Loh, Komposer Musik Kok Buat Jingle dan Soundtrack?

Sadar atau nggak, jingle dan soundtrack film terkadang bikin kita terngiang-ngiang. Kenapa bisa begitu ya?

Coba sebutkan beberapa jingle dan soundtrack film yang viral dan bikin kita selalu inget! Pasti kamu langsung membayangkan beberapa produk iklan dan film ‘kan?

komposer musik jingle dan soundtrack
Komposer musik juga dapat membuat jingle dan soundtrack

Salah satunya yang sempat menjadi viral adalah salah satu produk obat herbal di Indonesia, dengan lirik “kabar gembira untuk kita semua” yang sering dijadikan meme di social media.  Tapi, kalo kamu generasi 90an, pasti kamu familiar dengan jingle iklan produk mie instan dan permen kopi. Kebayang ‘kan betapa pentingnya jingle iklan itu dibuat, sehingga sebuah produk lebih memorable bagi konsumen. Intinya jingle dan soundtrack adalah kunci!

Jika kamu seorang komposer musik, kamu pun dapat memiliki kesempatan untuk mencoba membuat jingle dan soundtrack film. Jadi, skill kamu akan semakin berkembang dan tidak terpaku hanya pada pembuatan lagu. Sebenarnya skill sebagai komposer dapat dihubungkan dengan pembuatan jingle. Dua konsep yang dimiliki komponis yaitu assonance – yaitu pengulangan vokal, dan aliterasi – pengulangan konsonan.

Kedua konsep ini diperlukan dalam pembuatan jingle dan soundtrack, karena yang penting adalah pengulangan, pengulangan, dan pengulangan. Paling tidak otak kita dapat mengingat suatu hal dengan 3 kali pengulangan.

Lalu, ada istilah apa saja sih yang mendukung pembuatan jingle dan soundtrack? Cek yuk untuk lebih tahu!

komposer musik jingle dan soundtrack
Ada beberapa istilah yang harus diketahui komposer dalam membuat jingle dan soundtrack. sumber: pexels

Baca juga yuk artikelnya : Tertarik Jadi Sound Editor? Baca di Sini!


Scoring

Scoring dalam istilah soundtrack dan jingle memberikan efek pelengkap pada video. Biasanya scoring pada jingle digunakan sebagai musik yang mengikuti gambar, sedangkan pada soundtrack lebih menguatkan suasana pada scene.

Melodi

Dalam jingle, melodi yang digunakan harus kuat dan mudah diingat sehingga penempatan slogan dan brand name akan efektif. Untuk soundtrack, selain memiliki melodi yang kuat dan gampang diingat, juga mampu masuk dan menyesuaikan suasana misalnya adegan sedih, bahagia, maupun menegangkan.

Sting

Sting yaitu istilah yang difokuskan pada chorus sehingga seolah-olah “menyengat” konsumen sehingga nantinya akan lebih diingat.

Quality of Music Production & Voice Talent

Demi menghasilkan kualitas yang terbaik, gunakan lokasi rekaman yang menghasilkan audio yang berkualitas. Tujuannya yaitu untuk memperkuat branding image dari produk itu sendiri.

Repetition

Repetition atau pengulangan dibutuhkan untuk pembuatan jingle khususnya. Faktanya adalah otak membutuhkan pengulangan selama 3 kali untuk membentuk ingatan yang kuat.

***

Yup! Itu dia beberapa bocoran buat kamu komposer musik yang mau coba bikin jingle dan soundtrack. Kalo kamu punya talenta tersembunyi, gak ada salahnya memanfaatkan hal itu untuk menghasilkan uang. Yuk #DoGeneration banyak perusahaan dan kru nih yang cari kamu di HAHO, join aja langsung ke HAHO.CO.ID!


Mau buat film? Baca dulu tipsnya: Tips Produksi Film Pendek dengan Budget Rendah

You might also like