Additional Player dalam Band, Kenapa Nggak?

Pernahkah kamu melihat satu atau beberapa pemain musik yang gak kamu kenali personelnya saat tampil di panggung? Mungkin dia adalah seorang additional player.

Nah, sebenarnya apa sih additional player dalam sebuah band?

Jika kita membicarakan mengenai sepak terjang seorang musisi, sebagian besar dari mereka pernah bermain sebagai additional player. Skill mereka juga nggak kalah keren loh! Karena mereka juga harus bisa menyesuaikan permainan musik dan masuk ke dalam band yang mereka isi.

Contohnya adalah grup band asal Jogjakarta, Sheila on 7 yang sempat ditinggal drummernya, Anton. Lalu Brian bermain setiap Sheila on 7 tampil secara live. Akhirnya Brian pun menjadi personel tetap Sheila on 7 hingga saat ini.

Selanjutnya gitaris Iga Massardi yang juga pernah mengiringi gitar untuk band Tika & The Dissidents, Soulvibe, dan Raisa. Meskipun Iga Massardi memiliki band sendiri, namun tidak menutup kemungkinan posisi ini dijalani oleh mereka. Justru hal ini dijadikan profesi tambahan bagi seorang musisi.

Terus sebenarnya additional player tuh ngapain aja sih?

  1. Mengisi kekosongan personel sebuah band
    Band biasanya memiliki personel yang masing-masing memiliki spesialisasi alat musik yang dimainkannya. Namun, bagaimana jika salah satu personel kamu tidak dapat hadir atau mengundurkan diri? Sedangkan kamu akan manggung dalam waktu dekat.

    Agung Yudha
    Agung Yudha, sempat menjadi additional yang akhirnya menggantikan Tyo Nugros di Dewa 19 Sumber: metrotvnews.com

    Nah, mereka dibutuhkan untuk mengisi kekosongan personel dan bermain untuk band atau penyanyi tersebut. Hal ini pernah terjadi saat Tyo Nugros sempat vakum dari Dewa 19 (yang pada akhirnya memutuskan untuk keluar), posisinya pun diisi oleh Agung Yudha.


    Baca juga : Tertarik Jadi Road Manager? Intip Tipsnya Di Sini!


  2. Butuh personel untuk tambahan instrumen musik?
    Musisi membutuhkan pemain tambahan dalam setiap penampilan mereka secara live. Sebut saja drummer Echa Soemantri yang sering menjadi pengiring untuk Glenn Fredly, Tompi, dan Indra Lesmana.

    Penampilan RAN saat panggung
    RAN dengan para additional player saat tampil secara live

    Biasanya mereka membutuhkan additional player untuk memainkan instrumen tertentu, misalnya RAN yang seringkali membawa 5 pemain tambahan setiap mereka tampil. Sama juga kondisinya saat band atau penyanyi butuh harmonisasi gitar, atau butuh pemain piano dalam lagunya, serta pemain instrumen lainnya.

 

Tipsnya sebagai additional player adalah tingkatkan skill kamu dan mampu membaca nada atau not musik. Dibutuhkan dalam beberapa penampilan musisi kamu pun harus fleksibel dan mampu menyesuaikan dengan genre musik yang akan dimainkan.

 

Dari pada bingung, coba aja gabung yuk di HAHO.CO.ID jika kamu membutuhkan additional player di band kamu!

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More