5 film box office Indonesia 2018, Dilan jadi rajanya!

Profiles – HAHO Media. Tahun 2018 akan segera berakhir. Puluhan judul film Indonesia telah tayang di sepanjang tahun ini. Dari sekian banyak judul film tersebut terdapat beberapa judul yang menguasai pasar domestik dan menjadi box office dengan jumlah penonton yang luar biasa, bahkan memecahkan rekor film tahun sebelumnya!

Hal tersebut merupakan bukti bahwa antusiasme penonton terhadap industri film Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, meskipun penilaian akan kualitas dan kuantitas sebuah film tidak hanya dilihat dari jumlah penontonnya saja, setidaknya ini menjadi sebuah barometer bahwa minat menonton dan apresiasi masyarakat terhadap film Indonesia meningkat. Meskipun dalam hal genre masih didominasi oleh horor, drama dan komedi, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa genre seperti action dan thriller juga mendapat tempat di hati penonton film Indonesia.

Dari sekian banyak judul, HAHO akan berikan daftar lima film box office Indonesia berdasarkan data yang dihimpun dari situs filmindonesia.or.id (dengan data dari Cinema 21, PPFI, Blitzmegaplex, produser film dan sumber-sumber lainnya). Kita mulai dari urutan kelima hingga pertama ya!

 

5. FILM ASIH

Edisi ketiga dari Danur Universe ini merupakah kisah tentang Asih, sosok gaib yang ada di edisi pertama Danur: I Can See Ghost. Dibintangi Shareefa Daanish, Citra Kirana dan Darius Sinathrya, film ini berhasil menjadi box office dengan menarik minat 1.714.798 juta penonton. Meskipun jumlah ini masih kalah dengan edisi pertamanya, namun jumlah ini tergolong cukup tinggi. Untuk kategori horor pun Asih hanya kalah dengan film Danur 2: Maddah dan Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur di tahun 2018 ini.

 

4. SI DOEL THE MOVIE

Sebuah film yang diangkat ke layar lebar dari kisah drama sinetron yang sangat populer di era 90-an ini benar-benar mengajak penonton yang kebanyakan didominasi usia 30-an keatas sebagai ajang nostalgia. Siapa yang tidak ingat dengan bang Doel, Mandra, Atun dan lain-lain? Sejak era sinetron, konsep Si Doel mengangkat budaya Betawi yang tergerus oleh peradaban modern ke dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari, tentunya sarat akan makna dan pesan moral di dalamnya.

Meskipun dalam versi layar lebarnya kali ini kehidupan Doel sudah jauh lebih modern dengan storyline yang mengangkat kelanjutan kisah cinta segitiga antara Doel, Sarah dan Zaenab, tetapi hampir semua penonton memberikan review positif akan film ini. Jadi gak ada alasan kalau anak Betawi ketinggalan jaman ya! Si Doel the Movie berhasil menarik minat 1.757.653 juta penonton di tahun 2018.

 

3. DANUR 2: MADDAH

film indonesia maret 2018

Edisi kedua dari Danur Universe ini juga tidak bisa menyamai atau melampaui edisi pertamanya. Walaupun begitu, Danur 2 masih tetap menarik minat 2.572.672 penonton. Film ini juga merupakan lanjutan dari hubungan persahabatan Risa (Prilly Latuconsina) dengan para hantu anak-anak yaitu Peter, William dan Jhansen, yang mendapat banyak gangguan dari roh-roh jahat. Untuk genre horor, Danur 2: Maddah menempati urutan kedua terlaris di tahun 2018!

 

2. SUZZANNA: BERNAPAS DALAM KUBUR

Diadaptasi dari film dan sosok legendaris yang menjadi ikon horor Indonesia, Suzzanna, film ini berhasil menempati posisi kedua box office terlaris dalam waktu yang sangat singkat. Meskipun belum bisa menggeser Pengabdi Setan sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa, namun Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur berhasil menobatkan dirinya sebagai film horor Indonesia paling laris sepanjang tahun 2018 dengan total 3.343.661 penonton sebagai buktinya.

Dengan persiapan yang juga tidak main-main, Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur menyiapkan segala detil produksi dengan matang. Tak tanggung-tanggung, untuk urusan makeup fx saja tim produksi harus mengimpor makeup artist dari Rusia yang profesional di bidangnya. Karena itulah Luna Maya yang berperan sebagai Suzzanna pun menjadi terlihat sangat mirip. Ditambah dengan diangkatnya mitos horor urban Indonesia (sundel bolong) sebagai tema kebangkitan Suzzanna, berhasil menjadi daya tarik bagi para penikmat horor lokal karena minimnya film Indonesia yang mengangkat sosok sundel bolong ke layar lebar.

 

1. DILAN 1990

film indonesia box office

“Kamu gak akan kuat, biar aku saja” akan menjadi identitas film Indonesia paling laris sepanjang tahun 2018! Ya, DILAN 1990 menjadi penguasa di tahun 2018 dengan raihan 6.315.664 juta penonton! Wow, sebuah angka yang fantastis. Dengan angka inilah Dilan 1990 masuk ke jajaran film Indonesia terlaris sepanjang masa. Mengangkat tema remaja tahun 90-an yang penuh dengan “kebaperan paling hakiki” kalau meminjam istilah anak jaman sekarang, Dilan 1990 menawarkan cerita cinta remaja yang sangat sederhana. Semua yang ditampilkan di film ini berhasil mewakili pengalaman dan nostalgia banyak orang sehingga saat dirilis, film ini langsung menyedot begitu banyak atensi penikmat film Indonesia di segala kalangan usia. Sebuah film luar biasa yang bisa membuat para penontonnya baper beramai-ramai!


Itulah tadi daftar 5 film Indonesia paling laris di tahun 2018. Dengan selalu ada peningkatan jumlah penonton dari tahun ke tahun, tentunya kita semua berharap industri perfilman Indonesia akan semakin maju dan berkualitas. Kalau bukan kita yang mendukung perfilman Indonesia, maka siapa lagi? Maju terus perfilman Indonesia!

You might also like