5 Tempat Les Vokal Terbaik di Jakarta

Profile – HAHO Media. Pada dasarnya keahlian apa pun bisa dilatih, tak terkecuali untuk keahlian bernyanyi. Salah satunya adalah dengan mengikuti les vokal.

Banyak sekali les vokal di Jakarta. Dalam artikel ini, HAHO merangkum 5 tempat sekolah vokal di Jakarta sebagai bahan rekomendasi kamu yang mau mengasah keahlian kamu dalam bernyanyi:

tempat les vokal
Tempat les vokal KBL

1. Les Vokal KBL (Karunia Bersama Lucky)

Didirikan pada tahun 2001, awalnya tempat kursus bernyanyi ini bernama Sanggar Nyanyi. Lokasi pertama terletak di sebuah ruko kecil di kawasan Kampung Ambon, Jakarta Utara. Kemudian pada tahun 2003, sang pencetus Felbi dan Lucky mengubah nama tempat les vokal mereka menjadi Karunia Bersama Lucky (KBL).

Dari yang awalnya Lucky beserta asistennya hanya punya 2 kelas dan terdiri dari 16 murid. Hingga sekarang KBL telah berkembang menjadi 14 cabang dan sudah memiliki 1000-an lebih murid dari beragam usia. Di KBL, setiap murid dilatih untuk menguasai cara bernyanyi yang benar dan memperkuat karakter vokal yang mereka punya dengan pendekatan fisiologis anatomis. Pendekatan ini membuat penyanyi memahami koordinasi otot yang berhubungan dengan produksi suara, sehingga belajar nyanyi jadi lebih mudah.

Sejauh ini murid-murid KBL yang kini sukses sebagai penyanyi adalah, Agnes Monica, Noni “Di Atas Rata-Rata”, Monika Yulianti finalis The Voice Indonesia, Ellyn Clarisa Juara I “Aku Princess” di RCTI, dan Victoria Fellice, semi finalis “Indonesia’s Got Talent” di Indosiar.

Dengan moto ‘everyone can sing’, KBL tidak membatasi usia pendaftar. Sejauh ini mereka memiliki murid dari membuka kursus usia 3 tahun hingga 78 tahun.

Kunjungi KBL di HAHO.CO.ID

les vokal di jakarta
Yamaha Music School

2. Yamaha Music School

Nah, kalau yang ini kalian pasti udah nggak asing lagi karena cabangnya banyak dan tersebar di 108 lokasi di Indonesia. Yamaha Music School merupakan bagian dari Yamaha Musik Indonesia (YMI). YMI yang didirikan pada 22 Desember 1972 ini menyelenggarakan kursus-kursus musik yang menerapkan sistem pendidikan musik Yamaha.

Jadi di sekolah ini, murid bisa memiliki banyak pilihan kursus selain kursus vokal. Yamaha Music School juga menyediakan kursus piano, electone, gitar, drum, perkusi dan lain sebagainya.

Kurikulum pengajaran di Yamaha Music School disesuaikan dengan usia dan perkembangan fisik dan mental anak-anak pada umumnya. Kursus vokal di YMS dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas anak, yakni untuk usia 6 tahun ke atas dan kelas dewasa, untuk peserta usia 12 tahun ke atas.

Penyanyi, pemain keyboard, sekaligus pencipta lagu Yovie Widianto merupakan salah satu alumni Yamaha Music School.

Kunjungi Yamaha Music School di HAHO.CO.ID

 

Purwa Caraka Music Studio Jakarta
Purwa Caraka Music Studio Jakarta

3. Purwa Caraka Music Studio

Dari namanya, pasti kita sudah bisa menebak siapa orang dibalik sekolah ini. Yup, komposer handal Purwa Caraka mencoba berkontribusi di bidang pengajaran musik dengan menawarkan kursus musik yang menggunakan kurikulum cermat dan inovatif. Purwa Caraka Music Studio memiliki 76 kantor cabang di seluruh Indonesia dengan 22.000 siswa yang terdaftar setiap tahunnya. Di Jakarta sendiri, Purwa Caraka Music tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Untuk les vokal sendiri, murid yang mendaftar minimal 5 tahun. Murid akan diajarkan oleh staf pengajar yang kompeten dibidangnya dan telah lulus kualifikasi yang ketat. Purwa Caraka sendiri di sekolah musik ini bertindak sebagai Kepala Sekolah.

Selain belajar teknik vokal, siswa juga dilatih untuk tampil di hadapan publik. Ada dua jenis program pertunjukan di Purwa Caraka Musik Studio yaitu Pertunjukan In-House dan Pertunjukan Utama atau Tahunan.

Siswa dari kelas vokal akan berkolaborasi dengan teman-teman dari kelas musik lain. Karena selain memberikan kursus vokal, Purwa Caraka Music Studio memberikan kursus untuk instrumen gitar, piano, keyboard, bass, biola dan drum.

Kunjungi Purwa Caraka Music Studio di HAHO.CO.ID

tempat les vokal jakarta
MSI Jakarta

4. Music School of Indonesia (MSI)

Music School of Indonesia (MSI) memiliki dua cabang di Jakarta, yaitu di Pondok Indah dan Tebet. Sementara di luar kota, MSI memiliki cabang di Surabaya. Sekolah musik yang didirikan pada bulan Agustus 2010 ini memiliki beberapa pendidikan musik, yaitu, Guitar School of Indonesia (GSI), Bass School of Indonesia (BSI), Drum School of Indonesia (DSI), Keyboard School of Indonesia (KSI) dan Vocal School of Indonesia (VSI).

Metode belajar vokal yang diajarkan di MSI meliputi, pernafasan, pembentukan suara, artikulasi, scale, vibrato sampai interpretasi dan ekspresi. Selain dilatih dengan guru vokal profesional, setiap beberapa kali pertemuan, murid juga berkesempatan berguru dengan guru tamu. Baru-baru ini MSI mengundang Glenn Fredly sebagai guru tamu di kelas vokal.

Sama seperti di tempat les vokal di Jakarta, murid yang terdaftar di MSI mulai dari kategori anak-anak sampai dewasa.

Kunjungi MSI di HAHO.CO.ID

The Resonanz
The Resonanz

5. The Resonanz

The Resonanz berdiri sejak tahun 2008 silam dan hingga kini telah memiliki berbagai pelatihan musik yang lengkap, mulai dari latihan vokal, instrumen musik, conducting, paduan suara, theory class, dan masterclasses. The Resonanz cenderung lebih berfokus ke klasik, dengan guru-guru handal dan profesional.

Kursus yang didirikan oleh konduktor muda Indonesia, Avip Priatna, ini menawarkan les vokal yang terdiri dari kategori klasik, pop dan anak-anak.

Baru-baru ini The Resonanz Childrens Choir (TRCC) berhasil meraih juara pertama kategori Children’s and Youth Choir dan memperoleh Gold Diploma Level II dalam kompetisi paduan suara Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition yang digelar di kota Venezia, Italia.

Kunjungi The Resonanz di HAHO.CO.ID

***

Buat kalian yang punya info lain tentang les vokal di Jakarta bisa langsung tulis di kolom komen, ya…

You might also like