4 Cara Promosi Band Tanpa Budget Mahal

Punya band tapi masih bingung cara promosi band atau acara seputar band kamu?

Punya band nggak sebatas wajib punya karya bagus saja, tapi kita juga harus paham cara promosi band kita. Promosi ini emang kadang bikin senewen, apalagi kalau sebuah band tertentu gak punya dana lebih untuk promo.

Tapi di era serba canggih ini kamu nggak perlu punya banyak uang, kok, untuk promosikan bandmu. Kamu bisa promosi band kamu dengan low budget namun dengan dampak promo yang sama besarnya dengan orang-orang yang memiliki budget besar. Gimana caranya?

Simak nih, cara murah promosi band di kancah musik Indonesia!

1. Kekuatan press release

Press release ini merupakan cara termudah agar band atau event band kita dilirik oleh media. Asiknya, press releases ini bisa kamu kerjakan sendiri bersama teman-teman di band.  Apa saja sih informasi yang harus ada di press release? Tentu informasi terkait band atau event band yang akan kamu gelar seperti apa nama acaranya, dimana, kapan, apa cerita menarik dari band kamu. Kalau masih bingung kamu bisa bertanya kepada teman-teman sesama band soal press release.

Lalu setelahnya kamu bisa mengirimkan ke media. Gimana cara mendapatkan alamat email media besar? Jangan malas browsing atau tanya langsung alamat email ke media yang kamu mau tuju lewat akun media sosial mereka!


Baca Juga: Additional Player dalam Band, Kenapa Nggak?


2. Kreatif menggunakan media sosial

Mempromosikan band nggak perlu budget mahal kok!

Pemakaian media sosial udah bukan hal baru dalam mempromosikan sesuatu. Tapi jika kalian mau promosi band atau event band kalian kamu harus menggunakan sedikit kreativitas agar lebih dilirik. Buat gimmick di Instagram tentang upcoming single yang band kamu mau rilis. Lakukan sedikit effort untuk membuat video teaser beberapa detik untuk kamu upload di Instagram, Facebook dan YouTube. Posting Twitter secara berkala update-an terbaru tentang bandmu. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah promo band kamu di akun sosial media pribadimu.

Satu lagi marketspace yang bisa kamu coba untuk mempromosikan bandmu secara gratis adalah HAHO.CO.ID. Kalian cuma perlu lengkapi profil, unggah foto dan video promo bandmu.

3. Kolaborasi dengan band lain

Nggak cuma berkolaborasi dalam karya, kamu juga bisa berkolaborasi dalam urusan promo. Minta bantuan teman sesama band untuk mempromosikan band-mu di akun sosial media mereka. Buang pemikiran kompetisi, karena sesama musisi harusnya sama-sama membangun iklim saling support satu sama lain. Siapa tahu, dari saling support promosi, band kamu bisa menghasilkan karya bareng mereka, kan?

4. Buzzer ala orang-orang terdekat

Kalian juga bisa memanfaatkan teman-teman atau keluarga terdekat untuk membantu mempromosikan band kamu di akun sosial media mereka. Di sini, karya terbaikmu jadi modal utama, kalau karyamu emang bagus mereka pasti dengan sukarela melanjutkan word of mouth tentang band kamu, kok!

Ok, #DOgeneration…selamat mencoba dan semoga sukses ya!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More