Nasib Film Gundala Putra Petir Setelah Ditinggal Hasmi

Kabar duka masih menyelimuti dunia komik Indonesia, saat Harya Suraminata atau Hasmi pencipta komik Gundala Putra Petir meninggal dunia. Karyanya akan selalu dikenang oleh Indonesia sebagai penoreh sejarah dalam dunia komik.

Kalau Amerika punya Captain America, Iron Man dan Superman, Indonesia juga punya superhero yaitu Gundala Putra Petir, Godam, Panji Tengkorak dan Si Buta dari Gua Hantu. Komik Gundala Putra Petir digambarkan oleh empunya almarhum Hasmi pada tahun 1969. Gundala memiliki kekuatan petir yang terinspirasi dari tokoh legenda Jawa Ki Ageng Sela yang dikisahkan bisa menangkap petir. Namun secara bentuk fisik, Gundala menyomot inspirasi dari karakter The Flash ciptaan Gardner Fox dari DC Komik.

Hasmi semasa hidup telah menelurkan sejumlah karya, sebanyak 23 komik seri Gundala terbit di antara tahun 1969-1982. Selain penulis komik ia juga dikenal sebagai penulis skenario film dan skenario teater di tanah kelahirannya di Yogyakarta. Bagi Hasmi tiada hari tidak produktif sepanjang ia hidup. Dalam sebuah wawancara dengan media, keponakan Hasmi, Indira mengamini sosok Hasmi adalah sosok produktif, karena hampir tidak pernah absen menggambar. Setiap hari Hasmi selalu memegang alat tulis dan kertas untuk meluapkan semua idenya.

Satu Karya yang Belum Rampung

Kepergian Hasmi masih meninggalkan satu karya yang belum rampung, yaitu karyanya Gundala Putra Petir yang akan diangkat ke layar lebar. Hasmi pun sudah menyiapkan story board untuk bakal karya teranyarnya tersebut. Ia terlibat dalam proses pembuatan jalan cerita sampai kostum.

gundala-movie
Film Gundala Putra Petir yang masih diulur waktu rilisnya 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya bukan kali pertama Gundala Putra Petir eksis ke medium film. Sebelumnya pada 1981, Gundala Putra Petir pernah diangkat ke layar kaca. Film yang disutradarai oleh Lilik Sudijo ini dibintangi oleh Teddy Purba, WD Mochtar dan Ami Prijono.

Dalam jumpa pers tahun 2014 lalu, film layar lebar Gundala akan digarap oleh Mahaka Pictures yang bekerja sama dengan Bumi Langit Studio dan Brown Entertainment. Hanung Bramantyo pun didapuk sebagai sutradara. Awalnya film ini akan dirilis pada tahun 2016 ini, namun tampaknya akan molor sampai waktu yang belum ditentukan.

Hanung sendiri tidak bisa menjanjikan akan seperti apa film Gundala Putra Petir ini karena film ini kalau jadi adalah film superhero perdananya.

Selamat jalan Pak Hasmi, semoga film Gundala Putra Petir kelak bisa dinikmati oleh generasi muda.


Baca juga:

5 Film Iko Uwais yang Eksis di Kancah Hollywood

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More