Musisi yang Sering Mengisi Soundtrack Film

Soundtrack dalam sebuah film menjadi sebuah pelengkap. Bahkan, musik dari soundtrack ini menggambarkan tema dari filmnya.

Misalnya saja soundtrack terpopuler dari film Ada Apa Dengan Cinta, karya Melly Goeslaw. Ketika dengar lagunya pasti ingat filmnya, begitu pun sebaliknya. 

Sejarah soundtrack film Indonesia yang ditemukan adalah pada film Terang BoelanFilm yang dirilis pada tahun 1937 ini menggunakan lagu keroncong, sehingga menarik perhatian para penonton pribumi. Lalu, dalam buku Katalog Film Nasional yang disusun J.B. Kristanto mengenai film berjudul Pantjawarna yang dirilis pada 1941 diiringi dengan 12 lagu keroncong yang sedang hit pada masa itu.

Komposer musik Indonesia yang terkenal pada era film Indonesia tahun 70an dan 80an adalah Idris SardiBeberapa karyanya yang paling terkenal adalah Doea Tanda Mata karya Teguh Karya dan film Tjoet Nja’ Dhien karya Eros Djarot.

Komposer musik soundtrack Indonesia Idris Sardi dan anaknya, Santi Sardi.
Idris Sardi, komposer musik Indonesia yang terkenal pada era perfilman Indonesia tahun 70an dan 80an

Lalu, bagaimana dengan musisi Indonesia saat ini? Cek yuk karya mereka!

1. Melly Goeslaw

Melly Goeslaw musisi Indonesia yang sering mengisi soundtrack
Melly Goeslaw

Siapa yang tak kenal dengan Melly Goeslawsering dipercaya untuk membuat lagu untuk film. Soundtrack pertamanya yaitu untuk film AADC berhasil dan menjadi ikonik. Film lainnya yang juga sukses adalah Eiffel I’m In Love, Heart, Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, dan The Butterfly.


Baca juga : Kalo gak ada mereka, susah bikin film kolosal jadi keren!


2. Nidji

Nidji musisi Indonesia yang sering mengisi soundtrack
Nidji

Salah satu karya Nidji yang paling dikenal adalah lagu Laskar Pelangi untuk judul film yang sama. Lalu film 5cm, Sang Pencerah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan Supernova.

3. Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari musisi Indonesia yang sering mengisi soundtrack
Bunga Citra Lestari

Soundtrack film yang membuat nama BCL naik adalah “Saat Kau Pergi” untuk film Dealova (2005). BCL juga seringkali mendapatkan kesempatan untuk menyanyikan lagu untuk film yang dibintanginya, seperti Cinta Pertama, Hijab Traveler, Habibie & Ainun.

4. Rossa

Rossa-musisi Indonesia yang sering mengisi soundtrack
Rossa menyanyikan banyak lagu untuk film Indonesia

Rossa menjadi penyanyi yang sering hadir di film-film Indonesia. Lagu ciptaan Melly Goeslaw “Ayat-ayat Cinta” dinyanyikan olehnya. Sebut saja film Soekarno, ILY From 38.000 FT, dan Hijrah Cinta.

Musisi lain yang nggak kalah keren adalah Float (3 Hari untuk Selamanya), Indra Lesmana (Rumah Ke Tujuh), Sherina (Petualangan Sherina), Endah & Rhesa (Cinta dalam Kardus), /Rif (Spiderman), dan Astrid (Tusuk Jelangkung).

Kalau kamu musisi dan mau buat soundtrack film nggak ada salahnya untuk mencoba. Coba pelajari cara dan tips untuk membuatnya, karena memang nggak sembarangan loh #DoGeneration.

Salurkan bakatmu di HAHO dan join di website kita HAHO.CO.ID ! Bagi kamu pengguna android juga bisa download aplikasinya di Google Play Store. Selamat berkarya #DoGeneration!

You might also like