5 Sekolah Dance di Jakarta? Intip 5 yang Terbaik, Yuk!

Sama seperti menyanyi, menari adalah salah satu bentuk ekspresi hati. Ada yang senang mengekspresikannya dalam bentuk tarian tradisional, hiphop, balet ataupun jazz. Yang perlu kamu lakukan untuk jadi seorang professional dancer salah satunya adalah dengan mengikuti kelas khusus di sekolah dance.

Kalau kamu ingin lebih menekuni seni tari lewat kursus atau les, berikut HAHO merangkum 5 sekolah dance di Jakarta yang bisa kamu sambangi:

1. Namarina

Namarina adalah sekolah dance khusus balet pertama di Indonesia dan bahkan tertua se-Asia Tenggara yang didirikan oleh Almarhumah Nanny Lubis pada tahun 1965. Kemudian sepeninggal Nanny di tahun 1993, Namarina dilanjutkan oleh sang anak, Maya Tamara sebagai Principal sekaligus Artistic Director.

sekolah dance Namarina
Namarina sebagai sekolah dance khusus balet tertua se-Asia Tenggara (sumber: Namarina)

Meski lebih terkenal dengan baletnya, Namarina juga mempunyai kelas-kelas lain seperti Hip hop, Jazz, dan Jazz Hip hop. Namarina juga membuka kelas dari mulai anak-anak sampai dewasa. Setiap tahunnya, Namarina selalu menggelar event dimana murid-muridnya unjuk kebolehan di hadapan keluarga dan penonton umum. Selain pertunjukan di Indonesia, murid-murid Namarina juga kerap mengikuti kompetisi tari di dalam maupun luar negeri.

2. Marlupi Dance Academy (MDA)

sekolah dance

Sekolah dance Marlin Dance Academy (MDA) pertama kali didirikan di Surabaya pada tahun 1965 oleh seniman tari, Marlupi Sijangga. Baru kemudian, pada tahun 1993 MDA membuka cabang di Jakarta. Sejak saat itu, MDA sudah berkembang dengan memiliki lebih dari 40 studio, 50 guru dan lebih dari 2500 mahasiswa di Indonesia.

MDA menawarkan kurikulum tari yang menyeluruh dan mencakup pelatihan serius di kedua balet klasik (teknik, pointe, variasi, adagio) dan balet kontemporer (teknik, improvisasi, kemitraan). Selain balet, MDC juga dikenal sebagai sekolah modern dance, jazz, hip hop dan koreografi. Murid-murid MDA sering ikut serta pada festival-festival tari di dalam negeri maupun internasional dan membawa pulang sejumlah piala pengharagaan.

Kecintaan Marlupi pada dunia tari, terutama balet tidak pernah luntur bahkan di usianya yang senja. Waktu usianya mencapai 60 tahun ia megmperoleh sertifikat Royal Academy of Dance di London. Sertifikat tersebut mensahkan Marlupi sebagai pengajar tari balet profesional. Ia juga rain mengikuti perkembangan dan teknik-teknik baru dalam tari balet ke Amerika, Jerman, Inggris, Singapura dan Shanghai untuk kemudian dikembangkan lagi di MDA. MDA juga memiliki cabang bernama Forever Dance Center yang mengajarkan kelas Ballet, Hip hop Dance, K-POP Dance Cover dan Modern Dance.

3. Gigi Art of Dance 

sekolah dance
Sekolah Dance, Gigi Art of Dance

Sekolah dance yang satu ini didirikan oleh Gianti Giadi, seniman tari yang telah berkiprah di kancah internasional. Di Gigi Art of Dance ini ada beberapa time courses dance yaitu, Traditional Dance, Modern Jazz, Hip Hop, Broadway Jazz, Pop Dance, RnB Style, Belly Dance, Cuban Salsa dan Bollywood. Tidak hanya kelas-kelas, untuk yang ingin menekuni bidang tari, kita juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang serba-serbi tari, mulai dari sejarah, kritik, komposisi dalam program workshop.

4. Dance Wave Center (DWC) 

sekolah dance
Sekolah dance, Dance Wave Center

Sekolah dance Dance Wave Centre (DWC) menyediakan beragam kelas seperti Tradisional, Hip Hop, Jazz Dance, Belly Dance, Contemporary, Burlesque, Sexy Ladies dan Tribal.

DWC sudah menggelar theatrical dances dari berbagai genre tari yang ada di DWC. Beberapa diantaranya adalah The Dancewithin, The Dancewithin: Beyond the Dream, The Dancewithin: One World dan The Dancewithin: Fight 4 Harmony.

5.  United Dance Works

Sekolah dance
Sekolah dance, United Dance Works

Sekolah dance di United Dance Works (UDW) ini didirikan oleh Adhisty Juliani Kampono dan Yessy Hutabarat pada 13 Februari 2004. Awalnya UDW bertempat di ruang tamu rumah Yessy atau akrab disapa Echie di kawasan Tebet. Kemudian, mereka menyewa studio di daerah Kemang Utara.

UDW menyediakan kelas untuk anak berusia empat tahun hingga orang dewasa. Ada juga kelas privat yang disediakan oleh UDW. Kelas tari yang dibuka juga beragam, dari tari tradisional Indonesia, balet, hip hop, dan berbagai tarian kontemporer lainnya.

Saat ini UDW telah memiliki 40-50 orang penari profesional hasil audisi dan kerap diminta tampil dalam acara-acara besar, seperti HUT SCTV, GlobalTV, konser Rossa, Siti Nurhaliza dan lain-lain.

***

Oke #DoGeneration, kira-kira kelas dance apa yang mau kamu ambil?

 


Baca Juga:

5 Tempat Les Vokal Terbaik di Jakarta

You might also like