5 Arranger Musik Terbaik di Indonesia

Profesi arranger di kancah musik Tanah Air dikenal sebagai salah satu profesi yang cukup menantang.

Bagaimana tidak, karena tugas arranger atau penata musik adalah membuat komposisi musik untuk suara, instrumen dari musik asli yang ditulis jadi lebih catchy lagi.

Buat kalian yang tertarik menekuni dunia arranger, ada beberapa hal yang wajib dimiliki oleh seorang arranger adalah pengetahuan musik yang luas, mampu berkolaborasi dengan tim dan mengakomodir keinginan komposer, music director, producer dan music player agar harmonisasi musik yang dihasilkan sempurna. Selain itu, arranger dituntut untuk bisa memainkan berbagai macam alat musik secara profesional.

Di Indonesia sendiri, ada 5 arranger musik handal yang telah diakui kemampuannya, siapa mereka? Simak ulasannya!

  1. Erwin Gutawa

Sebelum menjadi komposer sekaligus arranger musik handal di Indonesia, Erwin Gutawa pernah terjun di beberapa film pada tahun 1970-an. Ia memutuskan fokus bermusik dengan mengawali karirnya di band Karimata. Kemudian ia mendirikan Erwin Gutawa Orkestra pada 1993. Erwin meramu orkestra dengan rock yang ia namakan Rockestra dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat.

2. Andi Rianto

Usai menuntaskan studinya di Amerika Serikat, Andi Rianto pulang ke Jakarta dan mendirikan Magenta Orchestra. Ia sempat mengenalkan musik klasik dalam program acara televisi bernama Harmoni, Program acara tersebut membawanya dua kali jadi nominator Penata Musik Terbaik dalam Festival Film Indonesia.

3. Purwatjaraka

Namanya sebagai arranger dan komposer di dunia orkestra sudah tidak diragukan lagi. Kepiawaiannya juga telah diturunkan dalam sekolah musik yang ia namai Purwacaraka Music Studio. Tidak hanya itu, kakak dari penyanyi Tri Utami ini juga dikenal sebagai penata musik di berbagai produksi serial dan film Indonesia.

4. Addie MS

Addie MS, salah satu arranger musik terbaik yang Indonesia punya

Addie MS dikenal sebagai arranger yang juga piawai memainkan musik bergenre klasik. Sampai saat ini ia juga masih aktif sebagai konduktor orkestra di Twilite Orchestra, sejak ia mendirikannya pada tahun 1991.

5. Dwiki Dharmawan

Dwiki Dharmawan adalah salah satu anak didik almarhum Elfa Secioria yang sukses berkarir sebagai arranger. Kiprahnya di dunia musik jazz dikenal tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia Internasional. Saat ini Dwiki masih aktif dalam World Peace Orchestra, tak hanya itu ia juga mengelola sekolah musik Farabi.

Tertarik mendalami dunia arranger? Atau sudah mulai merintis karir sebagai arranger? Ayo sign up ke www.haho.co.id.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More