Kenalan Yuk Sama Pekerjaan Director of Photography!

Banyak diantara kalian mungkin masih bingung apa sih Director of Photography (DOP)? Apa sih pekerjaannya? Gimana sih kalau mau jadi DOP? Yuk, kita bahas!

Director of Photography atau dikenal dengan penata sinematografi adalah orang yang bertanggung jawab untuk urusan visual dalam film atau orang yang mengubah naskah ke dalam bentuk visual.

Di Indonesia sendiri ada beberapa nama DOP yang sudah malang melintang di dunia perfilman, salah satunya adalah Yadi Sugandi. Kalau kamu #DOgeneration yang pernah menonton Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, Cinta Brontosuarus, Di Balik 98 dan Tanda Tanya, Yadi adalah orang yang bertanggung jawab sebagai DOP.

Yadi Sugandi, salah satu director of photography terbaik di Indonesia.

Dalam sebuah produksi film, posisi DOP ini memegang peranan penting setelah produser, sutradara dan penulis. Seorang Director of Photography memastikan pengambilan gambar (framing), pencahayaan (lighting) berjalan dengan benar. Meskipun ia pemimpin kameramen, DOP juga mengoperasikan kamera. pekerjaan DOP biasanya dibantu oleh asisten DOP, camera reporter, operator kamera dan lighting man.

(Baca Juga: 10 Film Indonesia Rilis Februari 2017)

Untuk melakoni tugas itu semua, Director of Photography dituntut untuk paham betul teknis kamera. Sering terjun langsung adalah modal yang tidak bisa ditawar jika ingin menguasai teknik kamera, selain itu pendidikan dalam dunia sekolah film juga dan sering bergaul dengan orang-orang punya minat yang sama juga sangat diperlukan.

Pekerjaan Director of Photography juga tidak hanya terbatas pada ranah film, tapi juga ke dunia periklanan televisi, video musik atau video digital. Seorang DOP biasanya tidak terikat pada satu production house tertentu saja.

Nah, gimana nih #DOgeneration sudah cukup tercerahkan, kan, tentang Director of Photography? Tertarik dengan pekerjaannya atau sudah terjun ke dunia DOP? Yuk gabung di WWW.HAHO.CO.ID untuk membuka peluang pekerjaanmu di dunia entertainment.

Baca Juga:

Tips Produksi Film Pendek dengan Budget Rendah

6 Resolusi Karir di Tahun 2017 yang Harus Masuk List Kamu

5 Arranger Musik Terbaik di Indonesia

Teknik Dasar Akting Ala CEO HAHO

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More