Unjuk Gigi Startup Lokal di LocalStartupFest 2.0

Di LocalStartupFest 2.0, teknologi masa depan dibahas. Event ini mempertemukan stakeholders industri digital untuk duduk bersama, ngobrolin masalah yang mereka punya, sembari unjuk gigi tentang produk dan layanan yang mereka buat.

Teknologi memang jadi perhatian khusus bagi insan dunia startup. Jelas lah ya, teknologi kan tulang punggung untuk bisa bikin aplikasi yang lebih baik dan berguna buat sesama sehingga bisa bikin the world as a better place to live. Asyik! Makanya di tanggal 18-19 Oktober 2017 kemarin, ada 38 sesi seminar dan talkshow yang diadakan di tiga stages Kuningan City Ballroom untuk ngomongin soal ini. By the way, HAHO udah datang langsung ke LocalStartupFest 2.0 dan menuliskan beberapa poin penting untuk kamu. Simak ya!

Bahas teknologi masa depan

Selama dua hari, LocalStartupFest 2.0 bahas soal perkembangan teknologi di industri digital. Bahasannya pun bermacam-macam: ada soal evolusi ekonomi digital di Indonesia oleh Daniel Tumiwa (Founder ADSvokat), komputasi awan atau cloud computing dari Seon Young Park (Amazon Web Services), fintech atau teknologi finansial dari Rama Mamuaya (Founder & CEO DailySocial.id), hingga transformasi bisnis dengan memanfaatkan teknologi data oleh Ken Ly (Cloud Architect Alibaba).

HAHO - Daniel Tumiwa di LocalStartupFest 2.0
Daniel Tumiwa, Founder ADSvokat, bahas soal evolusi ekonomi digital Indonesia di LocalStartupFest 2.0.

Para pembicara itu berbagi cerita tentang kemajuan industri digital masa depan yang bakal banyak bertumpu di teknologi-teknologi inovatif tadi. Mereka memprediksi bahwa dalam beberapa tahun ke depan, semua teknologi itu bakal jadi tulang punggung dalam memecahkan permasalahan industri digital di Indonesia seperti soal database, transparansi, sampai soal pembayaran digital. Penting banget deh!

Teknologi untuk semua

Meski membahas soal teknologi yang terkesan rumit, para pembicara berusaha jelasin dengan cara yang mudah dimengerti. Hal itu emang jadi tujuan panitia yang berusaha mendekatkan pembahasan soal teknologi ke khalayak umum.

Muhammad Sayed, CEO dari Local.co.id, bilang bahwa salah satu goals acara ini adalah bikin pengunjung semakin luas wawasannya di bidang teknologi. “Misi kita adalah ‘tech for all’, yaitu ingin memberikan edukasi kepada para khalayak tentang teknologi dari berbagai macam industri yang ada saat ini,” ucap Sayed.


Baca Juga: Anak Muda Berani Bikin Startup? Why Not!


Ajang unjuk gigi startup lokal

Selain diisi oleh pembicara keren, acara ini juga jadi ajang buat sekitar 35 startup lokal untuk tunjukin produk mereka. Banyak dari mereka hadir dengan ide yang segar! Ada APRO yang menyediakan solusi iklan properti, ada aplikasi mobile untuk berbagi foto jurnalistik bernama FotoDong, ada platform pinjaman Disitu, aplikasi HargaDunia yang menawarkan jasa jual-beli internasional, payment gateway solution dari Brank.as, layanan on-demand untuk membeli sayur Tumbas.in, dan lain sebagainya.

HAHO - Startup Lokal di LocalStartupFest 2.0
Berbagai perusahaan startup lokal hadir di LocalStartupFest 2.0. Mereka bisa berinteraksi secara langsung dengan para pengunjung.

Local Startup Fest 2.0 nawarin experience bagi para pengunjung dengan mencoba produk langsung dari puluhan startup yang ada di sana. Interaksi langsung antara pengunjung dan para pelaku startup ini diharapkan bisa menciptakan peluang usaha yang lebih luas.

Content marketing ala media millennials: wajib bercerita!

Selain fokus soal teknologi, startup zaman now juga mesti paham cara ‘menjual’ layanan mereka serta mengukur keberhasilan promosi. Nah, di sesi ‘Content Marketing: How to Measure Your ROI’, ada William Utomo (COO IDN Media), Andrias Ekoyuono (CMO Kumparan), serta Danny Purnomo (Co-Founder & CMO Brilio.net) yang berbagi soal ini. Bagi mereka, hal yang utama dalam content marketing adalah bagaimana sebuah brand bisa bercerita.

HAHO - Storytelling pada Content Marketing, Sesi di LocalStartupFest 2.0
Di zaman now, kemampuan story telling untuk menyampaikan sebuah konten itu sangat diperlukan.

Dengan menentukan goals dari sebuah kampanye, masing-masing media bisa mengukur indikator keberhasilan dari sebuah kampanye media sosial, baik dari sisi jumlah audiences, engagement, sampai conversion dari segi penjualan produk. Semua itu bisa sukses apabila sebuah brand bisa bercerita dengan oke. Ingat-ingat ini ya!

***

Lewat LocalStartupFest 2.0, pemerintah, masyarakat dan pengusaha startup bertemu. Event seperti ini wajib ada untuk semakin meningkatkan pemahaman masyarakat soal industri kreatif digital yang memang lagi mantep-mantepnya sekarang. Anyway, jangan lupa bikin dan update profil kamu di HAHO.CO.ID dan join ke wadah jaringan sosial creativetainment terkeren se-Indonesia!


Baca di Sini: Sharing Session di Local Startup Fest 2017 Bareng HAHO!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More