Temukan Talentamu, Temukan Dirimu – Tips Cari Talent Part 1

Artikel ini terdiri dari beberapa bagian. Artikel ini adalah bagian pertama dari seri Tutorial Tips Cari Talent

Tutorial – HAHO Media. Pernah lihat feed instagram trus mikir, “Gokil ya, orang-orang kok pada talented banget. Gimana bisa gitu, ya?”. Lalu hal itu bikin kamu mikir, “Apa sih talenta gue sebenernya? Gimana caranya gue cari talent yang gue punya?” Kalo ya, maka kamu akan baca seri tutorial yang cociks banget buat kamu.

cari talent

Buat sebagian orang bertalenta di luar sana, mereka bisa langsung menemukan talentanya dengan sangat gampang. Tapi ada sebagian lagi yang harus bekerja keras untuk menemukan talenta yang sesungguhnya. Kamu yang mana, #DoGeneration?

Kalau kamu adalah yang ke dua, maka ada beberapa tips dan trik cari talent yang bisa kamu coba. Siap-siap catet, yah…

Talenta gak muncul begitu aja

Kamu gak akan pernah tahu kalau sebenernya kamu berbakat jadi komedian, dubber atau pesulap kalo kamu gak pernah nyoba. Talenta apa yang menurut kamu mantul? Nah, mulai mempelajari segala sesuatu tentang sebuah talenta bisa jadi langkah awal. Siapa tau kamu punya bakat alami terpendam yang selama ini cuma kamu simpan dalam mimpi.

Tipsnya:

  • Bikin target untuk lakukan satu hal baru setiap minggu. Misalnya kalau kamu coba main gitar, mungkin kamu gak akan jago kayak Iga Massardi dalam sekejap. Tapi saat memainkan gitar, mungkin kamu akan merasa nyaman dan timbul keinginan untuk belajar lebih banyak.
  • Keluar dan cari suasana baru. Pergilah ke tempat-tempat unik yang selama ini belum pernah terpikir untuk didatangi. Siapa tahu kamu akan menemukan bakat kamu saat melihat sesuatu yang baru.

cari talent

Inget-inget deh, hal apa yang amat sangat mudah kamu lakukan?

Hal apa yang paling kamu suka? Aktivitas apa yang bisa kamu lakukan berjam-jam lamanya? Misalnya, kalau kamu gak jago masak, mungkin kamu jago makan. Selain jago makanan, kamu juga jago nemuin makanan enak. Siapa tahu ternyata kamu emang berbakat jadi food reviewer atau food vlogger!

 

cari talent

 

Kalau kamu suka banget doodling atau betah banget ngedit foto, siapa tau kamu emang berbakat jadi ilustrator, fotografer atau graphic designer? Kuncinya adalah fokus ke satu talenta yang sangat gampang kamu lakukan.

Selain itu, inget-inget juga kapan banyak orang mengapresiasi kamu. Kalau kamu gak keinget satu hal pun, coba tanyain teman-teman dekat atau guru kamu.

 

Cobain hal yang menakutkan buat kamu

Kamu demam panggung? Gak berani ngomong di depan orang banyak? Atau kamu suka banget ngelawak tapi kalo standup di depan orang banyak, wah enggak deh…

Tulis hal-hal yang sampai sekarang gak berani kamu coba, walau sebenernya pengen banget untuk kamu coba. Taklukkan ketakutan terbesar kamu dan cari tahu gimana cara mengatasinya dan mulai pelajari berbagai talenta untuk memulai.

cari talent
James Earl Jones
53rd Drama Desk Awards
at Fiorello H. LaGuardia High School of Music & Art and Performing Arts Concert Hall at Lincoln Center – Arrivals
New York City, USA – 18.05.08
Credit: (Mandatory): WENN
[Photo via Newscom] wennphotos883188_drama_desk_arrivals_03_wenn1873490.jpg

James Earl Jones yang mengisi suara Darth Vader dulunya gak berani berbicara di depan umum karena ia gagap saat kecil. Saat ia akhirnya berani menghadapi ketakutannya, lihat jadi apa dia sekarang. Kamu juga bisa, dong…

Kamu punya obsesi sama suatu hal? Apaan tuh?

Kira-kira orang sekitar kamu udah eneg banget kalo dengerin kamu ngomongin apa? Hihi…mungkin di situlah obsesi kamu yang sesungguhnya. Kalau obsesi kamu kayaknya ‘receh’ banget, coba analisa lagi kalau obsesi itu bisa dikaitkan dengan sebuah talenta.

Misalnya kamu suka banget nonton film, siapa tau apresiasi kamu terhadap film bisa kamu salurkan dengan menjadi video editor, kameramen atau reviewer film!

 

Catat setiap kesuksesan kamu, sekecil apapun itu

Kalau kamu ngerasa gak berbakat sama sekali, bisa jadi karena kamu gak perhatian aja sama diri sendiri. Kamu gak pernah mengapresiasi diri kamu akan setiap kesuksesan yang udah kamu buat. Coba deh berpikir lebih dalam dan kreatif atau konsultasikan dengan orang terdekat yang kamu anggap kreatif, siapa tahu dia bisa bantu kamu.

Stop nonton TV!

cari talent

 

Acara seperti ‘idol show’ di televisi sebenarnya mempersempit definisi akan kata “TALENTA“. Bertalenta bukan sekedar bisa nyanyi, bisa main gitar, bisa sulap, bisa ikut standup comedy atau bisa jadi model. Bertalenta juga tidak harus ngetop, cantik, ganteng atau bisa atraksi di panggung. Bertalenta artinya punya dedikasi, selalu termotivasi, bisa berpikir secara kreatif, perhatian terhadap detil dan punya kelebihan untuk terus mencoba dan cari tahu hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat. Talenta adalah hal di dalam diri kamu yang bisa ditemukan cuma oleh kamu sendiri. Setelah ketemu talentamu, cobain daftar di HAHO.co.id deh untuk memprofilkan talenta kamu dan ketemu dengan talent-talent lainnya.

Cari Talent? #CariDiHAHOaja!


 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More