3 Kartini Millennial yang Menginspirasi Anak Muda

Selamat Hari Kartini! Berbicara tentang Hari Kartini, tentu tidak lepas dari perjuangan sosok wanita hebat, R.A. Kartini, dalam membebaskan wanita-wanita Indonesia dari diskriminasi pria dan wanita di masa lampau. Berkatnya emansipasi dan kesetaraan wanita Indonesia setara dengan pria.

Nggak berhenti sampai situ, perjuangan Kartini terus estafet ke generasi-genarasi penerus. Di era teknologi serba cepat ini, banyak sekali wanita muda Indonesia yang menginspirasi wanita lain lewat prestasi dan karyanya yang bisa kita sebut Kartini Millennial.

Kartini Millennial yang berhasil HAHO rangkum adalah mereka yang eksis di dunia creativetainment namun juga mengejar impiannya di bidang pendidikan. Siapa mereka?

Simak 5 Kartini Millennial yang menginspirasi anak muda!

  1. Maudy Ayunda

Maudy memulai karir di dunia creativetainment sebagai aktris lewat film Untuk Rena pada 2006. Namun namanya mulai melambung lewat perannya di film Sang Pemimpi. Ia kemudian menjajal dunia modeling sebagai finalis Gadis Sampul 2009. Tidak hanya lewat akting, Maudy juga unjuk kemampuannya sebagai penyanyi.

Maudy Ayunda, salah satu sosok Kartini Millennial yang menginspirasi anak muda

Di usia 21 tahun, Maudy merampungkan studinya di Universitas Oxford, Inggris. Ia berhasil menyelesaikan seluruh mata kuliahnya di jurusan PPE (Philoshophy, Politics, and Economic) kurang dari tiga tahun. Selama menjadi mahasiswa, Maudy juga aktif di dalam sebuah organisasi sosial, Oxford Economics Society sebagai Head of Speakers.

Panggung bagi Maudy tidak hanya tempat ia menghibur pendengarnya lewat suara indahnya tapi juga tempat dimana ia bisa mengeluarkan aspirasinya. Maudy Ayunda pernah menjadi pembicara muda di forum global, The Regional Conference Evaluate the Millennium Development Goals and Looks to Creating a Foundation for the Post 2015.Ia juga menjadi Duta Anti perbudakan. Maudy Ayunda adalah sosok Kartini Millennial yang mengisnpirasi banyak orang.


Baca Juga: 5 Inspirasi Dari Kisah Sukses Oprah Winfrey di Dunia Entertainment


2. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati ialah salah satu sosok Kartini Millennial di dunia musik. Isyana kecil sudah bermimpi menjadi komposer sekaligus konduktor orkestra. Tidak hanya bermimpi sedari kecil Isyana tekun meniti karir bermusiknya, dari mulai menyanyi bermain alat musik piano, electone, flute dan saxophone. Tidak hanya itu keseriusannya bermusik juga membuatnya mantap mengambil pendidikan musik di luar negeri.

Isyana memperoleh Best Graduate Award 2015 dari Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA Singapore), predikat Cumlaude sebagai Bachelor of Music (Honours) dari Royal College of Music (RCM) London dan mendapat penghargaan dari Embassy of Peru.

Setelah merampungkan pendidikannya, Isyana fokus berkarir di dunia musik Tanah Air. Pada tahun 2015 ia merilis album Keep Being You dan mendapat sambutan luar biasa dari pendengar. Isyana diganjar beberapa penghargaan lewat albumnya tersebut, salah satu diantaranya Penyanyi Pendatang Baru Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2015.

3. Sherina Munaf

Sherina dikenal di dunia creativetainment sebagai seorang aktris sekaligus penyanyi cilik. Sherina remaja masih menekuni karirnya di dunia musik. Namun pada 2015 ia memutuskan vakum dari dunia musik meninggalkan Indonesia untuk belajar Bahasa Jepang untuk kemudian mengejar mimpinya belajar animasi di negeri sakura tersebut. Beberapa guratan gambarnya sering ia unggah ke Instagramnya. Bakat menggambarnya mendapat pujian dari para penggemarnya.

Sherina. Sumber foto: Kompas

Baru-baru ini, putri dari Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif ini terlibat dalam sebuah project TVC yang dikerjakan Studio Ghibli dan disiarkan di Jepang. Sherina menyanyikan lagu Niwa No Chigusa atau dalam bahasa Inggris The Last Rose of Summer.

Tidak hanya sibuk sekolah animasi, dalam waktu dekat Sherina juga akan sibuk syuting film teranyarnya “Wiro Sableng 212”.

Jago nyanyi, akting dan calon komikus handal. Sosok Sherina emang layak banget disebut Kartini Millennial!

Apakah kalian the next Kartini Millennial? Yuk, terus berkarya dan unggah portofolio kalian di HAHO!


Baca Juga:

Penyakit Plagiat dan Pencurian di Dunia Creativetainment

Hari Konsumen Nasional: Semua Harus Dilindungi!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More