Tips Memotret Aksi Panggung dengan Smartphone

Datang ke aksi panggung atau konser dari band atau penyanyi favorit adalah hal yang ditunggu-tunggu, pasti kamu ingin memotret aksi panggung mereka kan?

Sayangnya kamera profesional sudah jarang diperbolehkan masuk ke dalam konser, lagipula ukurannya gak praktis. Tapi, eksistensi harus tetap jalan nih! Gak boleh ketinggalan aksi panggung dari artis favorit sedikit pun.

Saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki teknologi kamera yang canggih. Nggak heran penggunaannya bisa menggantikan kamera profesional. Di sisi lain kita nggak mau ketinggalan momen serta aksi panggung dari penyanyi atau band favorit untuk kita posting di media sosial.

Nah, biar hasil foto kamu tetap kece dan bisa dapat like banyak (apalagi kalau dilike oleh artis favorit kamu!) HAHO punya tipsnya nih untuk memotret aksi panggung dengan smartphone!

1. Perhatikan jenis konser seperti apa yang akan kamu datangi

Kalo kamu berencana datang ke konser musik ataupun aksi panggung lain seperti teater atau pun aksi sulap, pahami dulu kesulitan yang akan terjadi di sana. Kesulitan yang harus kamu pahami saat memotret foto aksi panggung adalah ketika artis selalu bergerak, pencahayaan yang minim, serta sulitnya mendapatkan fokus.

2. Posisi mempengaruhi prestasi

Coba bayangkan shot seperti apa yang akan kamu dapatkan. Perhatikan di mana kamu kira-kira akan berdiri. Hal ini penting karena posisi kamu mempengaruhi foto seperti apa yang akan kamu dapatkan. Misalnya, kamu berada di barisan depan dan cukup dekat dengan panggung, posisi kamu sangat strategis! Kamu bisa dapat momen penyanyi atau personel lainnya. Contohnya seperti di bawah ini!

Aksi Panggung Puti Chitara - Personel Barasuara
Kamu bisa potret pada saat penyanyi berada di tempo lagu yang lambat atau bisa juga saat awal lagu

Atau kamu berada di sisi samping panggung? Tetap dapat momennya kok, salah
satunya foto ini yang diambil menggunakan smartphone.

Aksi Panggung Iga Massardi, vokalis Barasuara
Saat Iga Massardi melakukan moshing, kamu dapatkan momennya meskipun berada di sisi samping panggung

Yang terakhir, kamu dapat posisi di belakang? Nggak masalah, kamu masih bisa
dapatkan momen dari tangan penonton. Contohnya seperti ini,

Momen penonton saat aksi panggung
Siluet dari tangan penonton dapat menjadi momen kamu saat konser

Baca juga : 5 Aplikasi ini Bikin Instagram Kamu Makin Keren!


 3.  Jangan gunakan flash, manfaatkan cahaya panggung

Siluet yang dihasilkan dari pemandangan konser secara keseluruhan adalah momen yang berharga. Salah satunya adalah menggunakan penonton sebagai objek. Dari foto pun dapat berbicara bahwa penonton menikmati musik dari artis tersebut. Lagipula, tata cahaya panggung musik atau pun teater sudah disesuaikan, sehingga kamu dapat memanfaatkan warna cahaya yang sudah diset dengan panggung dan musik. Hasil foto kamu menjadi lebih keren!

4. Hindari penggunaan zoom

Penggunaan zoom saat kamu menonton konser akan memperburuk hasil foto. Hal ini dikarenakan penggunaan zoom pada smartphone adalah digital zoom bukan optical zoom layaknya kamera profesional. Jadi, hindarkan penggunaan zoom, jika tak ingin menghasilkan noise di gambar kamu.

5. Optimalkan mode kamera pada smartphone kamu!

Pada Iphone kamu, manfaatkan burst mode! Musisi atau pun seniman yang berada di atas panggung pasti melakukan gerakan-gerakan cepat dan tidak terduga, maka dari itu penggunaan burst mode dapat membantu kamu menangkap objek yang bergerak cepat. Kalau kamu menggunakan Android, ada juga continuous shot, bisa menjadi salah satu trik!

***

Itulah tips dari HAHO bagi kamu penikmat fotografi panggung. Band-band indie Indonesia sekarang ini mulai menggunakan para stage photographer di media sosial mereka, sebut saja nama-nama seperti Daviana Akbar dan Irvan Suta. Kalau kamu punya passion yang sama, jangan lupa join di HAHO untuk berkumpul dengan stage photographer lainnya, ya.

Tapi, jangan lupa nikmati musiknya! 😀 Jangan sampai kamu lupa menikmati konser gara-gara terlalu fokus dengan smartphone kamu!

Semangat,#DoGeneration!

 


Baca juga:

Kamu Stage Photographer? Liat Tipsnya di Sini!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More