Sering Baca Komiknya? Ini Dia Profil 4 Seniman Web Comic Indonesia

web comic indonesia
Beberapa Web Comic yang Populer di Masyarakat Indonesia.

Web comic Indonesia bukanlah hal baru bagi para netizen, baik di dalam dan luar negeri.

Seringkali berisi sekedar unsur humor maupun pengalaman pribadi pembuatnya. Web comic Indonesia juga tak kalah menghibur dengan web comic mancanegara, misalnya seperti Komikazer, Tahilalats, dan Si Juki yang memiliki karakter dan cara penyampaian masing-masing.

Nah, siapa aja, sih, para komikus web comic yang berasal dari tanah air Indonesia? Kali ini, HAHO akan membahas profil dan kreasi web comic mereka yang dijamin bikin kamu ketawa!

Komikazer

web comic Indonesia
Reza Mustar, komikus Komikazer. Sumber: Provoke Online.

Seniman web comic Indonesia yang memiliki nama asli Reza Mustar ini cukup dikenal sebagai komikus yang nggak cuma aktif di dunia web comic; ia juga seringkali berpartisipasi dalam pameran seni yang digelar di berbagai tempat di Jakarta. Komikazer seringkali menyelipkan unsur sosial politik maupun opini pribadi dalam keseharian masyarakat Indonesia, sehingga komik-komik buatannya terlihat begitu familiar.

web comic indonesia
Contoh Unsur Kehidupan Sehari-hari dalam Komikazer. Sumber: Twitter Komikazer.

 

Tahilalats

Nurfadli Mursyid, Sosok di Balik Web Comic Tahilalats. Sumber: Antara News.

Komik-komik buatan kreator web comic lokal yang satu ini cukup populer di segala media sosial yang dinikmati oleh berbagai kalangan usia, terlihat dari followers akun Instagram pribadinya yang berjumlah lebih dari 2 juta orang,  Gaya gambar yang simpel, ekspresi wajah dari karakter-karakternya dan unsur twist dalam komiknya merupakan keahlian komikus yang satu ini. Nggak cuma itu, komikus bernama Nurfadli Mursyid ini juga membuat komik-komiknya dalam versi bahasa Inggris.

web comic indonesia
Seringkali Ada Unsur “Twist” dalam komik Tahilalats. Sumber: Tahilalats.

 


Baca Juga: Cara Menggambar Karakter Kartun dengan Berbagai Ekspresi dan Posisi!


 

Si Juki

web comic indonesia
Faza Meonk, pembuat karakter dan komik Si Juki. Sumber: Majalah SWA.

Faza Ibnu Ubaydillah Salman yang lebih akrab dipanggil dengan Faza Meonk adalah nama asli pembuat web comic yang awalnya hanya untuk iseng. Eksis di LINE Webtoon, komik Si Juki sebagian besar berisi seputar kehidupan masyarakat kuliahan Indonesia seperti lingkungan kos dan kampus. Tapi nggak hanya itu, lho, Si Juki juga sering mengangkat tema-tema budaya dan fenomena nasional, seperti berita-berita yang tengah heboh di media. Selain itu, komik-komiknya juga diangkat ke dalam buku dan film animasi.

web comic indonesia
Gambaran kehidupan kampus dalam komik Si Juki. Sumber: Si Juki.

 

Masdimboy

web comic indonesia
Adimas Bayu, si kreator Masdimboy. Sumber: Flickr.

Adimas Bayu, seorang komikus online yang lebih dikenal dengan Masdimboy merupakan salah satu contoh komik strip Indonesia yang terbilang sederhana namun tetap menghibur, terlihat dari gaya ilustrasi yang hanya menggunakan warna hitam-putih tapi tetap berhasil menyampaikan pesan dan humor secara maksimal ke pembacanya. Isi komiknya sebagian besar berisi tentang kejadian-kejadian yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita yang dilihat dalam televisi dan dialog antara penumpang dan supir angkutan kota.

web comic indonesia
Komik Sederhana yang Mengundang Tawa Buatan Masdimboy. Sumber: Twitter Masdimboy.

 

Nggak hanya di Indonesia, karya-karya mereka bahkan bisa terkenal hingga mancanegara, lho. Kalau kamu punya web comic untuk dipamerkan, tunggu apa lagi?

Gimana? Ngerasa komik buatan kamu bisa lebih menarik dari mereka? Ayo gabung di HAHO.CO.ID dan mulai tunjukkan kebolehan kamu menggambar komik di sini!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More