Cek Yuk Tips Menjadi Cameraman Handal!

Tidak hanya memahami teori dan menguasai teknik dasar dalam pengambilan gambar, namun cameraman pun juga harus memiliki mata yang jeli dan peka terhadap sekitar.

Demi mendapatkan sebuah gambar yang berkualitas, cameraman harus siap menemukan momentum. Bukan sekedar merekam keindahan gambar, namun juga bagaimana mengemas semuanya sehingga membentuk suatu cerita.

tips menjadi cameraman handal
Untuk menjadi cameraman handal kamu juga harus tahu tekniknya

 

Ketika mendengar kata “cameraman“, yang akan terlintas di pikiran kamun pasti seorang kru yang bekerja di dunia broadcast. Secara luas sebenarnya tak hanya itu, namun juga orang yang bertugas mengambil gambar dalam setiap momen. Momen ini bisa jadi sebuah kejadian di lokasi tertentu, acara pernikahan, atau pengambilan gambar untuk tujuan lainnya.

Untuk menjadi seorang cameraman memang harus mempunyai good eye, untuk mendapatkan gambar yang berkualitas dan memiliki cerita atau momen di setiap scene yang ada.


Baca juga artikel ini : Kenalan Yuk Sama Pekerjaan Director of Photography!


Maka dari itu, coba nih lihat tips dari HAHO untuk menjadi cameraman yang handal!

tips menjadi cameraman handal
Lakukan persiapan untuk pengambilang gambar
  1. Jangan lupa pelajari dan pahami teori dan teknik pengambilan gambar. Kamu adalah #DOgeneration, kuncinya adalah terus belajar! Temukan referensi-referensi teknik pengambilan gambar di YouTube atau pun sumber-sumber lain yang memberikan kamu ilmu tambahan.
  2. Pahami kamera yang akan digunakan sebelum melakukan pengambilan gambar.
    Hal ini untuk kenyamanan kamu selama proses pengambilan gambar, agar kamu juga tahu jika dibutuhkan setting tertentu saat pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya misalnya.
  3. Pahami beberapa istilah mengenai sudut pengambilan gambar. Seperti misalnya, bird eye view, high angle, low angle, eye level, dan frog level. Lalu juga ada istilah dalam ukuran gambar atau frame size, yaitu: ECU (Extreme Close-Up), BCU (Big Close-Up), Close-Up, Medium Close-Up, dan lainnya. Kemudian gerakan kamera, misalnya Zooming (in/out), panning (left/right), dan lain-lain.
  4. Lakukan persiapan seperti misalnya baterai cadangan, memori cadangan, tripod, lampu oncam, filter lensa, mikrofon dan perangkat lainnya yang dibutuhkan.
  5. Mampu bekerja secara tenang, karena pengambilan gambar yang baik harus dilakukan dengan tenang dan frame yang tepat pada objek. Tentunya juga harus memiliki sense of art, karena hasil gambar tentunya harus yang indah untuk dinikmati.
  6. Sesekali cobalah untuk ikut dalam proses edit, maka kamu bisa belajar yang mana hasil pengambilan gambar yang baik dan kurang baik.

 

Nah, bagi kamu #DOgeneration yang ingin menjadi seorang cameraman atau pun sudah memiliki skill di dunia cameraman jangan lupa terus memperkaya dirimu dengan pengalaman. Kalian bisa share pengalaman memotretmu dengan join di HAHO.CO.ID.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More