Hey Talents! Bikin Performance Kamu ‘Nempel’ Itu…MUDAH!

Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa enak jadi talents atau entertainer.

Karena figur yang terlihat di luar dari seorang talents selalu terlihat menyenangkan, sedap dipandang mata, mampu memukau banyak orang, apalagi jika diketahui memiliki penghasilan yang jauh melebihi para pekerja di bidang lain pada umumnya.

Namun apa yang terlihat di luar tidaklah seindah dengan apa yang harus dilakukan untuk mencapai itu semua. Talents dapat dibilang memiliki pekerjaan terbaik juga terberat di dunia. Setiap saat, entertainers mempertaruhkan profesi dan reputasi mereka untuk dapat membangun hubungan yang baik dengan penonton dan pemujanya, ditambah lagi mereka harus dapat menggali respon emosional dari siapapun yang melihat mereka.

Hanya beberapa talents yang lahir dengan karunia untuk memiliki stage presence yang hebat. Namun bagi yang tidak memiliki hal itu secara alamiah, hal ini harus dipelajari dan diperbaiki terus menerus dari waktu ke waktu. Lalu apa aja yang harus dilakukan seorang entertainer untuk bikin performance-nya ‘nempel’ di ingatan penontonnya?

 

1. Buka dengan GEBRAKAN

beyonce is one of amazing talents
Beyonce adalah talents yang selalu membuka aksi panggung dengan gebrakan (image source: www.telegraph.co.uk)

Saat kamu memulai perform, jangan beri kesempatan penonton untuk menilai penampilan kamu. Kamu harus dapat meraih atensi mereka sesegera mungkin untuk durasi selama mungkin. Coba deh lihat penampilan mega entertainer saat membuka acara. Kecenderungan mereka adalah membuka acara dengan atmosfir dramatis dan penuh gebrakan. Selain itu, membangun mood penonton sangatlah penting agar mereka mau berlama-lama menonton kamu dan tidak buru-buru skip to next video atau pindah saluran.

Special note:

  • Ajak penonton untuk berinteraksi adalah hal yang paling umum dilakukan
  • Bila media kamu adalah Youtube (Baca Juga Di sini: Cara Bikin Youtube Kamu Viral), maka mulailah dengan hal yang sangat menarik perhatian.
  • Kepercayaan diri sangatlah penting, namun pastikan bahwa penampilan terbaikmu harus kamu simpan untuk dipertunjukkan di bagian akhir penampilan.

 

2. HAVE FUN!

talent
Katy Perry adalah salah satu performer yang dikenal sangat menyenangkan di konser-konsernya. (image source: Youtube)

Seorang entertainer sudah pasti punya misi menghibur orang dengan talent yang ia miliki. Jalani passion kamu dengan fun, hal ini pun akan membuat misi kamu tercapai dengan lebih mudah. Don’t stress out, having fun is the key!

Coba kamu tonton konser-konser dari Katy Perry. Ia terkenal dengan sifatnya yang sangat ramah dan menyenangkan di panggung, selalu mencoba untuk berinteraksi dengan penonton dengan cara yang juga menyenangkan. Pada intinya, she’s having fun, #DoGeneration, dan akhirnya hal itu juga menular pada setiap orang yang menontonnya.

 

3. MOVE ON!

Manusia tidak lepas dari kesalahan. Begitupun entertainer. Tidak jarang terjadi kesalahan-kesalahan bahkan yang fatal sekalipun saat kamu harus tampil di suatu event yang penting. Jangan biarkan hal ini mengendurkan semangat kamu. Segera bangkit, perbaiki kesalahanmu dengan menampilkan yang lebih baik, dan Move On!

Contoh dari negeri sendiri adalah milik penyanyi Afgansyah Reza di Prambanan Jazz yang tetap melanjutkan konser saat semua lampu dipadamkan oleh pihak penyelenggara. Dengan tekad untuk terus melanjutkan konser dan menghibur penggemarnya, performance Afgan ini malah menjadi perbincangan di seluruh negeri dan dianggap sebagai performance yang berani dan memorable. 

talent
Konser Afgan di Prambanan Jazz menuai kontroversi dan menjadi perbincangan netizen. (image source: Instagram).

4. SAVE THE BEST FOR LAST!

talents
Coldplay Confetti Butterflies tour sangat iconic karena mampu memberikan pengalaman luar biasa bagi penontonnya. (image source: www.popcultureblog.dallasnews.com)

Hal yang tersulit dan harus dirancang dengan matang adalah final act. Setelah kamu membuka performance dengan gebrakan, pastikan juga atensi penonton tidak lepas begitu saja. Yang terpenting adalah, pastikan KAMU adalah satu-satunya performer yang akan diingat penonton bahkan saat show telah berakhir.

Salah satu contoh stage performance yang lekat di ingatan penontonnya dan menjadi perbincangan di seluruh dunia adalah milik Tom Holland (pemeran utama film Spiderman Homecoming) yang berhasil mengadaptasi dance number ikonik milik Rihanna di klip Umbrella, langsung di panggung Lipsync Battle, dan bahkan berhasil melakukannya lebih baik dari Rihanna dengan mengandalkan keahlian akrobatiknya.

Untuk skala tour yang lebih besar, Coldplay terkenal dengan konser-konser yang memukau penontonnya dengan treatment luar biasa di seluruh arena tempat konser berlangsung. Confetti Butterflies tour milik Coldplay adalah contoh konser yang dijadikan benchmark sebagai salah satu contoh konser musik yang layak untuk ditonton.

 

So, #DoGeneration, sudah siap untuk memberikan ‘performance of your life‘? Buat kamu yang pengen cari gig, buka HAHO sekarang ya, and be ready to wow the world!


Baca juga di sini:

Nonton Konser-konser Ini Emang Bikin Ketagihan

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More