Suka Akting? Cobain Tips dari Aktor-aktor Kelas Dunia Ini

Akting adalah salah satu profesi yang paling populer di dunia hiburan.

Profesi akting begitu menantang dibarengi dengan segudang imbalan yang akan diterima oleh pelakunya, baik aktor maupun aktris. Seperti profesi lain di industri hiburan, para pelaku seni peran adalah orang-orang yang menyukai pekerjaan ini sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

Namun suka akting aja gak cukup. Nonton aktor berwajah cakep tapi gak bisa akting pasti bikin kamu gemes. Buat kamu yang pengen jadi aktor dengan paket komplit, kamu perlu tau tips and trik dasar untuk menuju ke sana. Check these out!

akting
Aktor yang mencintai profesinya akan lebih mudah menemukan kekuatannya.

Daftar Kelas Akting

Kelas akting bakal berguna buat nemuin kekuatan kamu dalam mengolah seni peran. Ada aktor yang kuat dalam komedi, ada yang powerful di drama. Kelas akting akan ngajarin kamu mengembangkan karakter, bekerja dengan aktor lain dan belajar mengikuti arahan sutradara. Ada baiknya kamu mengikuti jenis kelas sesuai potensi dan kebutuhanmu.

Eksplorasi Teknik Berakting

Beberapa teknik yang bisa kamu pelajari untuk belajar memasuki dan menggambarkan emosi, sebagai berikut:

  • Metode Stanislavski adalah metode yang digunakan untuk membangun karakter, termasuk menganalisa skrip. Contoh aktor yang mengikuti metode ini adalah Marilyn Monroe.
  • Teknik Meisner fokus pada pengembangan karakter secara spontan atau berdasarkan respon lawan main. Yang mengikuti metode ini adalah Tina Fey dan Naomi Watts.
  • Metode Akting melibatkan adaptasi perilaku dan pola pikir dari karakter yang kamu perankan selama durasi produksi. Aktor yang mengadopsi metode ini adalah Kate Winslet dan Natalie Portman.

 

Pelajari Peran yang Berbeda

Setelah berhasil mengidentifikasi kekuatanmu sebagai aktor dengan tipe karir yang dipilih, mulailah belajar dari ahlinya. Jika ingin berakting di industri film, pelajari akting Meryl Streep, Anne Hathaway dan Judi Dench. Jika komedi sketsa adalah tujuanmu, tontonlah Saturday Night Live. Jika kamu ingin menjadi aktor panggung, datangi teater lokal dan ambil peran secara reguler.

 


Baca di sini: 7 Teknik Dasar Kemampuan Akting Teater yang Harus Dipelajari


Amati Perilaku Orang Lain

Latihan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah melalui interaksi sehari-hari. Pelajari respon emosional di berbagai situasi untuk mengembangkan jangkauan emosi yang berbeda. Dengan mempelajari ekspresi wajah, pola bicara dan bahasa tubuh orang lain, akan memberikan ide bagimu membuat karakter.

akting
Saturday Night Live – salah satu program yang terkenal menjadi ajang pembuktian para aktor untuk berkemampuan berakting spontan dan variatif (sumber: Hollywood Reporter)

Kembangkan Keahlian dan Bakat Unik

Banyak panggilan casting untuk aktor dengan keahlian khusus seperti kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa, bermain alat musik, atau keahlian lain. Sangat disarankan untuk memiliki bakat unik yang dapat membedakan dirimu dengan aktor lainnya. Selain itu, bakat ini dapat memberikan kedalaman karakter yang kamu perankan.

 

Membaca Literatur Akting

Banyak buku yang sangat dianjurkan untuk dibaca agar dapat menjadi aktor yang lebih baik. Misalnya:

  • The Art of Acting oleh Eka D. Sitorus
  • The Intent to Live oleh Larry Moss
  • Audition oleh Michael Shurtleff

 

Sudah siap menjadi aktor yang baik? Atau mungkin kamu ingin mencoba berbagai karakter di area yang bervariasi? Coba join ke HAHO dan apply job akting sebanyak-banyaknya hingga kamu dapat menemukan karakter terbaikmu. Selamat mencoba, ya, #DoGeneration!

 


Baca juga:

Jangan Remehkan Pemeran Tambahan

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More