5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Band Baru

Kita sering mendengar banyak band baru yang namanya sesaat melesat, namun dalam waktu singkat hilang bagai ditelan bumi.

Semua band pasti pernah melakukan kesalahan, namun cara menyikapi kesalahan pada fase awal pembentukan sebuah band menentukan nasib band kedepannya.

So, #DoGeneration, kalian pasti gak mau jadi salah satu band yang namanya cepat pudar kan?! HAHO membeberkan 5 kesalahan yang bisa dihindari oleh band baru, yuk simak!

tips band baru

1. Vokal yang Lemah

Kalian mungkin punya teman yang belajar gitar sejak usia dini dan mendedikasikan hampir seluruh waktunya untuk belajar bermain gitar di dalam kamar (hingga nilai di sekolahnya anjlok). Kemudian mereka membentuk sebuah band, lalu saat sudah terbentuk tiba-tiba ada obrolan “Siapa nih, yang nyanyi?”.

Alhasil musik yang dihasilkan band itu mungkin keren, tapi terhambat dengan vokal yang malu-malu, lemah dan bisa di bilang ‘seadanya’. Karena itu, jangan lupakan peran vokalis yang akan menjadi wajah dari band yang akan kamu buat. Pastikan vokalis yang kamu pilih memiliki karakter suara yang kuat dan unik yang akan menunjang keistimewaan musik yang dimiliki band kamu.

argument2. Member Band Yang Tidak ‘Cocok’

Biasanya band baru mempunyai satu atau dua orang anggota yang paling menonjol, sisanya adalah orang-orang yang bisa digantikan oleh siapa dan kapan saja.

Biasanya ini yang bisa membuat penonton kalian bingung. Penyanyinya bergaya Glam Rock, gitaris bergaya Hippies dan sang drummer memakai kostum ayam.

Band adalah satu kesatuan, dan pada dasarnya perbedaan itu hal biasa. Tetapi alangkah baiknya jika visi tetap satu agar para audience tidak bingung melihatnya, seperti halnya melihat band metal tampil di panggung dangdut.


Baca di sini: Promosi Band Gak Perlu Mahal. Modal Pake yang Ini Aja!


boy-1666611_1920

 

 

 

 

 

 

3. Tidak Siap Kecewa

Kita memang harus menyusun strategi pemasaran dengan sematang mungkin dan dengan risk management yang sangat baik. Tapi kesiapan mental juga harus dipersiapkan.

Contohnya banyak band baru yang memiliki rencana tersusun rapi tapi tidak dibarengi dengan kesiapan untuk menerima kenyataan yang berbeda dari rencana mereka. Alhasil, hal ini berakibat pada malas untuk latihan, malas membuat lagu baru dan sebagainya, yang berujung pada bubarnya band tersebut. Maka kuatkanlah hati kalian semua, karena langit tidak selamanya biru. “Be prepared for the worst!”

man-919045_12804. Terlalu Serius

Semua orang tau bahwa musik adalah hidupmu, dan kamu hidup untuk bermusik. Tapi fokus dan keseriusanmu yang terlalu intens bisa membuat orang sekitarmu bosan dan tertekan. Banyak pemenang kompetisi band yang terlihat seperti ‘gak niat ngeband’ tetapi toh mereka pemenangnya. Intinya, having fun adalah salah satu strategi terbaik.

audience-732306_1920

 

 

 

 

 

 

5. Lagu Yang ‘Standar’

Setiap tahun kita bisa lihat di festival besar maupun kecil, banyak band baru yang menjadi trendsetter anak muda. Tapi keesokan harinya selalu ada aja obrolan ‘apa yah nama bandnya kemarin?’ Hal ini disebabkan impact dari lagu yang dibuat tidak besar dan everlasting untuk para pendengar.

Karenanya, mulai sekarang naikkan standar kalian dalam menulis lagu. Jadi walaupun nama band kamu rumit, jika lagu kalian ber-impact besar, pasti audience tetap akan mengingatnya.

 

Nah itu tadi tips dari HAHO agar band kamu menjadi sukses dan diingat terus. Datangnya masalah adalah hal biasa untuk sebuah band, yang terpenting adalah bangga atas apa yang kamu lakukan. Mau cari teman-teman dengan skill berbeda untuk band baru kamu? Yuk, join di HAHO sekarang dan siap-siap bikin band impian kamu!

 

A band is not proud because it performs well, it performs well because it’s proud

 


Baca juga:

Banda Neira Akhirnya Bubar! Kamu Jangan Kayak Gini, Ya…

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More