Pemeran Pengganti Nggak Cuma Adegan Berbahaya, Ini Juga Bisa!

pemeran pengganti
Pemeran pengganti yang dibutuhkan dalam setiap adegan film

Dalam dunia perfilman terdapat istilah Stuntman, yaitu pemeran pengganti untuk adegan-adegan yang berbahaya.

Stuntman menjadi profesi di balik layar yang sebenarnya memiliki peluang besar. Namun, istilah stuntman apakah harus selalu pemeran pengganti adegan berbahaya?

Istilah stuntman dalam dunia perfilman menjadi salah satu peran yang penting. Definisi stuntman pun dikhususkan untuk para pemeran pengganti film-film yang memiliki adegan-adegan yang berbahaya. Namun, sebenarnya pemeran pengganti pada film itu nggak harus adegan berbahaya loh!

Dalam istilah stuntman, juga terdapat istilah lain yaitu stunt performer. Pemeran pengganti ini tidak harus selalu untuk adegan berbahaya, namun juga untuk adegan-adegan yang membutuhkan skill khusus.

pemeran pengganti natalie portman
Pemeran pengganti Natalie Portman di film Black Swan

Seperti misalnya pada film-film yang bertema olahraga dengan adegan yang intens, maka pemeran pengganti dengan skill khusus diperlukan. Jadi, definisi stuntman menurut HAHO bisa diperluas. Salah satu contohnya adalah pada film Black Swan, Natalie Portman membutuhkan stunt untuk adegan saat menari ballet.


Baca juga : Teknik Dasar Akting Ala Andy Permana


So, apa sih tips dari HAHO untuk mau para #DOgeneration untuk menambah produktivitas kamu? Simak wejangan-wejangan berikut ini!

  1. Develop your skill! Kalau kamu mempunyai skill di bidang bela diri, jangan cepat puas diri, terus kembangkan skill kamu. Begitu pun kalau kamu punya skill khusus di bidang olahraga maupun seni.
  2. Cari tahu tentang komunitas atau pun agensi yang dapat memberikan kamu informasi atau pun link yang berhubungan dengan stuntman. Setidaknya ada mentor atau orang yang sudah berpengalaman di dunia tersebut.
  3. Pastikan kamu selalu update mengenai open casting untuk film-film. Jadi, kamu nggak bakal ketinggalan kesempatan untuk mencoba menjadi stuntman atau stunt performer. Kamu bisa cek website HAHO.CO.ID
  4. Jelaskan kemampuan kamu sebanyak mungkin yang bisa kamu jelaskan. Misalnya kamu punya skill bela diri tapi kamu juga bisa mengendarai moge, atau kamu bisa bermain harpa. Bisa jadi nilai tambah, siapa tahu menambah job!
  5. Terakhir, jangan lupa selalu melakukan pola hidup sehat dan berolahraga. Profesi stuntman atau stunt performer membutuhkan energi lebih dan kondisi fisik yang prima. Jadi, tetap tahun resiko dan atur bagaimana cara mengantisipasinya ya!

Nah, ketahuan ‘kan sekarang kalo stuntman atau pemeran pengganti itu nggak harus untuk adegan berbahaya. Manusia tidak ada yang sempurna 😀 pasti ada stuntman hadir untuk melengkapi.

Makanya, cari infonya mulai dari sekarang mengenai open casting cuma di HAHO.CO.ID

You might also like