Queen of Pastry: Chef Karen Carlotta, Es Teler Cakenya Paling Populer!

Hampir setiap orang menyukai makanan manis, terutama jenis makanan pastry. Pastry dalam dunia chef adalah istilah yang digunakan untuk cake, cookies, pudding, hingga dessert. Di Indonesia ada Karen Carlotta yang dikenal dengan Pastry Queen.

 

Es Teler Cake - Chef KC - Karen Carlotta
Salah satu cake unik buatan Chef KC yaitu Es Teler Cake

Dikenal dengan sapaan Chef KC adalah chef yang terkenal dengan spesialisasinya di bidang pastry. Memiliki suami yang juga seorang chef yaitu Adhika Maxi.

Chef KC dan Adhika Maxi - AMKC Atelier
Pasangan Chef Karen Carlotta dan Adhika Maxi

Karen Carlotta dan Adhika Maxi membangun usaha bersama di bidang kuliner, yaitu sebuah restoran dengan konsep ala Perancis bernama AMKC Atelier. AMKC itu sendiri diambil dari singkatan nama mereka. Seperti dilansir dari Wolipop, restoran ini berkonsep fine-dining gourmet yang terletak di Plaza Indonesia.

Martabak Cake - Pastry andalan Chef KC Karen Carlotta
Martabak Cake yang juga menjadi andalan Chef Karen Carlotta

Dengan kapasitas restoran berjumlah hingga 70 orang, interiornya berkesan minimalis, monokrom dan elegan dengan sedikit sentuhan warna emas. Adhika Maxi dan Karen Carlotta memiliki perannya masing-masing dalam mengelola restoran ini. Adhika Maxi membuat menu hot kitchen gourmet bergaya Amerika-Perancis. Sedangkan, Karen Carlotta membuat menu pastry. 


“A good pastry chef have to know about a good palate and to know how to balance flavours. You should imagine the combination of tastes in your mind then create the product.”

– Karen Carlotta, indonesiatatler.com


Tak hanya itu, mereka berdua juga mengelola restoran terkenal yang berlokasi di Plaza Senayan, yaitu Union. Dibalik restoran-restoran yang Karen dan suami kelola, ternyata ada cerita menarik dalam perjalanan karirnya hingga sukses saat ini.

Intip yuk perjalanan dan prestasi Chef Karen Carlotta!

Karir Chef KC menanjak ketika sempat memiliki acara televisi sendiri di Metro TV yaitu “Venue”. Lalu dia dipercaya menjadi chef untuk private dining untuk para sosialita, perusahaan hingga pejabat. Selain itu Chef KC juga mengisi beberapa acara memasak off air. 

Pernah bekerja di Bank

Sebelum menjadi Chef yang terkenal seperti saat ini, Chef KC pernah bekerja di bank. Hal ini dilakukannya karena dahulu keluarganya ingin Karen menguasai ilmu ekonomi atau manajemen. Alhasil, ilmu tersebut bukanlah bagian dari passionnya, maka dari itu dia pun mengundurkan diri.

Bekerja menjadi chef di 3 restoran terkenal di Singapura

Sebut saja restoran seperti One Rochester, One Twenty Six, dan One Caramel. Karen begitu serius menekuni karirnya hingga dia sadar dia adalah seorang hard worker. Jabatan terakhirnya adalah dia pernah menjadi Executive Pastry Chef untuk seorang Chef Perancis di Singapura.

Membuktikan dengan prestasi

Lulusan Diploma Pastry & Baking Shatec, Singapura ini membuktikan keseriusannya di bidang kuliner. Karen dipercaya oleh pihak sekolah sebagai perwakilan Wedding Cake Competition di Food Hotel Asia 2006, dan berhasil mendapat medali perunggu. Berikut daftar prestasi Chef KC yang dilansir dari Wolipop:

  • Saat training di Swissotel The Stamford,  dipilih untuk perwakilan kompetisi “California Raisins Competition” dan berhasil membawa Silver Plate
  • Tahun 2008, memenangkan scholarship di Lenotre dan Cacao Barry Academy ke Perancis setelah berhasil meraih kemenangan di “World Gourmet Summit”
  • Tahun 2010, mendapatkan Young Chef Award setelah memenangkan kompetisi memasak di “Pantry Magic”
Queen of Pastry di Indonesia yaitu Chef Karen Carlotta
Queen of Pastry di Indonesia yaitu Chef Karen Carlotta

”Saya ingin resep kreasi saya bisa dipraktikkan dengan mudah oleh orang lain di rumah, kecuali resep menu di restoran nanti. Bagi saya, seorang koki harus bisa membagi ilmunya kepada orang lain,” ujar Karen yang dikutip dari Kompas.com.

Bagi kamu yang ingin melihat video dan foto-foto pastry kreasi Chef KC, bisa kamu lihat profilnya di sini : Karen Carlotta

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More