Tips Bikin Web Series Cepat Sukses

Demam vlog belum habis masanya di ranah YouTube. Tapi diramalkan akan ada tren yang nggak kalah seru dengan vlog, yaitu web series.

Apa sih web series? Web series adalah sebuah video berkelanjutan yang tayang dalam kurun waktu tertentu di internet. Mediumnya bisa di portal website ataupun YouTube.

Web series sebenarnya bukan hal yang baru di industri digital. Sejak beberapa tahun lalu, para kreator Indonesia juga sudah banyak yang menggarap web series. Salah satu kreator yang paling sukses dengan web series yaitu Malam Minggu Miko milik Raditya Dika yang dirilis tahun 2012 silam. Perdana tayang di YouTube, Malam Minggu Miko kemudian diakusisi oleh Kompas TV, kemudian pada 2014 web series tersebut diadaptasi ke film layar lebar yang diberi judul Malam Minggu Miko The Movie. Selain Raditya Dika, ada juga web series Jalan-Jalan Men milik MBDC yang mulai tayang di website dan juga YouTube pada 2012.
Web Series Jalan-jalan Men
Web Series yang dipandu oleh Jebraw dan Naya

Apa saja sih, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat series dan bisa sesukses mereka? Simak nih tips agar web series yang kamu buat sukses!

1. Temukan ide atau cerita yang kamu suka. 

Ada beberapa jenis genre web series; komedi, drama ataupun travel. Tapi sebelum bingung mikirin mau fokus di genre apa lebih baik fokus mematangkan ide cerita yang mau kita angkat. Karena jalan cerita dalam web series ini laiknya skrip dalam film. Naskah yang bagus akan membuat serial yang kita buat bernyawa, apalagi jika idenya adalah hal yang paling kita suka. Segala tantangan atau hambatan bukan hal yang berarti jika kita melakukan sesuatu yang benar-benar kita suka. Ide yang bagus biasanya datang dari kejadian yang sangat dekat dengan diri kita baik itu yang kita alami atau lingkungan sekitar kita yang mengalami. Raditya Dika waktu menggarap Malam Minggu Miko berangkat dari kegelisahan pria yang akrab disapa Radit ini, yang mulai jengah dengan tontonan televisi Indonesia. Akhirnya ia membuat web series yang anti teori dari semua tontonan di televisi. Selain itu ia juga mengakui bahwa ide menulis Malam Minggu Miko lahir dari kegalauannya.
“Setiap lo abis putus, kaya gue yang baru putus. Atau malam malam minggu selalu sendirian kan sedih. Itu bisa jadi senjata untuk berkarya,” ujar Raditya, seperti dilansir CNN.
Web Series Malam Minggu Miko
Web Series dengan konsep komedi

2. Budget seminim mungkin

Loh, kenapa malah seminim mungkin? Karena semakin minim maka kreativitas kita akan terus terpacu. Di Malam Minggu Miko, Raditya Dika berperan sebagai produser, sutradara sekaligus aktor. Syuting juga menggunakan alat kamera yang sudah ada dan mengambil lokasi di rumahnya. Untuk peran lain, Radit “memperkaryakan” teman-temannya sendiri seperti Rian dan Anca untuk mengisi peran. Proses editing juga Radit handle sendiri.


3. Pelajari terus teknik videography dan editing
Sebagai kreator web series tidak ada peraturan tertulis bahwa kita harus piawai menggunakan alat atau teknik video dan editing. Tapi kalau kalian #DoGeneration mau menggalinya, itu bisa jadi nilai plus. Skrip yang bagus akan lebih bagus jika diterjemahkan ke dalam visual dengan bagus. Kalau masih gagal di episode 1, perbaiki lagi di episode selanjutnya. Lama-kelamaan teknik videografi dan editing kita akan jauh lebih bagus.

 4. Cari keunikan dalam series yang kamu buat

Jalan-Jalan Men sangat kental dengan kehadiran host Jebraw dan Naya yang unik. Mereka berdua bisa membawakan acara travel dengan kesan yang berbeda lewat tingkah aneh mereka. Jalan-jalan ke Bali yang lumrah bagi sebagian orang pun jadi tidak biasa saat penonton melihat aksi Jebraw dan Naya. Cari satu keunikan yang akan kamu tampilkan dalam series yang kalian akan buat. Bisa dari host-nya, cara menyampaikan ceritanya, latarnya ataupun gimmick lainnya.
Web Series - Jalan-jalan Men -Jebraw-dan-Naya
Web Series dengan konsep traveling ala Jebraw dan Naya

5. Manfaatkan media sosial sebagai alat promosi

Media sosial masih jadi medium yang bagus untuk siapa pun yang ingin berpromosi. Caranya? Buat teaser atau potongan adegan seriesmu dalam durasi 1 menit, lalu unggah ke media sosial. Jangan lupa buat caption yang mengundang rasa penasaran orang. Kekuatan repath, retweet atau pun repost bisa mempengaruhi jumlah penonton yang menyaksikan series yang kita buat.
Gimana, nggak sulit kan membuat web series #DoGeneration?

Baca di sini:

Pengen Hits di Instagram? Coba Lakukan yang Ini!

You might also like