Industri Kreatif Dimata Pandji Pragiwaksono dan Iga Massardi

Perkembangan dari hasil karya di industri kreatif pun beragam, namun bagaimana caranya untuk tetap berkarakter dan berkualitas?

Mulai dari musisi, industri kreatif dan digital, hingga bisnis dalam dunia entertainment hampir semua didominasi oleh anak muda.

Masa muda adalah masa yang berapi-api, maka tak heran banyak anak muda di dunia industri kreatif dan entertainment penuh dengan ide-ide segar luar biasa! Namun, permasalahannya adalah jika banyak ide-ide yang bermunculan, persaingan pasti semakin ketat.

Hal ini pun menggugah para pelaku industri kreatif dan institusi pendidikan di bidangnya untuk mengedukasi para anak muda. Salah satunya adalah SAE Fest yang sempat dihadiri Tim HAHO yang bertujuan  memberikan edukasi bagi para pelaku industri kreatif dan entertainment dengan saling berdiskusi di sharing session.

Dua anak muda Indonesia di dunia entertainment yang sukses di bidangnya masing-masing, Pandji Pragiwaksono dan Iga Massardi selain memiliki penggemar yang banyak, mereka juga menginspirasi banyak anak muda.

Bagaimana pandangan Pandji Pragiwaksono dan Iga Massardi mengenai indsutri kreatif dan dunia entertainment? 

1. Pandji Pragiwaksono

industri kreatif - Pandji Pragiwaksono
Komika Indonesia, Pandji Pragiwaksono

Salah satu Komika Indonesia ini sering kali menyuarakan pendapatnya kepada anak muda untuk tetap produktif dan berkarya. Begitu pun saat ditanya mengenai generasi millennials yang ingin masuk ke pasar internasional,

“Sebelum lo berharap pengen manggung di luar negeri atau breaking international stage, lo harus punya karya yang berkarakter”, ucap Pandji.

Menurutnya orang terlalu memikirkan terlalu banyak hal untuk bisa menembus pasar internasional. Padahal yang paling penting adalah artwork yang nantinya akan ditawarkan ke penonton

Yang kedua adalah memanfaatkan internet semaksimal mungkin! “Kebanyakan penonton gue tahu gue dari YouTube. Butuh kedisiplinan untuk bermain social media, untuk menyebarluaskan karya kita”.

Pandji pun memiliki prinsip untuk dirinya, “keinginan gue untuk sukses jauh lebih besar dari pada ketakutan gue untuk gagal. Kalau lo masih banyak takutnya, kemungkinan besar mimpi lo nggak gede”

 

2. Iga Massardi

Industri Kreatif - Iga Massardi
Vokalis & Gitaris band Barasuara, Iga Massardi

Vokalis sekaligus Gitaris band Barasuara ini dikenal dengan musikalitasnya yg nggak perlu diragukan lagi. Iga dan kawan-kawan Barasuara memang serius dalam menyajikan musiknya untuk para penikmat musik.

“Strateginya sebenernya latihan yang bener. Band lo latihan yang bener banget sehingga ketika live itu udah bagus, energinya gede, bandnya solid, sehingga energinya nyampe ke penonton. Akan nyampe ke yang ngundang lo, dan secara gak sadar orang akan nagih untuk nonton dan mereka akan menciptakan animo tersendiri.” ucap Iga dengan yakin.

Banyak saat ini anak muda yang memiliki band, namun lupa dengan karakter dan kualitas dari band itu sendiri. Maka, salah satu band Indonesia yang sedang hits di kalangan anak muda, yaitu Barasuara memberikan beberapa pengalaman mereka yang disampaikan oleh Iga Massardi.

Lalu saat ditanya bagaimana pengalaman Barasuara berkolaborasi dengan musisi lain, yang paling berkesan adalah saat berkolaborasi dengan musisi Jazz Indonesia, Indra Lesmana itu salah satu yang berkesan. “Gak heran dia tuh legend. Kalau lihat cara mainnya dipanggung… nggak usah ditanya lagi!”

Nah, baik Pandji Pragiwaksono maupun Iga Massardi sama-sama sepakat nih kalau ingin bertahan di dunia industri kreatif dan entertainment harus berkarakter dan berkualitas. Percaya deh kalau kamu mempunyai kualitas yang baik, penonton akan lebih menyukainya!

Let’s join HAHO untuk info selengkapnya mengenai profil mereka, sign up yuk di HAHO.CO.ID

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More