6 Sekolah Fashion Terbaik di Indonesia

Potensi industri kreatif di Indonesia semakin berkembang, termasuk industri fashion yang berimbas pada kebutuhan akan sekolah fashion.

Dengan kata lain, kesempatan untuk berkarir dan bekerja di dunia fashion semakin terbuka lebar bagi siapa pun yang mau menggelutinya. Baik itu sebagai fashion designer ataupun orang-orang yang bergerak di bisnis fashion.

Buat kalian #DoGeneration yang tertarik untuk menekuni fashion sebagai fashion designer atau pun menggeluti bisnis fashion, berikut ada 6 sekolah fashion terbaik Indoenesia yang perlu kamu tahu:

1. ESMOD Jakarta 

ESMOD, salah satu sekolah fashion terbaik di Indonesia.
Sumber: www.esmod.com

ESMOD adalah sekolah fashion internasional tertua di Indonesia. Sejak beroperasi pada 1996, ESMOD sudah melahirkan sejumlah desainer sukses, sebut saja Oscar Lawalata, Dian Pelangi, Kleting dan Restu Anggraini. Beberapa program yang ditawarkan ESMOD diantaranya Fashion Design & Creations (3 tahun), International Fashion Business (3 tahun), Fashion Design & Pattern Drafting (program intensif 1 tahun). Selain itu, ESMOD juga membuka kelas kursus selama 4—6 minggu dari tingkat pemula sampai expert. Kursus yang tersedia di antaranya adalah kursus menjahit, desain, kebaya dan couture.

 

2. LaSalle Collage International Jakarta

LaSalle Collage International Jakarta (LCI), merupakan salah satu perguruan tinggi fashion bertaraf internasional terbaik di Jakarta. Perguruan tinggi ini menerapkan kurikulum Kanada. Di Indonesia LCI memiliki dua kampus yang terletak di Jakarta dan Surabaya.

LCI mempersiapkan mahasiswanya agar siap terjun ke berbagai bidang dalam industri fashion. Ada beberapa program yang LCI tawarkan, yaitu fashion design, interior design, fashion business, artistic make-up, dan digital media design.

Selain pendidikan formal, LaSalle juga sering mengadakan kompetisi desain untuk melatih jiwa kompetitif bagi mahasiswanya.

3. Bunka School of Fashion

Bunka School of Fashion yang didirikan di Tokyo, Jepang pada tahun 1919 mulanya bernama Namiki Dressmaking School. Akhirnya pada tahun 1936, sekolah fashion ini berubah menjadi Bunka School of Fashion. Bunka memiliki program Fashion Division yang dibuat untuk murid dasar hingga expert. Di program ini, siswa bisa mempelajari pola, fashion design, teknik menjahit, pop cutting, fashion handicraft dan merchandising.

Selain itu Bunka School of Fashion memiliki 4 departemen yang terdiri diri Fashion Creation Department, Fashion Technology Department, Fashion Marketing and Distribution Department dan Fashion accessories and Textiles Department.

Salah satu desainer jebolan Bunka School of Fashion adalah Tex Saverio.

4. Raffles Institute of Higher Education

Sekolah fashion ini berpusat di Singapura, namun saat ini memiliki 33 kampus yang tersebar di 13 negara Asia, Eropa, Arab, termasuk Indonesia. Di Indonesia, Raffles Institute of Higher Education terletak di Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Program yang ditawarkan di sekolah fashion, Raffles Institute of Higher Education, adalah Fashion Design, Komunikasi Visual, Fashion Marketing & Management, Digital Media Design, dan Interior Design.

5. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo

Sekolah fashion yang didirikan sejak tahun 1980 ini telah melahirkan nama-nama besar di dunia fashion sebut saja, Sebastian Gunawan, Denny Wirawan dan Chenny Han.

Program yang tersedia di LPTB Susan Budiharjo adalah Textile Design Class, Fashion Design Class, Anatomy Drawing Class, Fashion History Class, Sewing and Pattern Making Class, Computer Design Class, Moulage Textile Design Industry, Fashion Research, Monumental Textile, Grading, Visual Merchandising dan Textile Printing.

6. Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISWI

ASRIDE ISWI merupakan perintis perguruan tinggi fashion pertama di Indonesia. Perguruan tinggi swasta yang berkonsentrasi di bidang fashion design ini terakreditasi diploma III.

Desainer papan atas di Indonesia banyak yang lahir dari ISWI, salah satu diantaranya adalah Susan Budiharjo.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More