Tips Membuat Konten Video Keren Ala Joko Anwar

Tutorial – HAHO Media. Pasti kita sering menemukan konten yang mirip satu sama lain di YouTube. Hal itu nggak bisa dihindari mengingat pengguna YouTube di dunia sudah mencapai milyaran. Kalau satu orang terinpirasi oleh satu orang lain, kira-kira ada berapa banyak orang yang terinspirasi untuk membuat konten yang serupa?

Tapi menurut sutradara, produser, penulis sekaligus online content creator, Joko Anwar, dalam seminar Creating The Best Online beberapa waktu lalu, nggak masalah ide kita sama dengan yang lain, asal kita kreatif mengangkat dengan angle berbeda.

Buat lebih lengkapnya, simak nih, tips agar konten video keren ala Joko Anwar:

1. Kreativitas

Apapun yang kita kerjakan, selalu latih diri sendiri untuk kreatif. Entah di bidang pengambilan gambar, storytelling, atau treatment ke editing. Temukan kreativitasmu sampai itu menjadi ciri khas dirimu sendiri. Orang mungkin bisa mencontek idemu, tapi signature yang melekat dalam diri tidak mungkin bisa dicontek.

2. Ideas of Stories

Ide kamu mungkin pernah dipakai orang lain, tapi fresh angle yang akan membuatnya menjadi beda. Kita nggak melulu harus menciptakan cerita yang baru, memperbarui yang sudah ada juga tidak masalah. Kita ambil contoh cerita putus cinta. Sebagian besar orang pernah merasakannya dan menuangkannya lewat konten video. Tapi dengan kreativitas yang kita punya, kita menangkap momen patah hati dari angle yang berbeda. Penonton pun akan merasakan pengalaman baru saat menontonnya.

3. Characters

screen-shot-2016-10-26-at-1-53-49-pm

Yang sering dilupakan creator dalam membuat konten video supaya keren adalah karakter. Kalau karakternya menarik, penonton juga akan tertarik, dan cerita juga bisa lebih hidup. Kalau karakter itu meyakinkan, apa-apa yang ia sampaikan jadi terlihat bagus.

4. Know Your Audience

Siapa sih audience yang kamu tuju? Ini juga kerap luput dari para creator, membuat konten video hanya fokus pada cerita, teknik pengambilan gambar dan editing tapi mereka nggak mengenali audience mereka. Sehingga pesan yang ingin disampaikan nggak diterima sesuai keinginan. Kenali audience-mu, sehingga konten video yang kamu buat juga akan lebih keren dan dekat dengan mereka.


Gimana? Udah siap mempraktikkan tips di atas? Kalau kamu mau pamer konten video kamu yang paling keren, yuk, join langsung di HAHO dan biarkan penonton yang menentukan.

Selamat mencoba, #DoGeneration!

 

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More