Murphy Radio, Band math-rock asal kota Samarinda merilis album penuh perdana bertajuk “Self-Title”.

“Dirilis oleh An Atmos Initiative, label independen asal Singapura. Murphy Radio menawarkan petualangan audio nan matematis dan emosional lewat nada-nada yang berkelindan.”

Graduation Song Menuju perjalanan ke-4 tahun musikalitas Murphy Radio dalam membuka fase baru dan sekaligus sukacita rasa syukur, Murphy Radio merilis “Self-Title”. Sebuah debut album penuh yang diproduseri oleh Arie Wardhana (Gitaris dari band metal Kapital) dan dirilis oleh label independen asal Singapura, An ATMOS Initiative per tanggal 18 agustus 2018. Album debut Murphy Radio ini adalah rilisan kedua An ATMOS Initiative semenjak memulai record label.

(Berasal dari kota Samarinda, Kalimantan Timur, Murphy Radio memilih genre Math-Rock sebagai identitas musikalitasnya)

Selayaknya algoritma dalam langkah-langkah/alur pikiran untuk menyelesaikan suatu masalah yang sifatnya logis dan sistematis. Murphy Radio, unit math-rock asal Samarinda, Kalimantan Timur ini merunut langkah-langkah/alur pikiran tersebut. Memulai input perdana-nya lewat “Naftalena” EP di tahun 2016, bermodalkan tiga track mereka menyambangi penikmat baru lewat tur mandiri ke delapan kota di Pulau Jawa. Lalu menabur single “Last Lonely Giant” di tahun 2017, merekam jejak audio-visual lewat video musik “Sport Between Trenches” yang diluncurkan per November 2017 yang menorehkan pujian positif dari beberapa media lokal Indonesia. Dan pada 10 Agustus 2018 Murphy Radio merilis single lanjutan, “Gracias” sebagai perayaan menuju peluncuran debut album penuh mereka.

“Self-Title” hadir dengan warna yang berbeda dibandingkan dengan EP “Naftalena” dan single “Last Lonely Giant”, baik dari segi karakter sound dan materi lagu. Murphy Radio mulai meminimalisir karakter nan progresif di album ini, dan memilih berfokus pada pendekatan yang emosional lagi energetik. Dengan nuansa twinkle, Midwest-emo dan math rock seperti Clever Girl, Bulletproof Tiger, Don Caballero, Ativin, Shiner, Sabot, P.E.E, serta Hurl. “Self-Title” menjadi sebuah produk audio yang hangat dan memacu saraf simpatik pendengarnya.

(Album penuh perdana Murphy Radio: Self-Title)

Dalam prosesnya—lead guitarist Wendra, drummer Amrullah, dan bassist— Aldi  Yamin merekam materi mereka di Backstage Studio Samarinda.  Proses rekaman untuk album ini dimulai dari bulan Maret 2018, semua pengerjaan audio (mixing dan mastering) juga dilakukan di Backstage Studio oleh Arie Wardhana selaku produser. Untuk artwork di album ini dikerjakan oleh Rahesa Rahmad, ilustrator asal Balikpapan.

Album ini adalah rangkuman dari frase musikal keseharian dan sudut pandang seorang anak perempuan. Fase dari sekolah, kelulusan hingga pendewasaan. Setiap lagu adalah representasi dari luapan emosi yang saling berkelindan merangkum perjalanan emosional dari si anak perempuan tersebut. Momen kesendirian, rasa syukur dan terima kasih kepada keluarga serta kerabat dekat, keterpurukan dari perpisahan, hingga bullying.

Murphy Radio:

Wendra (Gitar), Aldi Yamin (Bass), Muhammad Amrullah (Drum)

https://murphyradio.bandcamp.com/

https://www.facebook.com/mrphyradio

https://www.instagram.com/murphyradio/

https://www.youtube.com/c/murphyradio

Email: murphyradiorock@gmail.com

Kontak Person: +62-852-4694-0820 (Happy)

 

You might also like