Fashion Stylist Sukses Dalam 7 Langkah

Penampilan selebriti atau public figure sering membuat kita berdecak kagum dan terinspirasi untuk mengikuti gaya fashion mereka. Tapi kalian tahu nggak, di balik penampilan memukau para selebriti dan public figure tersebut, ada peran seorang fashion stylist yang jarang sekali tersorot kamera.

Fashion stylist bertugas membuat klien terlihat stunning, dengan tetap menonjolkan personality-nya. Marni Senofonte dan Zerina Akers, fashion stylist Beyonce KnowlesCarter dan Meredith Koop fashion stylist Michelle Obama adalah contoh fashion stylist yang sukses di bidangnya.

fashion stylist
Salah satu yang menjadi perhatian HAHO adalah Fashion Stylist Yoland Handoko yang tengah laris sekali di antara selebriti, mulai dari Raisa, Velove Vexia, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, dan masih banyak lagi (sumber: Instagram Yoland Handoko)

Buat kalian yang ingin menggeluti profesi ini, berikut tips menjadi fashion stylist sukses:

1. Pelajari bahan, jahitan dan ukuran

Nggak harus ke sekolah fashion buat mempelajari ketiga hal ini, yang dibutuhkan cuma kemauan untuk mengeksplor ke berbagai departement store atau butik terdekat. Kalian bisa menjajalnya di ruang ganti atau hanya sekedar memegang baju, tas ataupun sepatu untuk merasakan bahannya. Semakin sering kamu melihat berbagai baju dan aksesoris dari berbagai desainer kamu akan semakin mahir mengenali brand tertentu tanpa harus mengintip tag. Selain itu fashion stylist juga bisa langsung tahu bahan apa dan ukuran apa yang cocok dipakai kliennya.

2. Hadir ke event fashion

Datang ke acara fashion memberikan kesempatan kamu untuk melihat trend yang sedang diangkat oleh brand. Kita juga bisa lebih dekat melihat detail bahan dan jahitan, kamu bisa mempelajarinya karena kamu punya kesempatan untuk menjajal produknya. Selain itu datang ke acara fashion akan menambah link kamu bertemu designer atau PR sebuah brand.

fashion stylist
Foto keluarga Raffi Ahmad dengan fashion stylist Yoland Handoko yang memenuhi feed instagram di hari ulang tahun Rafathar, buah hati Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (sumber: Instagram Yoland Handoko)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Selalu berada dalam arus tren fashion 

Selalu cari tahu apa yang sedang trend di pasaran dan juga di runway. Kamu harus mencari tahu apa yang sedang hot dan apa yang tidak, karena klien yang akan kamu temui mungkin sangat mengerti dunia fashion atau tidak mengerti sama sekali. Ikuti tren dari level designer sampai label kecil sehingga kamu memiliki banyak pengetahuan sebagai bekal styling.

4. Manfaatkan media sosial

Gunakan media sosial untuk menggambarkan jati dirimu sebagai fashion stylist, posting foto hasil kerjamu dengan klien, barang-barang fashion apa yang sedang tren, atau sesimpel foto gaya fashion-mu sendiri yang bisa menginspirasi banyak orang.


Baca Juga: Pengen Hits di Instagram? Coba Lakukan Ini!


5. Bangun link dengan orang yang terlibat dengan pekerjaanmu

Saat kamu mulai bekerja di dunia stylist, kamu akan menemui banyak orang yang akan membantumu menyelesaikan pekerjaanmu. Link sangatlah penting. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak profesional sehingga merusak hubungan baik dengan brand atau designer jadi hancur. Jangan jadi fashion stylist yang hanya nongol di acara event dan heboh di medsos tapi minim karya. Pintar-pintarlah mengatur profesionalisme dan kehidupan pribadi. Jangan sampai hubungan baik yang sudah kamu bangun hancur dalam sekejap karena perilakumu yang kurang berkenan.

6. Temukan dan tentukan spesialisasimu

Ada banyak kategori dalam dunia fashion styling, dari mulai celebrity stylist, personal stylist, red carpet stylist sampai editorial stylist. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menjajal semua kategori tersebut tapi kalau tidak temukan sau bidang yang paling kamu suka dan jadi yang ahli di bidangnya. Kadang untuk stunning di antara yang lain, kita hanya perlu menekuni satu bidang sampai jadi “ahli”.

7. Lakukan pekerjaanmu dengan benar 

Fashion Stylist Michele Obama, Meredith Koop. Sumber foto: Amanda Lucidon
Fashion Stylist Michelle Obama, Meredith Koop. Sumber foto: Amanda Lucidon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Michelle Obama pernah memuji fashion stylist-nya, Meredith Koop, “Saya terkesan dengan kemampuan Meredith karena ia tidak hanya berrpikir tentang fashion tapi juga moment dan pesan tertentu yang ingin disampaikan,” ujar Michelle Obama dalam wawancaranya dengan Harpers Bazaar.

Ya, seorang fashion stylist harus memiliki kemampuan untuk mendengar dengan begitu ia bisa menyelesaikan semua tugasnya dengan benar. Ingat, reputasi baik dan dikenal sebagai fashion stylist yang sukses berangkat dari hasil kerja kerasmu.

 

Gimana, siap jadi seorang fashion stylist sukses?

 


Baca juga:

‘MakeUp Bangun Tidur’ Ini Membawanya Hingga New York Fashion Week!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More