan.

Untuk menghindari hal ini, pengetahuan dasar mengenai startup harus dipahami secara mendalam. Dilansir dari startupcommons.org, ada 3 fase dasar dalam pendirian sebuah perusahaan startup, yaitu: Formation, Validation dan Growth. Untuk mendapatkan sebuah Growth atau pertumbuhan, para pelaku startup tentunya harus melewati fase Formation terlebih dahulu. Branding dan Incubation berada pada fase ini.

Pengetahuan mengenai Branding bisa dibilang sangat menentukan nasib sebuah perusahaan startup. Karena Branding-lah yang menentukan identitas dan visi-misi sebuah perusahaan. Branding juga yang memberikan alasan bagi konsumen untuk mau membayar lebih mahal untuk produk yang sama, yang bisa mereka dapatkan di tempat lain dengan harga yang lebih murah.

Pada fase Incubation, konsep sebuah perusahaan akan dibentuk dengan hati-hati dan profesional pada fase ini. Jika branding sebuah perusahaan dianggap belum matang, hal itu akan diasah juga saat proses incubation dilakukan. Fase ini termasuk salah satu penentu kelangsungan sebuah perusahaan startup.

Brand is the Multiplier Effect in Business’ Exit Strategy. The Total Value of Your Business Depends On It – Sakti Makki.

Di Indonesia sendiri, ada sebuah Leadership Incubator Workshop yang bernama The Brand Camp. Salah satu pembicaranya adalah Sakti Makki dari Makki Makki Branding Consultant yang merupakan incubator dengan segudang portofolio yang ‘wah’ di Indonesia. Kisah sukses Sakti Makki pun tidak sedikit. Hal ini bisa di lihat dari list client yang pernah menggunakan jasa beliau. Pengguna jasanya bukan tergolong perusahaan kecil, melainkan perusahaan-perusahaan besar bahkan dalam skala multinasional.

Pembicara lain dari The Brand Camp pun tidak bisa dianggap remeh. Segudang pengalaman dan berbagai prestasi yang mereka telah dapatkan membuktikan kompetensi mereka sebagai seorang incubator. Sebut saja Lyn Siew dan Utoyo Nuratino, karir mereka sudah melesat dan terbukti di dalam maupun luar negeri.

Pada tanggal 27-28 Oktober ini, The Brand Camp mengadakan sebuah workshop yang bertempat di Jakarta. Selama dua hari berturut-turut, pengetahuan dan kemampuan para founder startup diasah dan ide-ide cemerlang dari mereka pun di-review bersama agar mendapatkan hasil yang maksimal. HAHO sebagai digital startup pertama di Indonesia yang bergerak di bidang creativetainment ini, menjadi partisipan dalam workshop ini. Karena selain akan dipandu oleh pakar-pakar berpengalaman, acara ini juga akan menambah kesempatan untuk memperluas wawasan dan network bersama para pelaku startup di Indonesia.

Jadi untuk kalian para founder startup di Indonesia, khususnya yang berada di sekitar Jakarta, event ini sangat sayang untuk di lewatkan. Untuk informasi lebih lanjut, klik website resmi dari The Brand Camp. See you there!


Baca juga di sini:

Tech In Asia, Perwujudan Mimpi Bagi Founder Startup

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More