Intip 5 Tips Setting Kamera Fotografer Konser

Nonton penyanyi idola sambil memfoto mereka? Hmm, terdengar seru! Tapi tahukah kamu, menjadi fotografer konser itu punya tantangan tersendiri, lho!

Kondisi pencahayaan yang minim hingga sang artis yang gemar bergerak ekspresif membuat kita harus pandai-pandai mengatur kamera agar bisa menangkap momen terbaik.

HAHO sudah merangkum lima tips setting kamera untuk fotografi konser yang penting buat kamu ketahui. Kita lihat yuk!

 

Pilih mode manual

Sebagai fotografer konser, kamu harus memikirkan mode kamera apa yang tepat. Well, kamu bisa mengutak-atik pengaturan hingga puas dengan hasilnya. Kalau ingin simpel, mode otomatis adalah pilihan yang cocok untuk kamu.

HAHO - fotografer konser
Mode manual pada kamera memudahkan seorang fotografer untuk menganti settings kamera dengan cepat. Sumber: Petapixel

Meski begitu, mode manual bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan perbedaan cahaya yang sering terjadi saat konser. Lewat mode ini, setting kamera bisa diubah sesuai keadaan. Namun, pastikan kamu sudah hafal di mana letak tombol-tombol pengaturan lainnya, ya!

Atur shutter speed dengan kecepatan sedang

Dalam keadaan cahaya sebuah konser, kecepatan shutter speed penting dalam menentukan seberapa lama sensor digital menangkap cahaya. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin sedikit cahaya yang masuk ke sensor kamera.

HAHO - memahami shutter speed2
Semakin kecil angka shutter speed, semakin cepat dalam mengambil momen. Sumber: Thrifts and Threads

Maka untuk sebuah konser, shutter speed sebaiknya diatur di angka yang tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Biasanya, shutter speed diatur lebih besar dari 1/200. Dengan begitu, gambar yang kamu ambil tidak terlalu gelap, namun juga tidak membuat gambar berbayang akibat penyanyi yang bergerak cepat.


Baca Juga: Tips Memotret Aksi Panggung dengan Smartphone


Gunakan ISO besar

Konser musik sering diadakan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim, atau bahkan dilangsungkan pada malam hari. Kalau sudah begitu, lighting di atas panggung akan kurang mencukupi untuk kamera kamu. Maka, solusinya adalah dengan meninggikan pengaturan ISO di kamera.

Pengaturan ISO dibutuhkan sesuai dengan keadaan cahaya pada situasu tertentu. Sumber: Infofotografi

Di sini, kamu harus paham kemampuan kameramu. Jika pada ISO 3200 sudah menimbulkan noise pada gambar, maka angkanya diturunkan sedikit demi sedikit hingga mencapai kualitas gambar yang diinginkan.

Pilih mode white balance otomatis

Dalam fotografi, white balance punya fungsi untuk menentukan warna putih. Maka agar aman, atur saja mode white balance di kameramu ke mode auto. Hal itu untuk mengantisipasi keadaan warna cahaya di panggung yang selalu berganti-ganti. Dengan begitu, kameramu bisa mengatur sendiri pengaturan warna sesuai dengan momen masing-masing. Oh ya, jangan lupa untuk mengambil gambar dalam format RAW, agar memudahkan kamu mengedit gambar pada proses pascaproduksi nanti.

Maksimalkan lensa yang tepat

Perbedaan jenis lensa akan memengaruhi hasil gambar kamu. Lensa tele yang berukuran panjang akan memudahkan kamu mengambil gambar penyanyi dengan close up atau medium shot. Namun, ada kalanya kamu perlu mengambil momen kerumunan penonton yang padat. Jika sudah begini, lensa wide adalah pilihan yang tepat.

HAHO - lensa fish eye untuk mengambil kerumunan
Lensa fish eye bisa digunakan untuk menangkap kerumunan penonton yang padat. Sumber: Rukes.com

Kesimpulannya, kamu perlu siapkan minimal dua kamera dengan dua jenis lensa berbeda. Dua kamera ini untuk menghindari pergantian lensa yang mungkin akan riskan dilakukan di tengah-tengah konser yang begitu padat.

Nah, itu dia tips untuk menjadi seorang fotografer konser. Kamu sudah siap memotret konser-konser seru lainnya? Segera daftar di HAHO.CO.ID yuk, siapa tahu kamu bisa jadi fotografer di event musik besar lainnya!


Baca Juga: Tips Foto Jurnalistik Ala Fotogarfer Ilham Anas


You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More