7 Tips Cari Kerja di Dunia Creativetainment

Cari kerja di dunia creativetainment itu susah-susah gampang.

Cari kerja atau memulai karir di dunia creativetainment memang cukup menarik untuk ditelisik. Sebagian orang malah menaruh harapan bisa terjun di dalamnya. Tapi banyak juga yang hanya sebatas berharap, karena terlanjur menyerah sebelum benar-benar mewujudkan mimpinya untuk menjadi bintang.

cari kerja

Sebenarnya di jaman serba cepat dengan kehadiran internet ini, kita memiliki peluang besar untuk masuk ke dunia creativetainment. Siapa saja bisa ambil bagian di panggung kreatif dan hiburan. Namun banyak juga yang masih bingung gimana sih memulai karirnya di industri ini.

Nah, berikut ini HAHO mau ngasi 7 tips buat cari kerja atau memulai karir di dunia creativetainment. Simak, ya…

1. Tentukan minat dan bakatmu

Bisa nyanyi, bisa akting, bisa jadi MC, tapi bingung mau seriusin yang mana? Coba deh, temukan minta dan bakatmu yang paling kuat agar kamu bisa fokus pada satu hal. Ingat, sebelum Raditya Dika dikenal sebagai penulis, sutradara, produser, vlogger, aktor dan stand up comedian, ia lebih dulu dikenal sebagai blogger, lho. Kuncinya adalah fokus dulu pada satu hal, supaya kamu juga bisa maksimal mengerjakannya.

cari kerja
Sebelum jadi multi-profesi seperti sekarang, Raditya Dika memulai karirnya sebagai blogger (sumber: kapan lagi)

2. Berguru pada mentor

Untuk menjadi lebih baik, nggak ada salahnya kita berguru ke mentor yang memiliki pengalaman lebih banyak dari kita. Agar apa yang kita kerjakan juga lebih baik lagi. Sebelum Joey Alexander mengisi panggung Grammy Awards 2016, ia lebih dulu meniti karirnya dari cafe kecil. Joey juga sempat mendapat bimbingan dari Indra Lesmana.

 


Baca di sini:

Joey Alexander sekali lagi masuk nominasi Grammy Awards 2017


3. Manfaatkan aplikasi social network

youtube

Di era digital ini, media sosial bisa menjadi “panggung” untuk kita unjuk bakat. Manfaatkan social network sebaik mungkin. Justin Bieber sebelum jadi superstar lebih dulu dikenal lewat YouTube. Nggak cuma Bieber, banyak sekali artis ngetop yang lahir dari sosial media. Contohnya kalau dari YouTube sendiri ada Cody Simpson, Greyson Chance, G.A.C dan Raisa. Di Instagram ada Chandra Liow, Devina Aurel dan Yoga Arizona. Bahkan, sekarang ini banyak sekali talent management yang langsung mencari calon artis lewat media sosial.


Untuk kamu yang ingin pamer portofolio dan profile kamu di bidang creativetainment, join HAHO di sini


4. Bangun imej secara digital

Selain memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan bakatmu, gunakan juga medsos untuk membangun imej agar mudah dikenali orang. Tapi bukan berarti jaim, lho, ya. Misalnya, kalau kamu mau ingin dikenal sebagai seleb yang lucu maka penuhi feed media sosialmu dengan konten yang lucu. Kalau kamu mau jadi penyanyi, buat jadwal upload covering lagu atau lagu ciptaan sendiri. Kalau kamu mau lebay manja ala Syahrini kamu bisa memulai dengan ciri khas atau hashtag unik buatanmu.

cari kerja
Abel, musisi yang terkenal dengan melakukan cover song bertema nama-nama wanita via Youtube.

5. Ikut casting

Banyak sekali jadwal casting yang terbuka untuk umum. Namun, di sini kita harus lebih hati-hati menyeleksi. Pantau akun media sosial sutradara ataupun rumah produksi karena biasanya mereka sering memberikan info casting. Atau kalau kita mendapat pesan singkat, coba di double check lagi kepada pengirim untuk menghindari penipuan.

6. Bekerja di media massa atau di industri film

Dengan mengenal pekerjaan di balik layar, calon bintang jadi bisa lebih belajar dan menghargai para pekerjanya. Nama Aming mulai melejit saat ia berperan di Extravaganza. Namun sebelum itu, ia dikenal sebagai stylist untuk majalah dan produksi film. Fitrop, Desta dan Ringgo Agus Rahman lebih dulu dikenal sebagai penyiar radio, baru kemudian mereka merambah dunia hiburan.

 

cari kerja
Karir Fera Queen mulai menanjak setelah mengikuti ajang kompetisi adu bakat X-Factor Indonesia (in frame: Interview Fera Queen dengan HAHO team)

 

7. Ikut kompetisi pencarian bakat

Sering dipuji karena suara bagus, jago akting atau melucu? Coba deh, adu kemampuan bakat kamu lewat ajang kompetisi. Meskipun banyak yang skeptis karena bumbu drama di dalam ajang kompetisi, tapi nggak dipungkiri kompetisi pencarian bakat ini memang jalur masuk paling cepat ke dunia creativetainment.

 

So, gimana #DoGeneration? Jadi lebih semangat dong buat mewujudkan mimpimu untuk cari kerja atau memulai kiprah di dunia creativetainment? Yuk, join HAHO sekarang.

 

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More