6 Cara Simpel Jadi Makeup Artist Profesional

Makeup Artist Profesional jadi karir yang sedang digandrungi karena semua orang ingin dan butuh tampil berbeda. Jika dilihat sekilas, pekerjaan Makeup Artist ini memang menyenangkan. Tapi siapa bilang profesi ini tidak penuh tantangan?

Selalu ada tantangan baru pada setiap klien yang ditangani seorang Makeup Artist, karena fitur wajah setiap klien pasti berbeda-beda. Kepuasan yang didapatkan adalah ketika kita mampu mengaplikasikan makeup dan membuat orang terlihat lebih baik atau malah menjadi karakter yang jauh berbeda dengan aslinya.

Kesempatan karir seorang makeup artist cukup luas, mereka bisa bekerja di stasiun TV, teater, toko kosmetik, bahkan menjadi seorang freelance makeup artist yang bekerja mandiri. Skill mendandani orang ini bisa dipelajari melalui banyak cara. Secara otodidak, kursus ataupun mengambil kelas diploma.

makeup artist
Untuk menghasilkan foto sebaik ini, selain teknik fotografi yang handal, seorang Makeup Artist juga mengambil andil yang besar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pra Makeup

Seorang Makeup Artist harus memiliki skill yang sangat penting sebelum mereka mengangkat kuas. Mereka harus mempelajari jenis kulit, bentuk rahang dan berbagai hal mengenai kulit sang klien. Hal ini sangat berguna untuk menentukan banyak hal, sebagai contoh, produk, warna dan jenis pelembab apa yang cocok digunakan dan seterusnya. Mempelajari bentuk tulang juga dapat membantu untuk memilih karakter dalam makeup yang akan diaplikasikan.

makeup artist
Penguasaan makeup yang cocok untuk berbagai suasana dibutuhkan oleh Makeup Artist agar ia dapat bekerja di skala yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saat Pengaplikasian

Setelah hal diatas dikuasai, seorang penata rias wajah akan dapat menentukan pelembab, foundation, warna hingga pembersih apa yang akan digunakan saat nanti akan dihapus. Mereka juga pasti akan menguasai makeup yang cocok untuk acara atau suasana yang berbeda. Dibutuhkan orang yang sangat profesional dan kreatif untuk ajang besar seperti teater, photoshoot, catwalk dan film. Karena kebutuhan untuk ajang seperti ini pasti memiliki banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

alat makeup artist
‘Gear’ seorang penata rias wajah sering jadi penentu agar ia dapat berkreasi lebih banyak dan menghasilkan karya yang sempurna

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat-alat Yang Diperlukan

Seorang profesional memiliki alat makeup yang lengkap, mulai dari kuas, spons, airbrush hingga berbagai macam jenis dan warna makeup. Bahkan untuk seorang Makeup Artist yang mendandani teater, alat yang dibutuhkan lebih beragam. Misalnya rambut palsu, anggota badan palsu, kumis palsu hingga ke cat badan. Perlengkapan ini pasti bisa kamu miliki seiring berjalannya waktu.

two-face-635837_1920

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepribadian dan Karakteristik

Untuk menjadi Makeup Artist yang sukses, tentu saja kamu harus menjadi orang yang kreatif dan artistik. Senang bereksperimen dengan ide dan material yang baru, dan bisa membedakan mana yang baik dan kurang baik. Jam kerja yang akan dihadapi seringkali panjang dan konstan, maka dari itu kesehatan fisik tentunya diperlukan dalam menjalani profesi ini. Skill komunikasi yang baik juga sangat diperlukan untuk menghindari salah paham antara klien dan seorang Makeup Artist.

makeup artist
Puspita Martha Beauty School adalah salah satu sekolah yang telah menelurkan banyak makeup artist siap kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sertifikasi

Di Indonesia sendiri belum ada hukum yang mengatur agar seorang MUA harus memiliki lisensi untuk beroperasi. Namun, jika kamu berminat untuk bekerja pada korporasi, sebagai contoh stasiun tv dan toko kosmetik, memiliki sertifikat kursus/diploma tentu dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan ini. Salah satu sekolah makeup artist yang telah menelurkan banyak makeup artist profesional contohnya adalah Puspita Martha dari Martha Tilaar Group. Berbagai nama besar telah dilahirkan dari sekolah yang khusus melatih makeup artist menjadi profesional dan bersertifikat ini.

 

Ekspos Dirimu Sebagai Makeup Artist Profesional!

Di HAHO kamu dapat mempromosikan skill dan keahlianmu kepada audience yang tepat. Dengan meng-upload portofoliomu secara online, calon klienmu akan dapat melihat langsung hasil kerjamu dan siapa tahu langsung memperkerjakanmu. Begitu pun sebaliknya, kamu dapat meng-apply pekerjaan kepada perusahaan di bidang creativetainment atau bekerja dengan public figure yang selama ini kamu impikan. Sign up sekarang, buat profil selengkapnya, dan mulai tunjukkan siapa dirimu kepada dunia.

 

So #DoGeneration, apakah kamu siap berlatih dan menjadi salah satu dari mereka?

 


Baca di sini:

Serba-Serbi Makeup Character dan Special Effect yang Perlu Kamu Kulik!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More