Menaklukkan Casting Director Itu Mudah, Asalkan…

Ketemu info casting, tapi belum tau cara lulus casting? Baca di sini caranya!

Tutorial – HAHO Media. Berhadapan dengan Casting director emang selalu bikin deg-degan. Makanya kamu perlu tau caranya menarik perhatian si penentu keputusan ketika kamu audisi!

Casting director saat audisi adalah sosok yang paling menakutkan bagi seorang aktor ataupun aktris. Ingat, meskipun casting director memegang kendali “nasibmu” tapi mereka bukan orang yang harus ditakuti. Karena di saat kamu takut, hal itu akan mempengaruhi fokus serta emosimu dan berdampak pada apa yang akan kamu sampaikan saat casting.

Berikut 8 tips untuk menarik perhatian casting director saat casting:

1. Jangan terlambat

info casting

 

Kemacetan ibu kota bukan alasan kita datang terlambat. Manajemen waktu yang baik tercermin dari kebiasaan kita menghargai waktu janjian. So, datanglah tepat waktu atau lebih awal. Nggak ada ruginya datang lebih awal, kita bisa berkenalan dengan teman sesama audisi dan latihan lagi sebelum masuk ruang audisi.

2. Jangan terlalu sering minta maaf

Grogi saat casting kadang emang nggak bisa dihindari, dan seringnya hal itu merusak performa kita dihadapan casting director. Tapi hal yang perlu diingat seberapapun kesalahan yang kamu buat, jangan sering meminta maaf karena hal itu akan memperlihatkan bahwa kamu tidak percaya diri. Selain itu, terlalu sering minta maaf juga membuang waktu yang kamu punya saat bertemu casting director.

 

casting director
In frame: Ellen Lewis dan Martin Scorsese – Ellen Lewis adalah salah satu casting director yang telah bekerja di berbagai film kelas dunia  (sumber: imdb)

3. Jangan terlalu banyak alasan

Selain jangan terlalu sering minta maaf, hindari juga memberi terlalu banyak alasan. Saat berbuat kesalahan, langsung perbaiki dan kembali fokus. Belajar dari kesalahan dan move on!

4.  Ingat, kamu adalah “bintangnya”!

Saat kamu diundang untuk audisi, ingatlah kamu tidak dipaksa untuk datang tapi sebagai tamu undangan. Lakukan yang terbaik dan nikmati setiap prosesnya. Kalau kamu tidak nyaman dengan apa yang kamu tampilkan, casting director bisa merasakan hal yang sama. Saat memasuki ruangan, tunjukkan rasa percaya dirimu dan beri alasan kepada casting director bahwa kamu memang pantas mendapatkan peran.

 

casting director
NIna Gold adalah casting director untuk Game Of Thrones, Starwars : The Force Awakens, Les Miserables, The King’s Speech dan masih banyak lagi (sumber: Game of Thrones Wikia)

5. Kerjakan PR-mu dengan baik dan benar

Beruntung bagi kamu yang sudah mendapatkan skrip di awal sebelum casting karena kamu bisa mempelajarinya di rumah. Lakukan riset dari berbagai sumber, bermonolog ria sesering mungkin untuk mendalami karakter, dan belajar blocking. Metode belajar ini juga harus dilakukan bagi kamu yang belum mendapatkan skrip. Casting director bisa melihat mana calon aktor dan aktris yang melakukan PR-nya dengan benar mana yang tidak.

 

6. Teamwork dengan partner

Partner dalam casting agak sedikit tricky. Karena di sini kita harus menunjukkan kebolehan kita tanpa menenggelamkan partner. Teamwork yang baik sangat diperlukan. Observasi sekitar, lihat dan dengarkan.

 

(On video: Judy Taylor sebagai casting director untuk Disney Channel, termasuk yang ‘menemukan’ Zac Efron sebagai bintang High School Musical)

7. Jangan meniru, be creative!

Meniru gaya orang lain sangat tidak dianjurkan. Tunjukkan sesuatu yang unik dari dirimu. Jadilah seorang aktor dan aktris yang kreatif. Mengambil insprasi dari idola boleh, tapi jangan jadi copycat. Casting director sangat jeli melihat orang yang plagiat.

 

8. Bring your personality

Separuh dari aktor adalah apa yang tertulis di skrip dan separuhnya lagi adalah sifat aslinya sendiri. Selain keahlian yang kamu punya, attitude yang baik punya peran yang sangat penting untuk membawamu menjadi bintang besar.

Udah siap ikut casting dan ‘menaklukkan’ sang casting director? Pastikan kamu mencoba satu-persatu tips di atas ya, dan jangan cepat menyerah di satu atau dua kegagalan audisi. Karena semakin banyak kamu mengikuti casting atau audisi, maka akan semakin mudah buat kamu beradaptasi dengan atmosfir menegangkan di ruangan casting berikutnya.


Buat kamu yang ingin langsung mempraktekkan tips di atas, yuk buka HAHO dan temukan info casting yang sesuai dengan keinginanmu!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More