Tertarik Jadi Road Manager? Intip Tipsnya Di Sini!

Kesuksesan sebuah band atau musisi nggak terlepas dari orang-orang di belakang layar yang membantu mereka, salah satunya adalah road manager. Road manager bisa dibilang orang kedua setelah manager yang memegang kunci keberhasilan si artis dan musisi. Karena apa yang mereka kerjakan ujungnya menyangkut citra si musisi.

Apa sih road manager itu? Apa job desk-nya?

Road manager ialah orang yang bertanggung jawab atas segala kegiatan artis atau musisi selama menjalani tur atau berada di lapangan. Ia memastikan semua kegiatan tur berjalan dengan baik dan sesuai dengan permintaan klien. Nggak cuma dari segi teknis, profesi ini juga menuntut kita bisa menyelesaikan setiap masalah yang ada selama tur, termasuk masalah personal dari si artis dan kru agar suasana tur juga berjalan menyenangkan.

Road manager memiliki peranan penting dalam kesuksesan sebuah tur seorang musisi.

Sekilas dari penjelasan tadi pasti kita berpikir bahwa tugas road manager ini cukup berat. Tapi  menurut Achonk yang udah 7 tahun menekuni profesi tersebut mengatakan hampir semua orang yang memutuskan berkarir sebagai road manager pasti berangkat dari passion. Jadi yang kelihatan “orang awam” berat dilaksanakan, buat mereka sih, seru-seru, saja.

“Banyak orang yang terjun ke dunia ini pasti berangkat dari rasa suka atau passion-nya dia. Plus enak juga bisa jalan-jalan gratis,” tutur Achonk, saat berbincang kepada HAHO via telepon, Rabu (5/4).

Baca Juga: Tips Memotret Aksi Panggung dengan Smartphone

Tapi selain itu, tentu ada skill lain yang harus dipunyai oleh seorang road manager. Achonk yang saat ini dipercaya menjadi road manager band Seventeen dan Sandy Canester ini mengatakan basic skill yang harus dimiliki adalah mampu berkomunikasi dengan baik.

“Bisa komunikasi dengan baik, baik itu ke artis ke kru dan ke klien. Kalau misalnya ada masalah pas di lokasi kalau kita udah keburu panik dan nggak bisa mengkomunikasikan ke kru akhirnya bisa jadi berantakan juga, mood juga jadi nggak enak. Kelihatannya skill bisa berkomunikasi ini dengan baik ini gampang tapi skill ini harus diasah terus,” terang Achonk.

Selanjutnya, seorang manajer lapangan juga harus bisa mengatur waktu agar semua sesuai dengan schedule yang sudah ditetapkan. Lalu, tahu tentang segala urusan teknis saat tur.

“Minimal lo tahu teknisnya. tahu rule-nya apa aja, misalnya soundcheck itu harus mulai darimana walaupun pas di lapangan kan kita ada tim produksi buat soundcheck segala macem. Dia harus standby terus, dari pagi sampai selesai perform baru dia boleh istirahat,” jelasnya.

Buat kalian #DOgeneration yang tertarik jadi road manager atau sedang menekuni profesi ini, yuk sign up ke HAHO untuk tahu info update seputar job atau project yang cocok dengan profesi impianmu!


Baca Juga:

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Band Baru

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More