Serba-serbi Makeup Character dan Special Effect yang Perlu Kamu Tahu

Apakah kamu makeup enthusiast? Pasti tahu dong, tentang makeup character. Apalagi, di YouTube para beauty blogger memberikan tutorial tersebut di channel mereka.

Makeup character ini memang membutuhkan skill khusus, jika kamu pernah melihat tutorial makeup character, pasti tahu perbedaannya dengan makeup biasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, kali ini HAHO akan memberikan kamu serba-serbi tentang makeup character:

Kenali perbedaan dasar antara makeup dan makeup character

HAHO makeup character - Mega Dhiu - portfolio face painting
Salah satu hasil makeup character Mega Dhiu. Sumber: megadhiu.wixsite.com

Meskipun sama-sama disebut makeup, faktanya kedua hal ini berbeda, lho. Untuk makeup dasar, paling tidak kamu harus mempunyai foundation, bedak, blush on, eyeliner, maskara, dan lipstick. Untuk makeup character, kamu harus memiliki alat makeup tambahan.

Pada umumnya makeup jenis ini digunakan untuk pertunjukan teater, film, sandiwara, maupun acara cosplay untuk memunculkan karakter yang diperankan. Maka dari itu dibutuhkan alat yang mampu membentuk detail-detail di bagian wajah sehingga mampu memunculkan watak tokoh yang diperankan.

Selain itu, pilihan warna juga harus beragam, mencolok, serta menggunakan foundation yang lebih banyak. Kamu juga harus memiliki skill menggambar serta mempelajari kontur wajah.


Baca juga: 5 Jagoan Make Up Character Indonesia yang Karyanya Nggak Main-main!


Hal yang perlu diperhatikan dalam merias wajah karakter

HAHO - Angelina Jolie dalam film Maleficent contoh makeup character
Makeup character pada film Maleficent untuk menguatkan karakter. Sumber: The Hollywood News

Di Indonesia, kita punya Iwang Sadewa, yang juga memberikan tips di blognya mengenai skill untuk makeup character. Menurutnya, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yaitu menganalisa gambaran watak yang diinginkan dan mewujudkan gambaran watak tersebut.

Selain itu, kamu juga harus paham mengenai karakter apa yang akan kamu tunjukkan. Misalnya, usia, karakter, jenis kelamin, dan watak tokoh yang diperankan. Deskripsi ini penting untuk penggunaan riasan apa yang akan diaplikasikan, sehingga mampu memunculkan karakter yang dimaksud.

Lalu, alat apa saja sih yang dibutuhkan untuk makeup character dan special effect?

Pada dasarnya kamu tetap butuh alat makeup  yang umum digunakan sehari-hari, dilansir dari Vancouver Sun, ini dia alat makeup yang kamu butuhkan

1. Anti-shine Gels

HAHO - anti shine gel matte - makeup character
Anti shine gel dalam bentuk matte, menghindari efek berminyak pada wajah. Sumber: Makeup Withdrawal


Alat makeup yang satu ini bekerja lebih baik dibandingkan bedak. Bentuknya seperti foundation matte, membuat makeup lebih tahan lama dan tidak menimbulkan kesan berminyak pada wajah. Hal ini menghindari kemungkinan dari lunturnya makeup yang kamu gunakan.

2. Beauty Blender Sponge

Jenis sponge ini memberikan efek yang sempurna untuk makeup. Mampu menutup secara rata pada wajah. Maka dari itu, penggunaan sponge jenis ini disarankan, untuk membuat foundation kamu lebih menyatu dengan kulit wajah.

3. Latex Glue for Skin

Liquid latex untuk makeup character
Liquid latex yang dibuat khusus untuk makeup character dan special effect. Sumber: Makeup Forever

Lem berbahan lateks ini khusus digunakan untuk makeup, bahannya dibuat sedemikian rupa sehingga aman digunakan untuk wajah. Latex glue biasanya digunakan untuk efek luka yang terkelupas.

4. Fake Blood

Fake Blood untuk Makeup Character
Fake blood yang khusus digunakan untuk makeup special effect. Sumber: Graftobian

Fake blood ini memang diproduksi untuk membuat efek darah palsu. Untuk membuat efek luka agar lebih nyata. Bahan serta warnanya pun dibuat aman untuk penggunaan di kulit.

5. Adhesive Gum for Make Up

HAHO - Special makeup Adhesive gum untuk makeup character
Adhesive gum untuk makeup character ini digunakan untuk melekatkan efek luka. Sumber: Makeup Forever

Lem jenis ini digunakan untuk merekatkan suatu bahan yang menyerupai kulit, sehingga dapat menempel pada wajah atau bagian tubuh lain. Misalnya, jika kamu ingin menggunakan efek kulit keriput, kamu dapat menempelkan bahan tersebut ke bagian tubuh yang diinginkan dengan menggunakan adhesive gum.

6. Face Paint

HAHO Face painting kit untuk makeup chraracter
Face painting kit yang biasa digunakan untuk makeup character. Sumber: Inivindy.com

Layaknya seorang pelukis, wajah pun dapat kamu gambar. Namun, kali ini harus dengan peralatan khusus ya #DoGeneration, bukan menggunakan cat lukis. Banyak brand yang telah melengkapi produk mereka dengan face painting.

***

Nah, kamu sudah siap untuk memulai makeup character atau special effect? Pilihlah yang sesuai dengan passion-mu, karena jika sesuai dengan minat, maka untuk mempelajarinya akan menjadi hal yang mudah dan menyenangkan!

Jangan lupa ya sign up di HAHO.CO.ID dan bergabung dengan para talent lainnya di dunia creativetainment.


Baca juga: Ryan Ogilvy: Flawless Makeup dan New York Fashion Week


 

You might also like