Dijamin Bikin Ngiler! Ini 5 Film Makanan yang Wajib Ditonton

Juru masak atau chef adalah profesi yang menyenangkan! Pekerjaan mereka lekat dengan dunia culinary art yang membutuhkan ketelatenan untuk menyajikan hidangan yang lezat. Tak heran, kisah mereka pun kerap digambarkan dalam film-film bertemakan makanan.

Film-film makanan selalu sedap ditonton. Tak hanya visual santapan yang menggugah selera, film makanan seringkali menampilkan kisah-kisah, drama, serta cerita di balik pekerjaan seorang juru masak.

Ada lima film makanan yang mesti kamu nonton, #DoGeneration! Yuk, kita lihat apa saja filmnya!

The Lunchbox (2013)

Apa jadinya jika kotak makan buatanmu jatuh ke tangan orang yang salah? Ila (Nimrat Kaur) adalah juru masak untuk jasa pembuatan kotak makan siang yang dipesan oleh para pekerja di seluruh India. Suatu ketika, kotak makan buatannya jatuh ke tangan yang salah. Saajan (Irrfan Khan), seorang akuntan yang menjelang masa pensiun, memutuskan untuk mengirim kembali kotak tersebut dengan sebuah surat. Ia tidak pernah menyangka bahwa surat tersebut menjadi awal dari drama tak terduga dalam hidupnya.

The Lunchbox adalah satu dari banyak film Bollywood yang mendunia. Film makanan garapan Ritesh Batra ini berhasil memikat penonton lewat penggambaran budaya dabbawala, sistem pengiriman kotak makan ala India yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. The Lunchbox mampu memberikan pengetahuan tentang masakan India lengkap dengan sajian visual makanan yang mengundang rasa lapar. Disajikan dengan seporsi drama, film ini bagaikan hidangan yang lengkap menggoda!

Chef (2014)

Seorang koki gagal memutuskan untuk banting setir. Ia tak lagi ada di dapur, melainkan memutuskan untuk memasak di jalanan! Yup, Chef Carl Casper (Jon Favreau) adalah bekas koki di sebuah restoran ternama. Konflik kepentingan membuatnya harus hengkang dari dapur yang membesarkan namanya. Sempat frustasi, ia memutuskan untuk menjadi membangun food truck di Miami yang ia jalankan bersama sang anak, Percy (Emjay Anthony).

Drama dan komedi dari aktor (sekaligus sutradara) Jon Favreau menjadi kunci di film ini. Lewat Chef, kita tahu bagaimana menegangkan dan hebohnya suasana sebuah dapur restoran. Tekanan dari pemilik restoran, kritikus makanan, serta orang-orang terdekat menjadi masalah utama yang diangkat di film ini. Well, semua dipadukan dengan keseruan hubungan ayah dan anak yang berusaha membangun karier memasaknya di jalanan.


Baca Juga: Ini Dia 5 Film Fashion yang Harus Kamu Tonton!


Tabula Rasa (2014)

Jika kamu mencari film makanan asli Indonesia, Tabula Rasa adalah jawabannya. Film ini berkisah tentang Hans (Jimmy Kobogau), seorang pemuda asal Papua yang bermimpi menjadi pesepakbola profesional dan datang ke ibukota. Namun, cedera kaki membuat ia harus meninggalkan cita-citanya hingga luntang-lantung di jalanan. Mak (Dewi Irawan) datang menjadi sosok penyelamat dengan mengajak Hans bekerja di rumah makan padang miliknya. Sebagai balas budi, Hans membantu Mak untuk memasak menu makanan yang pernah menjadi legenda restoran itu.

Dengan pencitraan visual yang simpel, film ini secara tepat menggambarkan kuliner Indonesia yang tampil sederhana namun penuh rasa. Kepulan asap nasi yang baru matang, kuah gulai yang menguning, serta tekstur dari sekuali penuh rendang adalah beberapa pemandangan ‘indah’ di film ini. Jangan menonton film ini dengan perut kosong, #DoGeneration!

Chef’s Table (2015)

Serial dokumenter dari Netflix ini wajib kamu tonton. Gambaran visual yang luar biasa indah dan jalan cerita yang mendalam menjadi senjata bagi Chef’s Table. Film dokumenter ini selalu mengangkat kisah dari para chef di seluruh dunia. Di episode pertama, mereka mengupas Chef Massimo Bottura, seorang chef di restoran Osteria Francescana yang punya segudang prestasi di dunia culinary art.

Jangan ragukan soal kualitas, film ini berhasil menyabet peghargaan International Documentary Association untuk nominasi Best Episodic Series di tahun 2015. Tidak mengherankan karena sang sutradara, David Gelb, adalah orang yang sama yang membuat film dokumenter kuliner legendaris lainnya: Jiro Dream’s of Sushi.

Burnt (2015)

Chef Adam Jones (Bradley Cooper) adalah koki kelas atas di Paris sebelum obat-obatan dan alkohol meredupkan kariernya. Setelah pindah dari New Orleans ke London, Adam kemudian mendapatkan kesempatan untuk membangun kembali kariernya. Ia bertemu dengan Tony (Daniel Bruhl), kawan lama yang mendapuknya menjadi kepala juru masak. Tekanan kuat yang ada di ruang masak memunculkan banyak drama bagi Adam untuk kembali memimpin restoran berbintang tiga dari Michelin.

Disutradarai oleh John Wells, Burnt menjadi film makanan yang mewarnai tahun 2015. Film ini adalah kombinasi dari kelucuan dan kisah emosional tentang kecintaan seorang juru masak terhadap makanan, kisah percintaan, dan teladan soal pentingnya mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup. Ibarat hidangan, film ini dimasak dengan pas dan tidak sampai gosong.

***

Itu dia lima film tentang makanan dan dunia kuliner yang bisa kamu tonton. Buat kamu yang suka dengan dunia culinary art, jangan lupa gabung dan bikin akun profil di HAHO.CO.ID ya!


Baca Juga:

5 Film Adaptasi Novel yang Sukses di Layar Lebar, Nomor 3 Paling Heboh!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More