6 Sekolah Culinary Art yang Bikin Kamu Viral seperti Gordon Ramsay!

Kamu pasti familiar deh dengan Salt Bae meme, atau yang sedang viral saat ini, yaitu Chef Gordon Ramsay!

Salt Bae meme sebenarnya adalah seorang chef asal Turki bernama Nusret Gökçe. Sedangkan Gordon Ramsay adalah chef asal Inggris yang ramai dibicarakan saat ini berkat aksinya di acara TV Master Chef dan Hell’s Kitchen.

Respon lucu Gordon Ramsay di Twitter
Kritikan pedas tapi lucu dari Gordon Ramsay ke para tweeps menjadi viral di media sosial

Keduanya memiliki skill yang nggak bisa diragukan lagi. Kamu bisa lihat kemampuan memasak mereka di YouTube. Tidak hanya memasak, menjadi chef juga harus bisa menyajikan makanan secara cantik dan enak dipandang. Dalam dunia kuliner disebut dengan culinary art. Tujuannya selain untuk meningkatkan nafsu makan, juga untuk komersial.

Di luar negeri, culinary art dijadikan sebagai ilmu di jenjang universitas bagi mahasiswanya. Mengingat kuliner menjadi komoditi penting bagi perkembangan ekonomi dan parisiwata. Orang yang melakukan kegiatan culinary art disebut culinary artist. Profesi ini tidak terbatas hanya pada chef saja loh, namun juga barista, wine sommelier, dan bartender.

 


Baca Juga: Ini Dia Sekolah Chef versi HAHO!


 

Kali ini HAHO akan bahas culinary art untuk food dan pastry. Ini dia 6 sekolah culinary art di Jakarta!

  1. Maison Bleu

    Chef Hendry Ramaly Hutama
    Chef Hendry Ramaly Hutama, Founder Maisonbleu

    Sekolah Culinary Art ini berlokasi di Jakarta Utara, didirikan oleh Chef Hendry Ramaly Hutama, lulusan sekolah kuliner Le Cordon Bleu Pasadena, di California, Amerika Serikat. Maison Bleu Center of Culinary Art tak hanya memberikan sertifikat untuk profesional, namun juga untuk non-profesional.

    Program pelatihannya terdiri dari Professional Cooking, Professional Baking & Pastry, Junior Course, dan Short Course.

  2. Jakarta Culinary Center
    Jakarta Culinary Center
    Jakarta Culinary Center

    Institusi memasak pertama di Indonesia, yang mencetak enterpreneur & chef profesional. Di Jakarta Culinary Center kamu nggak cuma belajar memasak dan culinary art, tapi juga bisnis di bidang kuliner. Kamu akan dibimbing untuk membuat business plan.

    Program belajar yang disajikan adalah Beverage & Barista Program, Professional Program, Short Program: Mahir Memasak, Intensive Pastry & Bakery, Decorating Cake, hingga Manajemen Kulineri Profesional.

  3. Indonesia Patisserie School (IPS)

    Indonesia Patisserie School.
    Suasana belajar di Indonesia Patisserie School

    Indonesia Patisserie School adalah sekolah pastry pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan menu bervariasi.  Didukung dengan fasilitas dan peralatan yang lengkap, sekolah ini didirikan oleh Master Aing atau Djap Siau Kian yang memulai karirnya sejak tahun 1994 di dunia cake dan bakery.

    Djap Siau Kian
    Djap Siau Kian, Founder Indonesia Patisserie School

    Djap Siau Kian mengasah kemampuannya dengan belajar di Eropa, Singapura, Jepang, Taiwan, Malaysia, dan Australia. Kini dia membuka program kelas seperti Hunter TAFE, Basic Class, Intermediate Class, Superior Class, Cooking Class, Barista Class, Cake Decoration, dan masih banyak lagi.

    Sekolah ini khusus membangun skill kamu yang ingin menguasai Culinary Art untuk pastry.

     

  4. Imperial Cooking School Tokyo

    Imperial Cooking School Tokyo adalah sekolah masak yang didirikan pada tahun 2007 dengan pengajar langsung dari Jepang. Berbagai kalangan umur dapat mengikuti sekolah ini.Dibimbing oleh Executive Chef Hideyoshi Imai, kamu bisa langsung datang kapan saja tanpa perlu mendaftar. Pilihan menunya pun bervariatif, jadi kamu bisa bebas memilih menu yang ingin kamu pelajari.
  5. Bogasari Baking Center (BBC)
    Pelatihan Bogasari Baking Center
    Pelatihan Bogasari Baking Center

    Sebagai salah satu produsen produk terigu terkenal di Indonesia, Bogasari turut membuka kelas untuk membuat aneka makanan berbahan dasar terigu. Pengetahuan pembuatan makanan yang benar diberikan secara lengkap dengan pembagian teori 20% dan praktek 80%.  Biaya pelatihan sudah termasuk materi (modul dan resep), bahan praktek dan makan siang.

  6. ChezLely Culinary School

    Pendiri ChezLely Culinary School, Lely Simatupang meramu secara khusus kurikulum di sekolah ini sehingga lebih praktis. Sebelumnya Lely Simatupang pernah menimba ilmu 6 bulan di Le Cordon Bleu, sekolah masak tertua di Prancis.

    ChezLely Culinary School
    ChezLely Culinary School

    Program yang ditawarkan mulai dari profesional, reguler, pemula, remaja, hingga anak-anak. Serunya adalah ChezLely menyediakan program khusus setiap musim liburan tiba untuk remaja dan anak-anak.

Itu dia 6 sekolah yang menawarkan program culinary art di Jakarta yang bisa kamu datangi. Sebelumnya, liat dulu yuk salah satu contoh culinary art yang terbuat dari wortel, berikut ini videonya!

Bagaimana, termotivasi untuk belajar Culinary Art?

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More