Pengen Hits di Instagram? Coba Lakukan yang Ini!

Masih jadi pertanyaan banyak orang gimana caranya jadi hits di Instagram.

Menurut riset, video sedang menjadi spotlight untuk social media marketing di tahun 2016 ini. Video Instagram terbukti lebih efektif menarik viewers dua kali lipat dibanding foto. Sehingga media sosial yang mulanya hanya memberikan layanan photo sharing ini terus mengupgrade fitur yang ditawarkan, salah satunya pada Maret 2016 ini Instagram meluncurkan fitur video 60 detik.

Selama 60 detik, kita ditantang untuk mengeluarkan kreativitas kita. Sejauh ini sudah banyak orang yang sukses dikenal karena konten video mereka, sebut saja Yoga Arizona dan Aulion. Topik yang mereka unggah juga beragam mulai dari komedi, percintaan sampai musik.

Gimana caranya biar konten video jadi hits di Instagram? Simak nih, tipsnya:

1. Fokus cerita

Hal yang paling dasar sebelum membuat video pastinya cerita. Pastikan apa yang kamu sampaikan tidak bertele-tele mengingat durasi yang pendek dan mudahnya orang meng-scroll timeline Instagram kalau dirasa 10 detik pertama membosankan. Contohnya, buat cerita yang dekat dengan keseharian kita atau cover lagu yang sedang hits dikalangan teman dekat kita.

2. Perhatikan cara pengambilan gambar

Pengambilan gambar ini juga terhubung sekali dengan cerita yang ingin kita sampaikan. Dari mulai blocking pemain, sampai ekspresi pemain perlu sekali diperhatikan dan ditangkap oleh kamera dengan benar.

3. Lighting dan audio

Meskipun membuat video di Instagram tidak menggunakan peralatan yang kompleks seperti di YouTube, dengan menggunakan smartphone saja kita bisa membuat video pendek di Instagram. Tapi ingat, kita harus memperhatikan cahaya dan audio. Pastikan suara percakapan antar pemain terdengar jelas ke penonton, ditambah dengan audio seperti backsound untuk mendukung cerita.

Selain itu pencahayaan juga sama pentingnya. Kalau kita mau mengambil syuting di malam hari, pakai cahaya tambahan atau kalau dirasa kesulitan, manfaatkan sinar matahari pada siang hari.

3. Tambahkan Subtitle

Followers yang kita miliki tak terbatas pada satu Negara saja, bisa jadi dari luar Indonesia. Dengan menambahkan subtitle atau teks memungkinkan video kita ditonton oleh viewers di luar Indonesia. Selain itu penggunaan teks pada video ini membantu penonton untuk tetap menikmati video yang kita buat kapan pun dan di mana pun. Misalnya dalam keadaan ramai atau lupa bawa headset, mereka bisa tetap nonton video karena ada teksnya.

4. Thumbnail

Sama halnya dengan tips membuat design YouTube, di Instagram kita juga harus sedikit meluangkan waktu untuk membuat thumbnail. Biasanya thumbnail ini berisi potongan adegan beserta judul video. Hal ini untuk menarik follower kamu untuk menonton video.

screen-shot-2016-11-01-at-6-16-19-pm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gimana? Mudah, kan, cara membuat video Instagram jadi hits? Coba share karya konten video Instagram di kolom komen di bawah ini.


Baca juga: 

Istilah-istilah di Instagram yang Harus Kamu Tahu!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More