Banda Neira Bubar Setelah 4 Tahun Bersama

Banda Neira bubar.

Di penghujung tahun 2016 ini, band indie Banda Neira memberi kabar duka bagi seluruh penggemarnya. Banda Neira yang terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar ini memutuskan untuk bubar. Pengumuman undur diri mereka dari kancah musik diutarakan lewat akun resmi Instagram Banda Neira.

“Setelah menempuh diskusi yang panjang nyaris setahun lamanya, akhirnya kami sampai pada sebuah kesepakatan. Kami bersepakat untuk tidak meneruskan Banda Neira, Dengan berat hati, melalui surat ini kami umumkan bahwa kami telah bersepakat untuk berpisah dan mengakhiri perjalanan Banda Neira,” tulis akun @bandaneira_official, Jumat (23/12/2016).

Banda Neira mengumumkan bubar lewat Instagram

Sontak pengumuman ini membuat penggemar mereka kaget sekaligus bersedih. Nggak sedikit juga yang mepertanyakan alasan Banda Neira bubar. Namun keputusan band yang dibentuk pada 2012 ini nampaknya sudah bulat.

“Bukan hal yang mudah membubarkan Banda Neira, terlebih kini karya Banda Neira bukan hanya milik kami berdua, tapi juga milik kalian para pendengar. Namun keputusan sudah bulat. Setelah menimbang-nimbang semua kemungkinan, kami yakin dari semua opsi yang ada ini adalah keputusan paling baik,” tulisnya lagi.

Saat ini, para personilnya memang tinggal di dua Negara berbeda. Ananda di Jakarta, sementara Rara melanjutkan kuliah di New Zealand. Sebelum Rara hijrah ke New Zealand, Banda Neira merilis album Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti.pada Januari 2016. Mereka juga menggelar konser perpisahan. Usai konser perpisahan, 1 Februari 2016 Banda Neira memutuskan vakum. Tiba-tiba setelah vakum mereka memutuskan untuk bubar. Sampai saat ini mereka masih menutup rapat alasan Banda Neira bubar.

“Alasannya saya belum bisa cerita. Yang bisa saya bilang ya seperti yang (ditulis) di instragram itu,” ujar Ananda seperti dilansir Tempo, Jumat (23/12/2016).

Personel Banda Neira, Ananda Badudu dan Rara Sekar.

Dalam sebuah tulisan di media sosial. Ananda dan Rara menerangkan kenapa band ini bernama Banda Neira. Banda Neira adalah nama pulau yang berada di Maluku. Pada masa perjuangan kemerdekaan, beberapa pejuang termasuk Bung Hatta dan Sjahrir dibuang oleh Belanda ke pulau itu. Banyak cerita menarik yang ditulis Sjahrir tentang Banda Neira. Selama diasingkan, mereka berdua tidak merasa dibuang karena pulau Banda Neira memang luar biasa cantik sampai-sampai mereka mengisahkan bahwa pulau ini sepeerti sebuah firdaus. Dari pulau dan cerita tersebut lah nama band ini diambil.

Meski sudah bubar, karya-karya Banda Neira masih bisa dinikmati dan terus dikenang sebagai surga firdaus di telinga pendengar. Terimakasih telah ikut menyumbang lagu bagus untuk musik Indonesia, Banda Neira.

 

 

 

 

 

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More